SOLOPOS.COM - Kembang api menyala menghiasi Kota Solo saat pembukaan ASEAN Para Games (APG) XI 2022 di Stadion Manahan,Sabtu (30/7/2022) malam. Foto diambil dari Rooftop Solo Paragon Hotel & Residence, Solo. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO—Kapolresta Solo Kombes Pol. Ade Safri Simanjuntak memastikan tidak ada pengalihan arus selama pelaksanaan pengamanan kedatangan Presiden Joko Widodo dalam penutupan atau closing ceremony ASEAN Para Games (APG) XI Solo 2020 di Stadion Manahan Solo pada Sabtu (6/8/2022) malam. Menurut Ade, seluruhnya bakal berjalan normal seperti biasa dalam pengamanan VVIP itu.

“Kami akan menyiapkan 2.137 personelyang terdiri atas gabungan personel Polri maupun TNI termasuk dengan kolaborasi Pemerintah Kota (Solo),” kata Kapolresta Solo Kombes Pol. Ade Safri Simanjuntak, Jumat (5/8/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Cara kepolisian melakukan pengamanan, kata dia, sama dengan saat pembukaan yang dihadiri oleh Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Jadwal APG 2022 Hari Ini: Mendekati Finis, 10 Cabor Perebutkan Emas

Kapolresta Solo selaku Wadansatgas Pengamanan VVIP menjelaskan pengamanan saat penutupan APG 2022 di Stadion Manahan akan dibagi menjadi 3 ring pengamanan. Ring pertama di dalam Stadion Manahan, ring kedua di area parkir Stadion Manahan, dan ring ketiga pagar luar sepanjang Stadion Manahan.

“Selain tiga ring tersebut kami juga akan menerjunkan lima tim gabungan dari Polri,TNI dan Pemkot Solo yang akan memonitor kamtibmas, kamseltibcarlantas selama sebelum dan setelah,” kata dia.

Sedangkan untuk pengamanan para atlet akan dilaksanakan hingga 7 Agustus 2022 dikarenakan dalam jadwal para atlet akan kembali ke negara masing-masing.

Baca Juga: Klasemen Medali APG 2022: Borong 111 Emas, Indonesia Lampaui Target

Pihak Polresta Solo sudah melaksanakan pengamanan dan pengawalan bagi para atlet maupun ofisial serta panitia sejak 22 Juli 2022 hingga nanti pada 7 Agustus 2022 sampai para atlet dan ofisial meninggalkan Kota Solo.

“Tidak ada penutupan jalan maupun rekayasa Lalu Lintas saat kedatangan tamu VVIP, semuanya tetap berlaku normal namun kita perkuat pada rute-rute yang dilalui oleh tamu VVIP tersebut,” kata Kapolresta.

Ia menambahkan untuk tamu undangan yang hendak masuk ke Stadion Manahan akan dilakukan pengecekan undangan oleh petugas  di pintu masuk yang merupakan personel gabungan. Petugas mengecek keabsahan undangan sebagai syarat masuk ke lokasi.

Baca Juga: Jokowi Hadiri Penutupan APG XI Solo 2022, 1.954 Personel Disiagakan

Kemudian kepolisian juga akan melakukan penggeledahan semua bawaan keseluruhan para tamu yang masuk ke Stadion Manahan terkait barang yang dilarang dibawa ke Stadion Manahan seperti korek api, laser point serta barang berbahaya lainnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya