Laba BUMN Tembus Rp126 Triliun, BRI Jadi Penyumbang Terbesar

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. menjadi kontributor laba terbesar bagi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (KBUMN) di tahun 2021.

 PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus mengoptimalkan layanan perbankan dengan strategi hybrid. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus mengoptimalkan layanan perbankan dengan strategi hybrid. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau BRI menjadi kontributor laba terbesar bagi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (KBUMN) di tahun 2021.

Sebelumnya, pada Rapat Dengar Pendapat dengan DPR, Selasa (7/6/2022), Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan laba BUMN pada 2021 mencapai Rp126 triliun. Nilai itu meningkat dari laba tahun 2020 yang senilai Rp13 triliun atau tumbuh 869%.

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

BRI menjadi BUMN yang mencatatkan laba tertinggi senilai Rp32,22 triliun pada 2021 atau setara 25,5% dari total laba seluruh BUMN pada 2021.

Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan apresiasi terhadap pencapaian Kementerian BUMN yang berhasil mendorong kinerja seluruh perusahaan BUMN melalui transformasi di tengah kondisi pemulihan ekonomi pascapandemi.

“Transformasi yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN terbukti memberikan dampak positif terhadap BRI dan seluruh perusahaan BUMN secara umum, oleh karenanya transformasi ini akan terus kami perkuat untuk menjaga keberlanjutan bisnis ke depan,” imbuhnya.

Baca Juga: Jadi Merek Bank Paling Bernilai di Indonesia, BRI Terus Berinovasi

Sunarso mengungkapkan penopang utama pertumbuhan laba BRI di sepanjang 2021 lalu terletak pada kinerja kredit dan penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) yang tumbuh positif disertai penurunan biaya bunga yang signifikan, dan disaat bersamaan perseroan mampu mengelola portfolio mix dan kualitas aset sehingga dapat meningkatkan yield asset.

“Raihan laba BRI membuktikan perseroan dapat terus meng-create economic value kepada seluruh stakeholders di tengah kondisi yang menantang,” ujarnya.

Sebagai bentuk economic value creation yang diusung perseroan, BRI juga telah menyetorkan dana sebesar Rp27,09 triliun kepada negara di sepanjang tahun 2021 lalu.

Setoran tersebut terdiri atas pembayaran pajak senilai Rp20,17 dan pembayaran dividen atas laba tahun buku 2020 senilai Rp6,92 triliun. Apabila ditarik lebih jauh, sejak tahun 2019 hingga 2021 BRI telah menyetorkan pajak dan dividen kepada negara dengan jumlah total mencapai Rp82,03 triliun.

Baca Juga: BRI Punya 130 Juta Nasabah, Total Tabungan Tembus Rp485 Triliun

BRI telah menyiapkan empat strategi utama untuk meneruskan capaian positif hingga akhir 2022. Pertama, selective growth, di mana BRI berfokus pada sektor yang memiliki potensi tinggi, dengan eksposur minimum terhadap gejolak eksternal, yaitu sektor pertanian, industri bahan kimia, serta makanan dan minuman.

Selain itu BRI akan meneruskan strategi business follow stimulus dengan memfokuskan pertumbuhan berdasarkan stimulus pemerintah untuk membantu penguatan pertumbuhan ekonomi domestik.

Selanjutnya BRI akan fokus pada kualitas, selektif dalam menentukan kelayakan nasabah restrukturisasi dengan mempertimbangkan kondisi dan potensi bisnis nasabah, serta menerapkan soft landing strategy dengan membentuk cadangan yang cukup untuk mengantisipasi terjadinya pemburukan kualitas kredit nasabah restrukturisasi.

Untuk menjaga profitabilitas, BRI fokus pada pinjaman dengan high yield tinggi yaitu segmen mikro dan consumer loan serta meningkatkan efisiensi melalui peningkatan dana murah (CASA).

“Dengan penerapan Good Corporate Governance (GCG) yang baik, BRI Group akan terus focus di segmen UMKM, utamanya mikro dan kemudian dengan cara-cara yang efisien, dan value yang diciptakan harus kembali ke mikro dan itu akan menjadi putaran bola salju yang makin besar sehingga akan semakin besar value creation kepada seluruh stakeholders,” pungkas Sunarso.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Akhir Tahun Jadi Puncak MICE, Okupansi Hotel di Solo Diharap Ikut Terkerek

      Tiga bulan menuju akhir tahun, Oktober - Desember, menjadi momen penyelenggaraan meeting, incentive, convention, exhibition (MICE).   

      Perlu Tahu, Ini Kemudahan yang Didapat saat Pakai QRIS Antarnegara

       Layanan QR Code Indonesian Strandard (QRIS) yang menghubungkan pembayaran antarnegara (Cross-border QR) dinilai mampu memberikan kemudahan pembayaran bagi beberapa sektor.

      Jadi Incaran Para Pencari Kerja, Segini Gambaran Gaji Pegawai PT Pertamina

      Sebagai salah satu badan usaha milik negara (BUMN), Pertamina disebut memberikan gaji bernilai fantastis kepada para pegawainya.

      Informasi Rekrutmen Pertamina 2022, Para Pencari Kerja Merapat!

      Salah satu Badan Usana Milik Negara (BUMN), PT Pertamina melakukan rekrutmen atau membuka lowongan kerja pada Oktober 2022 ini.

      Imigrasi Siapkan Petunjuk Teknis terkait Paspor 10 Tahun

      Imigrasi sedang mempersiapkan petunjuk teknis dan infrastruktur kesisteman untuk mengimplementasikan aturan perubahan masa berlaku paspor menjadi 10 tahun tersebut.

      PLTA Kayan Cascade Jadi PLTA Terbesar di Asia Tenggara, Airlangga: EBT Prioritas

      PLTA Kayan Cascade diproyeksikan menjadi PLTA terbesar di Asia Tenggara dengan nilai investasi sebesar US$17,8 miliar.

      Peran Strategis Kebijakan Satu Peta dalam Percepatan Pembangunan Nasional

      Menko Airlangga juga mengapresiasi penyelenggaraan rangkaian Rakernas Kebijakan Satu Peta yang juga melibatkan para mahasiswa.

      Juara Lomba Krenova 2022 akan Diseleksi Lagi untuk Mendapat Pendanaan

      Sebanyak tujuh inventor terpilih menjadi pemenang Lomba Kreativitas dan Inovasi (Krenova) 2022 kategori masyarakat umum.

      BRI Menanam Siap Bagikan 1,75 Juta Bibit Pohon, Bisa Serap 108.000 Ton CO2

      BRI Menanam merupakan inisiatif BRI dengan memberikan bibit pohon produktif atau tanaman buah kepada nasabah yang melakukan pencairan kredit.

      PT Kliring Berjangka Catatkan Barang Resi Gudang Capai Rp1,04 Triliun

      PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI) yang berperan sebagai Pusat Registrasi resi Gudang merilis kinerja resi gudang tahun 2022 sampai dengan kuartal III.

      KAI Access Punya Fitur Baru, Bisa Nonton Film Tanpa Kuota di Kereta

      PT Kereta Api Indonesia (KAI) menghadirkan fitur baru pada KAI Access yaitu menu Entertainment on Board (EoB) yang menampilkan berbagai hiburan melalui jaringan wifi khusus selama dalam perjalanan.

      Terdongkrak Sektor Komoditas, Penerimaan Pajak Tembus Rp1.171,8 Triliun

      Penerimaan pajak pada periode Januari-Agustus 2022 mencapai Rp1.171,8 triliun atau tumbuh 58,1 persen (year-on-year/yoy).

      Yuk, Berburu Liburan Hemat dan Seru Bersama Nusantaratour dan Bank Mandiri

      Rangkaian roadshow acara pameran produk perjalanan Nusantaratour bersama Bank Mandiri akan hadir di Solo dengan tajuk Pesta Wisata 2022 presented by Livin’ by Mandiri di Paragon Mall Solo pada Jumat-Minggu (7-9/10/2022).

      Seluruh Harga Pangan di Pasar Legi dan Nusukan Stabil, Kamis 6 Oktober 2022

      harga komoditas pangan di Pasar Legi dan Pasar Nusukan terpantau stabil pada Kamis (6/10/2022).

      Antam dan UBS Naik! Cek Harga Emas Pegadaian, Kamis 6 Oktober 2022

      Harga emas yang dijual di Pegadaian, Kamis (6/10/2022) hari ini kompak naik untuk cetakan Antam dan cetakan UBS.