Kategori: Wonogiri

Kuliner Wonogiri: 5 Camilan Tradisional Laziz Khas Kota Gaplek


Solopos.com/Chelin Indra Sushmita

Solopos.com, WONOGIRI – Ada berbagai kuliner tradisional nan lezat di Wonogiri, Jawa Tengah. Mulai dari camilan hingga makanan berat.

Berikut beberapa jenis kuliner Wonogiri berupa camilan lezat yang wajib dicicipi berdasarkan rekomendasi Solopos.com:

Keripik Tempe Benguk

Keripik tempe benguk merupakan salah satu camilan khas Wonogiri. Jenis tempe  yang dipakai berbeda karena bukan dari kacang kedelai, melainkan kacang koro. Camilan ini kerap dijadikan sebagai buah tangan.

Baca juga: Nikmatnya Nasi Pecel Daun Jati Mbah Simah Madiun, Seporsi Cuma Rp5.000

Geti Wijen

Geti wijen merupakan salah satu kuliner tradisional Wonogiri yang juga kerap dijadikan buah tangan. Kudapan yang satu ini terbuat dari wijen, gula jawa, dan jahe. Harga makanan yang satu ini terbilang cukup terjangkau, yakni sekitar Rp5.000.

Wader Goreng

Tidak lengkap rasanya jika bertandang ke Wonogiri tanpa mampir ke Waduk Gajah Mungkur. Jika Anda mampir ke sana, sempatkanlah membeli wader goreng sebagai oleh-oleh.

Wade goreng ini menjadi salah satu camilan khas Wonogiri yang diburu para pelancong.

Baca juga: Begini Proses Terbentuknya Luweng yang Hilang di Pracimantoro Wonogiri

Kacang Mede

Kacang mede merupakan salah satu makanan khas Wonogiri yang sangat terkenal.  Sebab, Wonogiri adalah salah satu senra penghasil kacang mede di Jawa Tengah.

Lentho

Camilan yang terbuat dari parutan singkong dicampur dengan kacang tholo dan dibentuk bulat-bulat itu merupakan kuliner tradisional khas Wonogiri. Makanan ini bisa menjadi alternatif buah tangan maupun camilan lezat yang murah meriah.

Baca juga: Harga Tembus Rp300.000/Kg, Pantas Porang Jadi Idola Petani Wonogiri 

Share
Dipublikasikan oleh
Chelin Indra Sushmita