Kuliner Nasi Penggel, Jumeokbap Korea Ala Kebumen

Dalam satu pincuk, biasanya ada tujuh sampai dengan delapan bulatan nasi penggel dan untuk segi rasa, tentunya kenikmatannya tiada tara.

 Nasi Penggel Kebumen (Sumber: Jatengprov.go.id)

SOLOPOS.COM - Nasi Penggel Kebumen (Sumber: Jatengprov.go.id)

Solopos.com, KEBUMEN — Nasi Penggel adalah olahan kuliner khas Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah berupa bulatan nasi seukuran bola pingpong. Nasi Penggel ini biasanya disantap dengan lauk kikil atau jeroan sapi serta sayur nangka yang disajikan dalam pincuk daun pisang.

Dalam satu pincuk, biasanya ada tujuh sampai delapan bulatan nasi penggel yang rasanya nikmat tiada tara. Gurihnya nasi berpadu dengan sayur nangka terasa lebih nikmat dengan tambahan kikil yang teksturnya kenyal.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Untuk jeroan sapi, selain kikil, ada juga jenis jeroan lain, seperti tetelan, jantung, ginjal dan paru. Hidangan ini semakin nikmat jika disantap bersamaan dengan aneka gorengan yang baru saja matang, salah satunya tempe mendoan.

Sementara itu, dilansir dari Jatengprov.go.id, Rabu (18/5/2022), salah satu penjual nasi penggel di Kabupaten Kebumen adalah Pak Melan yang dikenal paling legendaris. Melan membuka dagangannya dari jam 05.30 WIB hingga 08.00 WIB.

Melan mengatakan pembeli bisa mengambil sendiri bulatan nasi sesuai dengan selera dan kapasitas. Bulatan nasi tersebut kemudian diletakan di atas pincuk daun pisang dan kemudian dituangkanlah sayur nangka dan juga aneka jeroan sapi.

Baca Juga: Gulai Melung, Kuliner Lebaran Khas Purbalingga Favorit Gubernur Jateng

Menyantap Nasi Penggel paling khas adalah dengan sendok daun pisang. Namun begitu, kebanyakan pembeli menggunakan sendok biasa yang dinilai lebih praktis tanpa mengurangi kenikmatannya. Tadinya Nasi penggel ini masih berbentuk berbulat-bulat, tetapi jika sudah tercampur kuah sayuran dan lauk maka akan perlahan hancur menjadi seperti nasi biasa tapi rasa gurihnya tetap ada.

Setiap hari, Melan paling tidak menghabiskan 15 kg atau jika ramai hingga 20 kg beras. Dia pun bisa menjual seratusan pincuk Nasi Penggel. Per pincuk Nasi Penggel lengkap sayur dan lauk dengan tempe mendoan dan teh hangat dijual seharga Rp 13.000.

Baca Juga: Gethuk Trio, Kuliner Legend Magelang Kota Seribu Bunga

Melan juga mengatakan, selain berbentuk bulat, keunikan dari nasi penggel ini ada pada rasa nasi yang lebih gurih karena saat membulat-bulatkannya, tangan Melan sudah diolesi dengan minyah kelapa. Jika menelaah sejarah, olahan kuliner khas ini berasal dari Dukuh Gunungsari, Desa Karangpoh, Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen.

Walaupun demikian, Nasi Penggel sekarang sudah dijual di seluruh Kebumen, khususnya bisa ditemukan di Pasar Merkondo dan Alun-Alun Kebumen.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Persebaran PMK Meluas, Kebutuhan Hewan Kurban 1,81 Juta Ekor

+ PLUS Persebaran PMK Meluas, Kebutuhan Hewan Kurban 1,81 Juta Ekor

Pemerintah meluncurkan gerakan disinfeksi nasional, Kamis (30/6/2022), untuk mengendalikan penyakit mulut dan kuku (PMK). Wabah PMK makin meluas di 19 provinsi dan tak hanya menjangkiti sapi.

Berita Terkini

Weleh! Pemprov Jateng Terima Banyak Aduan Jalan Rusak

Pemprov Jateng membenarkan menerima banyak aduan dari masyarakat terkait penanganan jalan rusak di wilayahnya.

Selamat! 83 Difabel Lolos UM-PTKIN 2022

Sebanyak 83 penyandang disabilitas atau difabel berhasil lolos dalam tes ujian masuk perguruan tinggi keagamaan Islam negeri atau UM-PTKIN 2022.

Lekukan Garis Pantai Jawa Tengah Hasil Pertemuan Sesar Mendatar

Garis Pantai Utara dan Selatan Jawa Tengah menyempit masuk lebih ke dalam membentuk lekukan (indentasi) dibandingkan dengan garis Pantai Utara dan Selatan Jawa Barat dan Jawa Timur diduga merupakan hasil pertemuan sepasang sesar mendatar besar yang saling berlawanan arah.

Rapat Paripurna, DPRD Jateng Setujui Perubahan BUMD PD CMJT

Rapat Paripurna DPRD Jateng yang digelar Kamis (30/6/2022) menyetujui perubahan bentuk hukum BUMD Jateng PD CMJT menjadi PT Jateng Argo Berdikari.

Bupati Akan Lantik Pejabat di Lingkungan Pemkab Grobogan Hasil Tes

Sesuai jadwal Bupati Grobogan Sri Sumarni akan melantik sejumlah pejabat untuk posisi jabatan pemimpin tertinggi pada Jumat (1/7/2022).

Mantan Direktur BPR BKK Karanganyar Dituntut 7,5 Tahun Penjara

Dua mantan Direktur PD BPR BKK Karanganyar dituntut hukuman 7,5 tahun penjara atas dugaan korupsi penyaluran kredit.

Brrr! Embun Upas Mulai Muncul di Dieng, Tanda-Tanda Musim Kemarau

Fenomena embun upas di Kawasan Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng), telah muncul yang menandakan dimulainya musim kemarau.

Astaghfirullah! 5.182 Balita di Batang Alami Stunting

Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, Jawa Tengah (Jateng), menyebut ada sekitar 5.182 balita di wilayahnya yang mengalami stunting.

Pengumuman PPDB SMP Kota Semarang 2022 Dini Hari Nanti, Ini Linknya

Pengumuman penerimaan peserta didik baru atau PPDB jenjang SMP negeri di Kota Semarang akan dilakukan secara online mulai dini hari nanti atau Jumat (30/6/2022) pukul 00.00 WIB.

Embun Upas Dieng, Cantik Tapi Mematikan

Fenomena embun beku atau dikenal dengan sebutan embun upas mulai muncul di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, yang dikenal cantik tapi mematikan.

Viral Dugaan Perawat Lecehkan Pasien, Ini Kata RSUD Kartini Jepara

RSUD RA Kartini Jepara angkat bicara terkait viral pemberitaan dari media sosial Twitter terkait dugaan perawat di rumah sakitnya melakukan pelecehan seksual terhadap pasien.

Cek! 63.717 Peserta Lulus UM-PTKIN 2022, Ada Nama Kalian?

Pengumuman UM-PTKIN 2022 mencantumkan 63.717 peserta yang lolos atau diterima di sejumlah perguruan tinggi keagamaan Islam negeri.

Rumah Zakat Salurkan 400 Paket Superqurban ke Suku Samin Blora

Diharapkan dengan adanya Ekspedisi Superqurban yang dilakukan Rumah Zakat membawa kebahagian untuk warga suku Samin.

Ini 5 SMP di Semarang Paling Banyak Diminati pada PPDB 2022

Berikut daftar lima SMP negeri di Kota Semarang yang paling banyak diminat calon peserta didik dalam PPDB 2022.

Disnakkan Akan Cek Info Puluhan Sapi Mati di Geyer Diduga PMK

Disnakkan Grobogan akan mengecek kebenaran info mengenai adanya puluhan sapi mati di Desa Jambangan, Kecamatan Geyer diduga PMK.