Kualitas Prima, Semen Gresik Tembus Pasar China dan Malaysia
Pemuatan produk Semen Gresik melalui Pelabuhan KBS Cigading, Banten. (Istimewa)

Solopos.com, REMBANG– Pascapandemik Covid 19, Semen Gresik (SG) ingin meningkatkan pasokan klinker atau produk setengah jadi semen ke China yang kebutuhannya mencapai 18 juta ton/tahun.

Saat ini SG baru memasok sekitar satu persen dari total kebutuhan klinkernya, dan tahun ini akan menargetkan angka ekspor klinker ke China mencapai 5 persen.

“Di China proyek infrastruktur tetap dilanjutkan meski masih kondisi pandemi, sehingga kebutuhan bahan baku semen masih tinggi. Tahun lalu saja kebutuhannya mencapai 20 juta ton, namun diperkirakan saat pandemi turun mencapai 15 juta ton-18 juta ton,” kata Senior Manager of Export Sales Semen Indonesia Group (SIG), Fifit Abriyanto dalam keterangan tertulisnya kepada Solopos.com, Selasa (22/9/2020).

SK Penlok Terbit, Lahan Dilewati Tol Solo-Jogja Di Klaten Mulai Didata

Menurut Fifit, nilai ekspor produk klinker ke China dan Malaysia sebagai target pengguna, ditargetkan dapat menyerap devisa bagi negara hingga ratusan miliar rupiah.

"Pada awal tahun ini, Semen Gresik sempat mengalami penurunan kuantitas ekspor yang disebabkan oleh Pandemi dan proyek dredging yang dilakukan untuk meningkatkan kapasitas pelabuhan. Seiring dengan selesainya proyek tersebut dan penanganan pandemi oleh negara-negara di dunia terutama China, ekspor kini sudah mulai meningkat sejak Juni 2020," ungkapnya.

Service Excellent

Pemuatan produk Semen Gresik melalui Pelabuhan KBS Cigading, Banten. (Istimewa)
Pemuatan produk Semen Gresik melalui Pelabuhan KBS Cigading, Banten. (Istimewa)

Meski bersaing dengan sejumlah negara eksportir seperti Jepang, Korea Selatan dan Vietnam, ke depan Semen Gresik juga akan membidik pasar ekspor klinker di Chile, Taiwan, dan Filipina yang juga membutuhkan pasokan.

Warga Sragen Ini Tak Sadar Puluhan Tahun Pakai Benda Cagar Budaya Cuma Buat Landasan Padasan

“Kami memastikan dan menjamin bahwa kualitas produk kami lebih bagus atau setidaknya setara dengan negara-negara kompetitor. Ya, kami coba yakinkan mereka dengan service excellent dan kualitas kami. Sample sudah kami berikan, mudah-mudahan mereka suka karena memenuhi standar sertifikasi tersebut,” papar Fifit.

Lebih lanjut Fifit menambahkan bahwa untuk bersaing di pasar internasional, SG memiliki strategi pemasaran yang cukup mumpuni, selain menjaga kualitas produknya dengan mengantongi standar kualitas Australia (Australian Quality Standard).

“Klinker itu kan produk bahan baku untuk semen, dan kualitas klinker SG sudah memenuhi standar internasional. Selain kualitas, beberapa negara memilih mengambil produk SG karena kamia memberikan jasa pelayanan yang terbaik dengan loading rate semaksimal mungkin melalui mekanisme pengiriman kami yang sangat akomodatif terhadap kebutuhan pelanggan. Itulah daya tarik kami yang membuat mereka membeli produk kami,” tambahnya.

Gempa M 4,3 Menggoyang Pacitan Pagi Ini

Semen Gresik merupakan salah satu anak usaha dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG.  Entitas yang berdiri pada 10 Januari 2014 dan beroperasi melalui pabriknya yang berlokasi di Rembang, Jawa Tengah ini, telah dipercaya untuk menyediakan produk semen yang berkualitas bagi jutaan keluarga dan pelanggan di Indonesia.

Berbagai mahakarya kelas dunia menjadi bukti nyata kekokohan produk Semen Gresik yang diproduksi melalui proses yang ramah lingkungan dan menggunakan teknologi mutakhir. Mulai dari inovasi teknologi berkelanjutan, produk semen dengan kualitas terbaik, hingga komitmen kami dalam melestarikan lingkungan dan bersinergi dengan masyarakat sekitar.

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom