SOLOPOS.COM - Ilustrasi pajak. (Solopos-Whisnupaksa K.)

Solopos.com, KLATEN — Kantor Pelayanan Pajak atau KPP Pratama Klaten mampu mengadministrasikan 59.365 surat pemberitahuan (SPT) tahunan periode 2020-3 Mei 2021.

Atas pencapaian tersebut, KPP Pratama Klaten berhak menyandang predikat sebagai KPP tertinggi dalam pencapaian kepatuhan SPT tahunan di lingkup Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jawa Tengah II.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Berdasarkan siaran pers yang diterima Solopos.com, di wilayah Kanwil DJP Jateng II terdapat 12 KPP Pratama. KPP Pratama Klaten meraih kepatuhan SPT tahunan tertinggi karena berhasil mengadministrasikan 59.365 SPT. Jumlah itu jauh melampaui target yang telah ditetapkan, yakni 50.245 SPT. Pencapaian itu setara dengan pencapaian 118,15 persen.

Baca juga: Pemkab Klaten Kumpulkan Pelaku Usaha Wisata Hingga Rumah Makan, Ada Apa Ya?

Pencapaian tertinggi itu diraih KPP Pratama Klaten di tengah penerapan kebijakan yang ketat. KPP Pratama Klaten sebenarnya telah membatasi jumlah wajib pajak yang melapor atau pun berkonsultasi SPT tahunan secara tatap muka. Kuota antrean melalui aplikasi kunjung pajak hanya diberikan kepada 30 wajib pajak setiap harinya.

Terlepas dari hal tersebut, KPP Pratama Klaten gencar mengimbau wajib pajak dengan cara mengirimkan WhatsApp (WA) Blast ke 15.824 wajib pajak. Dalam pesannya, turut disertakan nomor HP account representative (AR) pengampu sehingga wajib pajak dapat langsung berkonsultasi dengan AR masing-masing.

Publikasi secara masif juga dilakukan melalui media sosial, pemasangan banner/spanduk, pembagian leaflet tutorial pengisian SPT tahunan online dan nomor telepon konsultasi SPT Tahunan ke kecamatan.

Baca juga: Belajar Dari Youtube, Residivis Pencurian Klaten Ini Bikin Pistol Rakitan Diduga Untuk Beraksi

“KPP Pratama Klaten juga melakukan pendampingan secara intensif terhadap instansi vertikal pemerintah, organisasi perangkat desa (OPD), dan pemberi kerja yang memiliki jumlah karyawan besar. Kami juga kerja sama dengan kelurahan (mengadakan dropbox SPT tahunan di 10 kelurahan yang lokasinya jauh dari KPP) dan kerja sama dengan Kantor Pos (menyelenggarakan spot pajak di 16 kantor pos kecamatan),” kata Kepala KPP Pratama Klaten Luky Priyanto, dalam siaran persnya, Rabu (5/5/2021).

Peningkatan Penerimaan Pajak

Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah II, Slamet Sutantyo, mengatakan angka kepatuhan SPT tahunan tahun pajak 2020 hingga 3 Mei 2021 mencapai 88,22 persen . Sebanyak 674.069 SPT telah dilaporkan dari target sebesar 764.038 SPT.

Jumlah SPT yang dilaporkan tersebut terdiri dari 42.490 SPT tahunan PPh badan; 62.453 SPT tahunan PPh orang pribadi nonkaryawan; dan 569.126 SPT PPh orang pribadi karyawan.

“Tanggal 30 April 2021 merupakan batas akhir penyampaian SPT tahunan badan tahun pajak 2020. Terima kasih kepada para wajib pajak badan yang telah melaporkan SPT tahunannya tepat waktu. Kepatuhan penyampaian SPT merupakan poin penting untuk peningkatan penerimaan pajak. Wajib pajak yang belum menyampaikan SPT tahunan tetap bisa melaporkannya,” katanya.

Baca juga: 338 Petugas Bersiaga di Prambanan Klaten Mulai Besok, Siap Paksa Pemudik Putar Balik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya