SOLOPOS.COM - Pasar Kartasura. (Solopos-Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, SUKOHARJO – Camat Kartasura, Sukoharjo, Joko Miranto, melemparkan wacana pemindahan Pasar Kartasura setelah kontrak pengelolaan pasar tersebut dengan pihak ketiga habis masa berlakunya. Dia mengusulkan lokasi Pasar Kartasura kelak dijadikan ruang terbuka hijau (RTH).

“Pasar tradisionalnya bisa pindah ke terminal lama atau terminal baru [Kartasura]. Pasar yang lama nanti bisa digunakan untuk RTH, bisa juga dijadikan alun-alun kecil, dilengkapi jogging track dan taman bermain,” ungkap Joko Miranto saat ditemui Solopos.com, Senin (28/3/2022) di Kantor Kecamatan Kartasura di Jl. Adi Sumarmo No. 68, Kartasura.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Sebagai informasi, Terminal Kartasura saat ini berlokasi di Desa Wirogunan, Kartasura. Sedangkan terminal lama yang kini berupa lahan kosong berada di kawasan seberang Pasar Kartasura.

Baca juga: Curhat Pedagang Pasar Kartasura Sulit Dapatkan Pasokan Minyak Goreng

Lebih lanjut, pria asli Kartasura itu menjelaskan pemindahan Pasar Kartasura tersebut diwacanakannya mengingat geliat terminal baru Kartasura yang mulai lesu. Dia berharap ketika pemindahan tersebut terlaksana akan menjadikan pasar dan terminal menjadi lebih optimal.

“Kalau dipindah di terminal baru, nanti di sisi selatannya digunakan sebagai pasar, di sisi utara digunakan sebagai terminal, agar bisa hidup dua-duanya,” harapnya.

Belum Ada Pembicaraan Resmi

Namun Joko mengaku pemindahan tersebut masih dalam wacana dan belum ada pembicaraan resmi dengan Pemerintah Kabupaten Sukoharjo. Lebih lanjut, menurutnya pemindahan tersebut membutuhkan dukungan banyak pihak, seperti para pegiat seni, UMKM, dan masyarakat pada umumnya.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Pasar Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop dan UKM) Sukoharjo, Santosa Budi Utomo, saat ditemui Solopos.com di kantornya, Rabu (19/1/2022), menyebut Pemkab mengalami sejumlah kendala dalam merevitalisasi tiga pasar tradisional, salah satunya Pasar Kartasura. Menurutnya, ada perjanjian kerja sama dengan pihak kedua tentang pengelolaan Pasar Kartasura, yakni PT Adhimas Graha Perkasa Semarang. Perjanjian pengelolaan pasar selama 20 tahun pada 2003-2023.

Baca juga: Ambruk, JPO Depan Pasar Kartasura Langsung Diperbaiki

Dijumpai terpisah, sejumlah pedagang Pasar Kartasura, Sukoharjo, berharap wacana pemindahan Pasar Kartasura ke Terminal Baru tak terlaksana. Pasalnya mereka menilai lokasinya kurang strategis.

Pedagang pakaian di Pasar Kartasura, Titik Rahayu, 53, mengaku sudah sejak lama mengetahui wacana pemindahan Pasar Kartasura. Namun dia keberatan jika Pasar Kartasura akan dipindah di area Terminal Kartasura. “Terminal tidak memengaruhi orang berbelanja atau tidak, lebih baik tidak dipindahkan ke sana, kejauhan dan terlalu sepi,” kata Titik saat ditemui di Pasar Kartasura, Selasa (29/3/2022)

Penjual tahu di Pasar Kartasura, Narti, 49, menyatakan mengikuti regulasi yang akan berjalan. Namun kalau diminta memilih, dia menginginkan Pasar Kartasura masih di lokasi yang sama. “Manut [ikut] saja, tapi kalau bisa disini saja saya juga lebih dekat,” kata warga Kartasura itu.

Baca juga: Masih Ada 3 Pasar di Sukoharjo Belum Direvitalisasi, Ini Daftarnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya