Kontrak Pemain Berakhir Desember 2020, Persis Solo Masih Bimbang Melangkah
Pemain Persis Solo menjalani latihan fisik di Stadion Mini Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Kamis (1/10/2020) pagi. Hingga kini kebugaran pemain masih di kisaran 70%. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Kontrak para pemain Persis Solo bakal segera berakhir pada Desember 2020. Meski tinggal sebulan lagi, manajemen belum kunjung membuka pembicaraan ihwal perpanjangan kontrak. Problem gaji yang masih menggantung diyakini membuat manajemen masih ragu untuk melangkah.

Sebagai informasi, PSSI telah menerbitkan panduan soal kontrak baru pemain melalui surat keputusan (SK) bernomor SKEP/69//XI/2020. Dalam SK tersebut, PSSI membatasi gaji pemain Liga 1 dan Liga 2 maksimal 25% dari nilai kontrak selama Oktober-Desember 2020.

Adapun gaji pemain Liga 1 mulai Januari 2021 hingga bergulirnya kompetisi ditentukan di kisaran 50% dari nilai kontrak. Sedangkan Liga 2 di kisaran 60% dari nilai kontrak atau sekurang-kurangnya di atas UMK di daerah masing-masing.

Uang Rp72 Juta di Rekening Raib, Nasabah Maybank Solo Lapor Polisi

Manajer Persis Solo, Hari Purnomo, mengatakan manajemen tak mempermasalahkan regulasi pembayaran gaji 25% hingga akhir tahun atau selama vakum kompetisi. Aturan itu, imbuhnya, tak jauh beda dengan SK PSSI sebelumnya yakni SKEP/48/III/2020 dan SKEP/53/VI/2020. Namun pihaknya masih memikirkan kontrak baru yang harus segera diajukan manajemen pada para pemain.

“Rata-rata kontrak pemain kan selesai Desember 2020. Berarti kami perlu memperpanjang kontrak terlebih dulu sebelum bicara soal persiapan ulang untuk kompetisi,” ujar Hari saat dihubungi Solopos.com, Rabu (18/11/2020).

Ganjalan

Hari menyebut masih ada sedikit ganjalan yang membuat manajemen belum kunjung merumuskan kontrak baru untuk pemain. Hari tak menjawab tegas apakah masalah keterlambatan gaji yang membuat Persis belum menyusun draft kontrak anyar. Rumor yang berkembang, manajemen masih belum melunasi sejumlah gaji pemain.

“Masalah gaji saya pikir tidak hanya di Persis saja, klub lain juga sama. Namun kami berkomitmen sebelum pergantian tahun seluruh masalah internal sudah beres,” jelas Hari.

Gerah Akibat Cuaca Panas Ekstrem, Atasi Dengan Hal-Hal Berikut

Persis Solo tampaknya harus segera berancang-ancang membereskan kontrak pemain mengingat mereka berencana mengumpulkan pemain kembali Januari 2021. Sejumlah pemain telah mengirim sinyal enggan kembali ke Kota Bengawan apabila hak mereka belum dipenuhi.

“Kalau sudah beres dan klub memanggil lagi untuk persiapan kompetisi, saya pasti kembali.” ujar winger Persis, Gufroni Al Maruf. Bek sayap Persis, Dedi Tri Maulana, berharap segera ada kejelasan status mengingat kontrak pemain segera berakhir. “Kepastian kontrak penting bagi kami.”



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom