Ilustrasi e-KTP (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, KLATEN — Kabupaten Klaten kembali mendapatkan tambahan 6.000 keping blangko kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el/e-KTP).

Tambahan blangko KTP-el itu diterima Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Klaten Jumat (17/1/2020) dan mulai digunakan untuk pelayanan pencetakan Senin (20/1/2020).

Selain digunakan untuk pelayanan pencetakan di Disdukcapil, pasokan blangko KTP-el itu juga digunakan untuk pelayanan pencetakan di lima kantor kecamatan yakni Delanggu, Pedan, Karanganom, Wedi, serta Prambanan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disdukcapil Klaten, Sri Winoto, mengatakan total blangko KTP-el yang diterima Disdukcapil Klaten selama awal tahun hingga kini sebanyak 10.000 keping.

Pekan lalu Disdukcapil mendapatkan pasokan blangko KTP-el sebanyak 4.000 keping setelah kosong sejak akhir November 2019.

“Pekan depan kami akan minta lagi ke pemerintah pusat. Karena saat ini masih ada sekitar 29.000 antrean pencetakan karena memang persediaan blangko terbatas,” kata Winoto saat ditemui solopos.com di ruang kerjanya, Senin.

Kampung Buddha akan Dibangun Dekat Candi Sojiwan Klaten

Disinggung membeludaknya antrean, Winoto mengatakan sejak proses pencetakan juga dilayani di lima kantor kecamatan, antrean di Disdukcapil kian berkurang.

“Sebenarnya di semua kecamatan sudah bisa rekam data KTP-el. Namun, untuk pencetakan memang baru di lima kecamatan. Pelayanan pencetakan di lima kecamatan itu tidak terbatas untuk warga khusus kecamatan setempat. Warga dari luar kecamatan juga bisa melakukan pencetakan di sana,” jelas dia.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten