KKN UNS Tim 361 Edukasi Warga Ngargosari Sragen Hidup Sehat di Masa Pandemi

Tim 361 KKN UNS kemudian berinisiatif mengadakan sosialisasi pola hidup sehat di Desa Ngargosari, Sumberlawang, Kabupaten Sragen.

 KKN UNS Tim 361 seusai sosialisasi pola hidup sehat selama pandemi di Balai Desa Ngargosari, Kecamatan Sumberlawang, Sragen. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - KKN UNS Tim 361 seusai sosialisasi pola hidup sehat selama pandemi di Balai Desa Ngargosari, Kecamatan Sumberlawang, Sragen. (Istimewa)

Solopos.com, SRAGEN — Pandemi Covid-19 belum berakhir, namun kehidupan harus terus berjalan. Masyarakat dituntut beradaptasi dengan kebiasaan baru atau sering disebut “new normal life”, ini yang menjadi fokus mahasiswa KKN UNS Tim 361.

Di era new normal ini masyarakat dihimbau untuk menerapkan pola hidup sehat. Tim 361 KKN UNS kemudian berinisiatif mengadakan sosialisasi pola hidup sehat di Desa Ngargosari, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen.

Sosialisasi dilaksanakan secara luring di Balai Desa Ngargosari dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Desa Ngargosari termasuk wilayah zona hijau sehingga diizinkan melaksanakan kegiatan secara luring. Tujuan sosialisasi ini adalah mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga pola hidup sehat di masa pandemi.

Baca juga: Hati-Hati Lur! Jembatan Trobayan Sragen Retak-Retak, Rawan Ambles

KKN UNS Tim 361 mengusung tema “Produktif dan Hidup Sehat selama Pandemi” ini menyampaikan beberapa hal penting terkait pandemi Covid-19. Seperti pentingnya vaksinasi, cerdas menangkal berita hoax, penerapan 3M, menjaga pola hidup sehat, dan bahaya membakar sampah sembarangan.

Pemateri berasal dari mahasiswa KKN UNS Tim 361 sendiri dengan materi dari sumber yang kredibel. Tim 361 terdiri dari Esa Selina (Kimia), Nur Azizah Aini (Fisika), Wulan Indah Saputri (Matematika), Nur Kusneini (PGSD). Kemudian Muhammad Elmo Prayogi (Desain interior), Faiz Shafwan Hanif (Teknik industri), Oktafia Nur Aziiza (Pendidikan sejarah). Selanjutnya Nurhanifa Febriyanti (Farmasi), Salsabila (Akuntansi), dan Reza Wahyu Setiawati (Pendidikan luar biasa). Serta Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Hasan Zainnuri.

Vaksinasi, berita hoax Covid-19, upaya 3M dan menjaga pola hidup sehat merupakan materi yang berkaitan dengan new normal life. Menurut Esa Selina, selaku mahasiswa domisili Ngargosari, masyarakat di desanya masih banyak yang ragu melakukan vaksinasi.

“Tidak sedikit warga yang secara terang-terangan menolak vaksinasi ini karena menganggap virus Covid-19 tidak ada. Adanya sosialisasi ini diharapkan menambah wawasan warga terkait hal tersebut,” ujar Esa Selina.

Baca juga: Kerja Sama UNS dengan STP Dukung MBKM Bagi Mahasiswa

Sosialisasi KKN UNS Tim 361

Untuk menghindari kerumunan, kegiatan ini hanya dihadiri oleh Perangkat Desa Ngargosari dan perwakilan warga yang diwakilkan oleh ketua RT. Diharapkan mereka yang hadir menjadi role model bagi warga lain. Selain itu, setiap RT mendapatkan poster dan banner terkait materi sosialisasi yang dapat disebarkan di lingkungan setempat. Sehingga warga lain juga dapat mengetahui informasi yang disampaikan saat sosialisasi ini.

Sesi tanya jawab menjadi perhatian warga, terutama tentang vaksinasi. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat desa ini masih ragu divaksinasi karena rendahnya pemahaman mereka. Peserta sosialisasi yang aktif bertanya akan diberikan doorprize. Juga paper bag new normal kit berupa masker, vitamin C dan hand sanitizer.

Baca juga: Kelola Sampah Organik dengan Maggot, Omah Limbah Gempol Klaten Wakili Jateng ke Tingkat Nasional

Terkait bahaya membakar sampah sembarangan dikhawatirkan akan merusak kesuburan tanah. Untuk itu KKN UNS Tim 361 memberikan tong sampah agar warga tidak membakar sampah di sembarang tempat lagi. Tong sampah ini akan diletakkan di tempat umum seperti masjid, perempatan jalan, dan lain lain.

“Kami ucapkan terima kasih kepada mahasiswa UNS yang sudah mengadakan kegiatan bermanfaat ini. Adanya sosialisasi sangat membantu untuk meyakinkan bapak-bapak RT akan pentingnya pola hidup sehat saat pandemi,” kata Kepala Desa Ngargosari, Sriyono.

Selain sosialisasi, KKN UNS Tim 361 melaksanakan program pembuatan alat hand sanitizer injak, pelatihan pembuatan masker kain dan konektor. Pelatihan pembuatan kerajinan kulit jagung, pengadaan tanaman obat, pembuatan jamu dan program yang bermanfaat bagi masyarakat Desa Ngargosari.

 

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Terungkap, Kronologi Bakul Karak Jadi Korban Begal Hingga Luka-Luka

Kronologi aksi begal itu bermula ketika korban berangkat dari rumahnya di Tempursari menuju Pasar Gabus di Kecamatan Jatinom melalui jalan yang sepi.

Breaking News, Bakul Karak Jadi Korban Begal di Klaten

Seorang bakul karak yang biasa berjualan di Pasar Gabus Jatinom jadi korban pembegalan di jalan Gedaren (Jatinom)-Manjungan (Ngawen), tepatnya di Desa Manjungan, Kecamatan Ngawen, Kamis (21/10/2021) pagi.

Witpari Gagas Bantuan Etalase Produk UMKM Karanganyar

Wirausaha Tangguh Bumi Intanpari (Witpari) menggagas perluasan akses pemasaran melalui pembuatan etalase atau rak display produk.

Bantuan Ponpes Belum Merata, DPRD Sragen Inisiasi Perda Pesantren

Penyusunan Perda Pesantren sudah berproses dan ditargetkan masuk Program Legislasi Daerah (Prolegda) DPRD Sragen pada 2022 mendatang.

Mahasiswa Internasional UMS Jalani Vaksinasi di Edutorium UMS

Sembilan mahasiswa asing yang sedang menimpa ilmu di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menjalani vaksinasi yang dilakukan oleh Tim Vaksin UMS.

20 Rumah di Tanon Sragen Rusak Akibat Tersapu Angin Kencang

Sapuan angin kencang mengakibatkan 20 rumah di Desa Karangasem, Tanon, Sragen, rusak pada bagian atap, Kamis (21/10/2021) malam.

Sakit Menahun, Nenek-Nenek Asal Selogiri Wonogiri Gantung Diri

Diduga nenek asal Selogiri itu mengalami depresi karena sudah lama sakit asam urat sehingga nekat mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri.

Bupati Sragen: Dana Abadi Pesantren Jadi Kado Terindah di Hari Santri

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, mengatakan pada Hari Santri 2021, para santri mendapat kado istimewa dari Presiden berupa Perpres No. 82/2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren yang di dalamnya ada dana abadi pesantren.

Akun Pemkot Solo Kembali Diretas, Gibran: Tak Perlu Ganti Akun!

Meski sudah beberapa kali diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab, Gibran menegaskan tidak akan membuat akun instagram baru.

Round Up: Kunci Sukses Bos Wong Solo, Sukoharjo Izinkan Hiburan Musik

Puspo Wardoyo membeberkan kunci sukses menjadi pengusaha.

Boulevard 10, Hunian Terbaru Andalan Tirtamaya Residence

Tirtamaya Residences mengeluarkan tipe Boulevard 10 sebagai line up hunian terbaru yang siap ditempati.

Gerombolan Kera Liar Masuki Permukiman Warga Kebakkramat Karanganyar

Gerombolan kera liar memasuki rumah-rumah warga Dukuh Manggal, Desa Banjarharjo, Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar, untuk mendapatkan makanan.

Jorok! 25 Ton Sampah Dibuang Sembarangan di Sukoharjo Tiap Hari

Sebanyak 25 ton sampah ditengarai dibuang sembarangan setiap harinya di wilayah Sukoharjo. DLH setempat memetakan ada 10-an tempat buang sampah liar.

Kasus Covid-19 Klaster PTM Solo Tersebar di 8 Sekolah, Ini Perinciannya

Temuan kasus konfirmasi positif Covid-19 di kalangan siswa dan guru yang menggelar PTM di Kota Solo tersebar di delapan sekolah SD dan SMP.

3 Fasyankes di Sukoharjo Ini Layani Vaksinasi Tanpa Syarat Domisili

Tiga fasilitas layanan kesehatan di Kabupaten Sukoharjo melayani vaksinasi warga tanpa memandang domilisi selama sepekan ke depan.