KKB Papua Klaim Bantai 4 Pekerja Jalan, Aparat Cari Jasad Korban

Foto dan video keempat warga sipil yang menjadi korban pembunuhan KKB itu tersebar di media sosial.

 Peta satelit Kampung Meyerga Distrik Moskona Barat Kabupaten Teluk Bintuni Papua Barat tempat terjadinya pembantaian empat pekerja jalan oleh KKB Papua, Kamis (29/9/2022). (ANTARA/Hans Arnold Kapisa)

SOLOPOS.COM - Peta satelit Kampung Meyerga Distrik Moskona Barat Kabupaten Teluk Bintuni Papua Barat tempat terjadinya pembantaian empat pekerja jalan oleh KKB Papua, Kamis (29/9/2022). (ANTARA/Hans Arnold Kapisa)

Solopos.com, SORONG — Kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua mengklaim membunuh empat warga sipil yang merupakan pekerja pembangunan jalan Trans-Bintuni—Maybrat di Papua Barat pada Kamis (29/9/2022).

Foto dan video keempat warga sipil yang menjadi korban pembunuhan KKB itu tersebar di media sosial.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Terkait hal ini, Polda Papua Barat masih melakukan penelusuran.

Kabid Humas Polda Papua Barat Kombes Pol. Adam Erwindi saat dimintai konfirmasi, Jumat (30/9/2022), mengatakan berdasarkan saksi kronologi kejadian, awalnya para pekerja dan masyarakat yang sedang melakukan aktivitas di Kampung Majnik ke arah Moskona Utara mendengar rentetan suara tembakan.

Baca Juga: Polda Usut Amunisi Ketua KNPB ke Separatis, Polisi Terlibat akan Disikat

Akibat penembakan tersebut, terdapat satu orang yang terkena tembakan di bagian tangan kanan sehingga mereka semua sekitar 12 orang yang terdiri atas 11 laki-laki dan satu perempuan langsung melarikan diri dari tempat kejadian.

Mereka lantas melapor ke Pos Satgas Satuan Organik Yonif RK 136/TS Kampung Mayerga, Distrik Moskona Barat, Kabupaten Teluk Bintuni.

Terkait dengan video viral kedua kejadian pembantaian empat orang langsung meninggal dunia di lokasi yang sama, dia mengatakan bahwa Polda Papua Barat dan Polres Teluk Bintuni tengah mendalami video viral tersebut.

Baca Juga: Delapan dari 12 Perencana Mutilasi 4 Warga Papua Anggota TNI

“Saat ini tim Polri dan TNI sedang berangkat menuju TKP guna memastikan kejadian serta melakukan evaluasi. Kami masih menunggu hasilnya dari tim yang berangkat menuju tempat kejadian perkara,” kata Kabid Humas seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Dari hasil pengembangan di lapangan, diduga kuat serangan itu dilakukan oleh KKB yang juga melakukan pembunuhan sadis terhadap empat warga sipil pekerja jalan trans Papua Barat.

“Terkait gambar dan video empat warga sipil korban pembantaian yang sudah tersebar di publik, dapat dipastikan bahwa kejadian itu dalam satu rangkaian penyerangan KKB pada Kamis petang kemarin,” kata Adam Erwindi.

Baca Juga: 6 Anggota TNI Jadi Tersangka Kasus Pembunuhan Disertai Mutilasi di Timika Papua

Hingga kini, lanjutnya, tim gabungan masih mencari jasad empat korban pembantaian dengan dibantu masyarakat perkampungan di sekitar lokasi kejadian.

“Tim gabungan TNI dan Polri sudah berada di lokasi kejadian, sedang berkoordinasi dengan masyarakat untuk mencari jasad empat korban pembantaian. Informasi lengkap terkait identitas para korban akan disampaikan setelah tim gabungan kembali dari lokasi,” ujar Adam.

Sumber: Antara

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      BMKG Prakirakan Hujan Lebat di Sejumlah Daerah di Tanah Air

      Sejumlah daerah di Tanah Air akan turun hujan lebat disertai angin kencang dan petir pada Minggu (4/12/2022).

      Bupati Garut Pastikan Tidak Ada Korban Jiwa dari Gempa Bumi M 6.4

      Bupati Garut sudah memastikan tidak ada korban jiwa akibat gempa yang terjadi di Garut pada Sabtu (3/12/2022).

      KPK: ACFFest 2022 Bisa Tumbuhkan Budaya Antikorupsi

      Pemberantasan korupsi tidak hanya soal penindakan, namun juga melalui pendidikan dan peran serta masyarakat, salah satunya melalui film.

      FKUB Usulkan Moderasi Beragama Masuk Kurikulum Pendidikan Nasional

      Konsepsi pendidikan moderasi beragama perlu diakomodasikan ke kurikulum pendidikan nasional itu menjadi salah satu isi rekomendasi dari Rakernas FKUB se-Indonesia.

      Bapeten: Pemerintah Targetkan PLTN Terealisasi pada 2039

      Pemerintah sudah menargetkan pada 2039 sudah ada realisasi PLTN sebagai upaya mendukung target karbon netral atau net zero emission dan ketahanan energi nasional.

      Hari Terakhir Pencarian Korban Gempa Cianjur, 334 Meninggal Dunia, 8 Hilang

      Penambahan tersebut berdasarkan penemuan tim gabungan yang berhasil menemukan 3 jenazah, yakni 2 jenazah di Desa Cijedil, dan 1 lainnya ditemukan di kawasan Warung Sate Shinta.

      Dubes RI Kirim Surat Duka Cita Wafatnya Mantan Presiden China Jiang Zemin

      Mantan Presiden China Jiang Zemin meninggal dunia akibat leukimia dan kegagalan multi-organ tubuh dalam usia 96 tahun di Shanghai pada Rabu (30/11/2022) siang.

      Setelah Garut, Gempa Guncang Kupang dan Luwu Timur

      Meskipun demikian, gempa di Kupang dan Luwu Timur bermagnitudo lebih kecil masing-masing M3,1 dan M2,6.

      Anies Puji Aceh Level Dunia, Janjikan Perubahan Lebih Baik di Tahun 2024

      Aceh, kata Anies, merupakan sebuah negeri yang memiliki perjalanan panjang, perannya bukan hanya pada tingkat nusantara melainkan di level dunia.

      Gempa Susulan M3,3 di Garut, BMKG: Hindari Bangunan Retak

      Terkait gempa di Garut, Daryono meminta masyarakat tetap tenang dan menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

      Bareskrim Beber Alasan Gelar Perkara Kasus Ismail Bolong Belum Diumumkan

      Mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo juga membenarkan pihaknya beberapa bulan lalu sudah memeriksa Kabareskrim terkait setoran tambang ilegal.

      PM Malaysia Anwar Ibrahim Rangkap Jabatan Menteri Keuangan

      Anwar Ibrahim mengambil salah satu portofolio terpenting yakni keuangan, di atas tanggung jawab perdana menterinya.

      Gempa Garut Terasa hingga ke Jakarta dan DIY, Ini Penyebabnya

      Daryono menerangkan terasanya gempa di wilayah Mekarmukti, Garut hingga jauh ke daerah lain disebabkan oleh aktivitas dalam lempeng Indo-Australia.

      Alumni Arsitektur UNS akan terus Berkontribusi untuk Almamater Lewat Kartuns

      Musyawarah Nasional (Munas) dan temu kangen Keluarga Alumni Arsitektur UNS (Kartuns) 2022 selesai digelar, Sabtu (26/11/2022) lalu.

      Gempa Garut Berdampak ke Cianjur, Sejumlah Rumah Rusak

      Sejumlah rumah di Cianjur dilaporkan rusak akibat guncangan gempa di Garut yang juga dirasakan hingga ke DKI Jakarta itu.