Kisah Pelanggan Karaoke Solo: Modus Simpan Nomor HP hingga Clear Chat
Ilustrasi karaoke (Dok/JIBI)

Solopos.com, SOLO -- Sejumlah pelanggan karaoke Solo dan sekitarnya mengakui interaksi mereka dengan pemandu lagu atau LC tidak hanya saat berada dalam ruang karaoke.

Mereka menjadikan para pemandu karaoke itu juga sebagai teman bercerita atau mengobrol di luar room karaoke. Kepada Solopos.com, beberapa pelanggan karaoke itu mengaku tetap menjalin komunikasi dengan LC di luar ruang karaoke.

Hubungan tetap terjalin lewat ponsel karena saat berkenalan di ruang karaoke mereka saling bertukar nomor HP. Mereka biasanya menyimpan nomor HP LC dengan nama samaran. Tujuannya agar tidak ketahuan oleh istri mereka. Nama samaran LC itu pun beraneka ragam sesuai pekerjaan pelanggan karaoke.

Pemkot Solo Kehilangan 50% Pendapatan Pajak Hotel dan Restoran Gara-Gara Pandemi

Namun, kebanyakan para pelanggan karaoke Kota Solo dan sekitarnya menyamarkan nama LC dalam kontak HP dengan nama kolega atau rekan kerja. Selain menyamarkan nama nomor HP LC, pelanggan karaoke biasanya membatasi komunikasi hanya pada jam kerja.

Komunikasi tak mereka lakukan saat berada dalam rumah. “Komunikasi lewat HP ya hanya pada saat kerja atau tidak di rumah. Setelah komunikasi selesai, saya akan langsung bersihkan riwayat chat [clear chat]. Agar tak ketahuan,” aku Bowo, pelanggan karaoke asal Kabupaten Karanganyar, Kamis (22/10/2020) sore.

Bapak satu orang anak itu pun meminta LC kenalannya agar tak menghubunginya terlebih dulu bila ia tidak menghubungi mereka. Bagi LC yang tidak mau mengikuti aturan main itu Bowo akan memblokir nomornya supaya tak membuat risau.

Bawaslu Solo Ajak Masyarakat Ikut Awasi Protokol Kesehatan Pilkada 2020

Pertemanan

Dengan cara seperti itu sejauh ini Bowo yang mengaku pernah mendatangi banyak tempat karaoke Solo dan sekitarnya ini bisa aman berkomunikasi lewat HP dengan LC kenalannya.

Ihwal motivasinya menyimpan nomor HP LC, Bowo mengaku sekadar untuk pertemanan. “Kalau mau karaoke kan bisa kontak dulu,” sambungnya.

Pelanggan karaoke lainnya asa Sukoharjo, Mahendra, juga mengakui menyimpan beberapa nomor HP LC kenalannya. Nomor-nomor HP itu ia namai dengan nama panggilan LC sekaligus tempat karaoke yang bersangkutan.

Solo Undercover: Kisah Para Pelanggan Karaoke

Pelanggan karaoke wilayah Solo ini bisa bebas menamai nomor HP LC itu lantaran belum berumah tangga. “Ada beberapa kenalan LC dan nomor HP-nya. Tapi rencana saya nanti kalau sudah mau menikah saya akan hapus semua nomor itu dan pensiun dari dunia karaoke," ujarnya.

Tentang alasannya menyimpan nomor HP LC, Mahendra mengaku sebatas untuk berkomunikasi dan menjalin pertemanan. “Kalau saya kan memang menganggap mereka sebagai teman. Tidak mentang-mentang saya bayar karaoke lalu mereka hanya pemandu karaoke,” urainya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom