Tutup Iklan

Ketua DMI Solo Minta Warga Salat Iduladha di Rumah Saja

DMI Kota Solo mengatakan Salat Iduladha di rumah tetap sah meski tak dilakukan secara berjamaah.

 Penyembelihan hewan kurban pada Hari Raya Iduladha 1441 Hijriah atau 2020 di Kecamatan Wonogiri, Wonogiri. (Solopos-M. Aris Munandar)

SOLOPOS.COM - Penyembelihan hewan kurban pada Hari Raya Iduladha 1441 Hijriah atau 2020 di Kecamatan Wonogiri, Wonogiri. (Solopos-M. Aris Munandar)

Solopos.com, SOLO — Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Solo, KH Muhtarom, mengimbau pelaksanaan Salat Iduladha digelar di rumah. Hal itu mempertimbangkan situasi pandemi virus corona di Kota Solo dan Indonesia secara umum.

K.H. Muhtarom kepada Solopos.com, Senin (19/7/2021), mengatakan hingga saat ini belum ada perubahan keputusan sehingga pelaksanaan Salat Iduladha tetap digelar di rumah. Ketua Takmir Masjid Agung pun itu memastikan Masjid Agung juga tidak menggelar Salat Iduladha berjamaah.

“Sejauh ini belum ada laporan masjid yang akan menggelar Salat Iduladha. Seluruhnya mematuhi imbauan untuk salat di rumah,” papar dia.

Ia mengingatkan jangan sampai kegiatan keagamaan justru menimbulkan klaster baru. Salat Iduladha di rumah sangat dianjurkan karena sunah muakad. Dalam fiqih salat bisa dilaksanakan sendiri atau dengan keluarga. Tanpa khotbah pun tidak dilarang.

Baca Juga: Sehari, Bhabinkamtibmas Pajang Solo Makamkan 3 Jenazah Warga yang Isoman

“Nilainya sama, hanya pelaksanaannya di rumah karena keadaan,” imbuh dia.

Terkait penyembelihan hewan kurban di Masjid Agung, Muhtarom mengaku sempat berkoordinasi dengan Rumah Pemotongan Hewan (RPH). Namun, kapasitas RPH dirasa tidak mencukupi sehingga Masjid Agung melaksanan penyembelihan hewan kurban secara mandiri di lingkungan masjid.

“Penyelenggaraan hari Rabu (21/7/2021) dengan protokol kesehatan ketat. Hanya panitia dan sohibul kurban saja yang boleh masuk,” papar dia.

Pengurban Menurun

Menurutnya, asumsi awal penyelenggaraan penyembelihan hewan kurban saat PPKM Darurat selesai. Ia menambahkan tidak ada pembagian daging secara umum, melainkan langsung dikirim ke rumah. Jika ada kelebihan daging akan dibagikan ke daerah binaan terkoneksi Masjid Agung di Solo.

Baca Juga: Tertahan 2 Hari, 200 Tabung Oksigen dari Singapura Akhirnya Dikeluarkan Bea Cukai Surakarta

“Jumlah hewan kurban di Masjid Agung pasti terkejut, sapi hanya 5 ekor termasuk sapi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kalau kambing hingga saat ini baru seekor,” papar dia.

Muhtarom  menambahkan sapi dari Jokowi saat ini belum tiba. Ia memprediksi sapi dari Presiden baru tiba pada Selasa (20/7/2021) malam. Menurutnya, Presiden Jokowi memberikan sapi kurban untuk Masjid Agung dan Masjid Al-Wustho, Ketelan, Banjarsari.

Ia memastikan Masjid Agung telah berkoordinasi dengan masjid setempat agar penyaluran daging tepat sasaran.

“Kalau Masjid Agung kan kondisinya sangat mendukung. Akses pintu tinggal di kunci kan selesai, sehingga tidak ada kerumunan. Proses penyembelihan juga cepat, berbeda dengan tahun lalu,” papar Muhtarom.

Baca Juga: Pemenang Solopos Digital Award 2021 Sebentar Lagi Diumumkan, Catat Baik-baik Tanggalnya!

Terkait penurunan jumlah hewan kurban disebutnya karena kondisi saat ini. Bisa saja umat Islam biasa berkurban menyalurkan dananya dalam bentuk lain seperti pembagian sembako kepada para warga terdampak pandemi maupun tetangga yang isolasi mandiri.


Berita Terkait

Berita Terkini

Sebelum Meninggal, Satpam Gudang Rokok di Solo Sempat Minta Tolong

Korban kasus perampokan dan pembunuhan di gudang rokok di Jl. Brigjend Sudiarto, Joyotakan, Serengan, Solo, bernama Suripto, sempat merintih meminta tolong kepada tersangka, RS alias S, 21, saat kejadian, Senin (15/11/2021) dini hari.

Sadis, Perampok & Pembunuh Satpam Gudang Rokok di Solo Jalani 69 Adegan

Terdapat 69 adegan rekonstruksi kasus dugaan perampokan dan pembunuhan satpam gudang rokok di Jl. Brigjend Sudiarto, Joyotakan, Serengan, Solo.

Gibran Jamin Keamanan Mahasiswa Papua Belajar di Solo

Selain menjamin Kota Solo aman ditinggali mahasiswa asal Papua, Gibran Rakabuming Raka juga menyebut Kota Bengawan layak dijadikan tujuan belajar mengingat biaya hidup yang murah dan lokasinya yang strategis.

Pilih Aneka Ayam Panggang Hanya di I Am In Love

Menu I Am In Love ini dikemas dalam aneka menu nasi boks yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Tolak Hadiah Sepeda Bupati Sragen, Siswa SD Justru Minta Bus Remote

Seorang siswa SD menolak hadiah sepeda yang ditawarkan Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, dan memilih hadiah bus remote dengan spesifikasi khusus.

Catat! Pemadaman & Pemeliharaan Listrik di Sragen Hari ini (30/11/2021)

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Sragen hari Selasa, 30 November 2021 yang berlangsung tiga jam.

Round Up: Guru SMP di Wonogiri Meninggal Dunia Terpapar Covid-19

Seorang guru dari salah satu SMP negeri di Wonogiri meninggal dunia terpapar Covid-19, Sabtu (27/11/2021).

Ada Pemadaman & Pemeliharaan Listrik di Sukoharjo Hari Ini (30/11/2021)

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Sukoharjo hari Selasa, 30 November 2021 yang berlangsung tiga jam.

Densu hingga Endah Laras Terpantau Syuting Film di Pasar Gede Solo

Denny Sumargo (Densu) dan Endah Laras terpantau mengikuti proses syuting salah satu film di Pasar Gede Solo pada, Minggu (28/11/2021) malam.

Jadwal Pemadaman & Pemeliharaan Listrik di Klaten Hari Ini (30/11/2021)

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Klaten hari Selasa, 30 November 2021 yang berlangsung lima jam.

Buka Lagi, Kolam Keceh Bulusulur Wonogiri Dilengkapi Terapi Ikan

Kolam Keceh dilengkapi beberapa fasilitas baru seperti terapi ikan, kuliner malam, dan permainan anak.

Sekolah di Solo Diminta Kreatif Rancang Pembelajaran Campuran

Sejumlah sekolah telah berinovasi dengan penggunaan beragam aplikasi, meski ada pula yang masih beradaptasi dengan teknologi informasi.

Pemilihan Putra Putri Batik Solo Akhir Pekan Ini Panaskan SBF 2021

Ajang pemilihan Putra Putri Batik 2021, akhir pekan ini, akan memanaskan agenda Solo Batik Fashion (SBF) 2021 yang akan dibuka pada Senin (6/12/2021).

Tim Gabungan Solo Perketat Pemantauan Tempat Wisata saat PPKM Nataru

Pengetatan pemantauan tempat wistaa agar ke depan tidak muncul lonjakan kasus corona maupun klaster baru persebaran Covid-19.

Disdik Solo Matangkan Rencana PTM di Ruang Terbuka

PTM di ruang terbuka dinilai dapat mengurangi potensi penularan Covid-19 di lingkungan.

Boyolali Bangun Wisata Religi, Ada Replika Ka'bah hingga Padang Arafah

Keberadaan replika ka’bah dan miniatur objek-objek kawasan Timur Tengah akan menambahi koleksi miniatur lain seperti Patung Liberty, Menara Pizza, dan Menara Eiffel.