Ketimpangan Menurun dan Angka Melek Huruf Sragen Terendah di Soloraya

LBH Pers menilai pemidanaan dua orang polisi aktif penganiaya jurnalis Tempo di Kota Surabaya Nurhadi adalah preseden baik dalam hal perlindungan profesi jurnalis dan kebebasan pers.

 Pertunjukan seni meramaikan pembukaan Borobudur Edupark di Kabupaten Magelang, Sabtu (15/1/2022). (Antara)

SOLOPOS.COM - Pertunjukan seni meramaikan pembukaan Borobudur Edupark di Kabupaten Magelang, Sabtu (15/1/2022). (Antara)

Solopos.com, SOLO – Jaksa penuntut umum dalam kasus penganiayaan Nurhadi, jurnalis Tempo di Kota Surabaya, Jawa Timur, oleh dua orang polisi, mengajukan banding pada Senin (17/1/2022). Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Surabaya, Eben Heizer, Selasa (18/1/2022), mengatakan pengajuan banding itu sesuai harapan banyak kalangan yang mengadvokasi kasus tersebut.

LBH Pers menilai pemidanaan dua orang polisi aktif penganiaya Nurhadi adalah preseden baik dalam hal perlindungan profesi jurnalis dan kebebasan pers. Direktur Eksekutif LBH Pers Ade Wahyudin mengatakan vonis 10 bulan penjara bagi dua orang polisi aktif penganiaya Nurhadi memang terlampau ringan. Jaksa seharusnya mengajukan banding. Hingga kini Nurhadi masih dalam perlindungan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Duduk perkaranya bisa disimak di Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK.

PromosiPencapaian SDGs Desa Langkah Penting Mengatasi Kemiskinan Ekstrem

Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, semakin sering menjadi objek penelitian dengan perangkat astronomi matematika modern. Salah satu hasil penelitian berbasis astronomi dan matematika era modern menunjukkan Candi Borobudur dibangun dengan ketepatan perhitungan waktu yang sangat mungkin berbasis kemampuan astronomi dan matematika era itu.

Ketepatan perhitungan waktu itu ditunjukkan oleh perhitungan pergeseran matahari dan jatuhnya bayangan stupa. Mengemuka hipotesis bahwa Candi Borobudur dibangun, salah satunya, sebagai penanda waktu atau pranata mangsa yang terkait erat dengan aktivitas produktif manusia era itu di berbagai sektor. Penjelasan selengkapnya ada di Pranata Mangsa dalam Jejak Ilmu Astronomi di Balik Kemegahan Borobudur.

Sebanyak 11,10% penduduk usia di atas 10 tahun di Kabupaten Sragen  masih buta huruf. Angka melek huruf (AMH) di Kabupaten Sragen pada 2020 sebesar 88,90%. Jumlah itu menempatkan Kabupaten Sragen di peringkat terendah di wilayah Soloraya.

Kemampuan membaca dan menulis penting karena melibatkan pembelajaran berkelanjutan bagi seseorang. Dengan membaca dan menulis, seseorang dapat mencapai tujuan. Kemampuan membaca membuat seseorang mendapatkan pengetahuan, menggali potensi, dan berpartisipasi penuh dalam kehidupan bermasyarakat yang lebih luas. Data selengkapnya bisa disimak di 11,10% Wong Sragen Masih Buta Huruf dan Pengaruhnya Terhadap Kemiskinan.

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan penurunan tingkat ketimpangan atau kesenjangan pengeluaran masyarakat di tingkat nasional yang diukur menggunakan rasio Gini atau Gini ratio. Penurunan ini diperoleh dengan membandingkan rasio Gini pada Maret 2021 dan pada September 2021.

Pada September 2021, tingkat ketimpangan pengeluaran penduduk Indonesia yang diukur oleh rasio Gini adalah sebesar 0,381. Angka ini menurun 0,003 poin jika dibandingkan dengan rasio Gini pada Maret 2021 yang sebesar 0,384.

Berita Resmi Statistik yang dipublikasikan Badan Pusat Statistik pada Senin (17/1/2022) menjelaskan rasio Gini pada September 2021 itu juga berarti menurun 0,004 poin dibandingkan dengan rasio gini pada September 2020 yang sebesar 0,385. Untuk memahami selengkapnya silakan membaca di Periode Maret-September 2021, Tingkat Ketimpangan Pengeluaran Menurun.

Respons cepat Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Kapolda Jateng) Inspektur Jenderal Polisi Ahmad Luthfi dengan mencopot Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Boyolali Ajun Komisaris Polisi Eko Marudin merupakan langkah maju dalam perlindungan korban kekerasan seksual.

Eko Marudin dicopot dari jabatannya terkait tindakan polisi di Polres Boyolali yang diduga menghina seorang perempuan yang melapor setelah menjadi korban pemerkosaan. Polisi yang terlibat dalam dugaan penghinaan pelapor kasus kekerasan seksual itu diperiksa oleh Bidang Profesi dan Pengamanan Polda Jawa Tengah.

Seorang perempuan berinisial R, 28, asal Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah mengaku mendapat ucapan tidak menyenangkan dari salah seorang polisi di Polres Boyolali. Ia mengalami itu saat melaporkan kasus pemerkosaan yang menimpa dirinya di Polres Boyolali, Senin (10/1/2022). Kisah lengkapnya bisa dibaca di Pada Proses Hukum Beban Korban Kekerasan Seksual Menjadi Lebih Berat.

Konten-konten premium di kanal Espos Plus menyajikan sudut pandang khas dan pembahasan mendalam dengan basis jurnalisme presisi. Membaca konten premium akan mendapatkan pemahaman komprehensif tentang suatu topik dengan dukungan data yang lengkap. Silakan mendaftar terlebih dulu untuk mengakses konten-konten premium di kanal Espos Plus.

 

 

 

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

5 Abad Perjalanan Panjang Inggris Legalkan LGBT Melalui Reformasi Hukum

+ PLUS 5 Abad Perjalanan Panjang Inggris Legalkan LGBT Melalui Reformasi Hukum

UU Buggery yang disahkan parlemen Inggris pada masa pemerintahan Henry III pada 1533 menyatakan homoseksual merupakan perbuatan ilegal. Lima abad kemudian, tepat pada 17 Juli 2013, Inggris melegalkan pernikahan sesama jenis melalui reformasi undang-undang.

Berita Terkini

Jenazah Eks Jubir Satgas Covid-19 Achmad Yurianto Dimakamkan di Batu

Achmad Yurianto yang pernah menjabat sebagai Juru Bicara Covid-19 tutup usia setelah sekian lama berjuang melawan sakit kanker usus.

Innalilahi, Mantan Jubir Satgas Covid-19 Achmad Yurianto Berpulang

Kali terakhir, almarhum Achmad Yurianto menjabat sebagai Ketua Dewan Pengawas BPJS Kesehatan.

Gagal Jadi Ketua DPD Demokrat, Bayu Airlangga Loncat ke Partai Golkar

Bayu Airlangga menyatakan keluar dari Partai Demokrat karena dirinya tidak terpilih sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur periode 2022-2027.

Mantan Anggota KPU Viryan Aziz Meninggal Dunia Akibat Stroke

Sebelumnya, Viryan Aziz mendapatkan perawatan di RS Abdi Waluyo karena mengalami stroke.

Harga Pertalite Rp7.650, Jokowi: Rakyat Harus Bersyukur

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta rakyat bersyukur karena pemerintah terus menahan agar harga Pertalite tidak naik.

100 SMA Terbaik Jateng Versi LTMPT, Jadi Referensi PPDB 2022

Ada 171 SMA di Jateng yang masuk daftar 1.000 sekolah terbaik nasional. Berikut daftar 100 SMA terbaik di Jateng.

Jokowi dan Ganjar Kompak ke Acara Projo, Ini Komentar Warganet

Sebagian besar warganet menganggap ucapan Jokowi itu sebagai kode bahwa Presiden RI itu memberi restu kepada Ganjar Pranowo untuk maju dalam Pilpres 2024.

Jokowi dan Ganjar Hadiri Rakernas Projo, Warganet: Kode Keras Bos!

Kehadiran Jokowi dan Ganjar dalam rakernas sukarelawan Pro Jokowi itu langsung memantik spekulasi terkait Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Mantap! 3 SMA di Solo Masuk 100 Sekolah Terbaik Nasional

Ada tiga SMA di Solo yang masuk daftar sekolah terbaik berdasarkan UTBK 2021 yang dirilis LTMPT.

Peduli Pendidikan, PT Paragon Dorong Pengembangan Skill Guru

PT Paragon, perusahaan yang memiliki produk utama berupa produk kosmetik tersebut juga menaruh perhatian besar pada sektor Pendidikan.

5 Abad Perjalanan Panjang Inggris Legalkan LGBT Melalui Reformasi Hukum

UU Buggery yang disahkan parlemen Inggris pada masa pemerintahan Henry III pada 1533 menyatakan homoseksual merupakan perbuatan ilegal. Lima abad kemudian, tepat pada 17 Juli 2013, Inggris melegalkan pernikahan sesama jenis melalui reformasi undang-undang.

Serang Koloni Monyet Denmark 1958, Monkeypox Berevolusi Infeksi Manusia

Penyakit cacar monyet atau monkeypox kali pertama menyerang koloni monyet di Kopenhagen, Denmark, pada 1958. Virus ini disebut telah berevolusi hingga bisa mewabah dengan menular ke manusia akhir-akhir ini.

Dorong Kreativitas Mahasiswa, ITS Surabaya Tumbuhkan Semangat Kompetisi

Upaya untuk mendorong mahasiswa berprestasi terus dilakukan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Mahasiswa diarahkan ke ajang kompetisi nasional maupun internasional.

Solopos Hari Ini: Listrik Bersubsidi Tak Naik

Pemerintah akan menaikkan seluruh subsidi kompensasi untuk mencegah kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dan listrik bersubsidi.

10 Berita Terpopuler : Semarang Kota Terpanas - Gibran Tambah Mumet

Informasi soal kota terpanas di Jateng hingga Wali Kota Solo Gibran tambah mumet masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com Sabtu pagi.