Ketahuan Pak RT, Pencuri Burung di Cawas Klaten Akhirnya Ditangkap Warga

Pelaku pencurian burung tertangkap warga saat akan mencuri burung peliharaan salah satu warga Desa Nanggulan, Kecamatan Cawas, Klaten, Rabu (28/9/2022) dini hari.

 Pelaku pencurian burung yang ditangkap warga saat berada di Mapolsek Cawas, Rabu (28/9/2022). (Istimewa/Dokumentasi Polsek Cawas)

SOLOPOS.COM - Pelaku pencurian burung yang ditangkap warga saat berada di Mapolsek Cawas, Rabu (28/9/2022). (Istimewa/Dokumentasi Polsek Cawas)

Solopos.com, KLATEN — Pelaku pencurian burung tertangkap warga saat akan mencuri burung peliharaan salah satu warga Desa Nanggulan, Kecamatan Cawas, Klaten, Rabu (28/9/2022) dini hari. Dalam semalam, pelaku mencuri enam burung peliharaan di empat wilayah di Kecamatan Cawas.

Kepala Desa (Kades) Nanggulan, Surata, mengatakan aksi pencurian itu terjadi di rumah salah satu warga Dukuh Tunggak Kemasan, Desa Nanggulan, Rabu sekitar pukul 03.00 WIB. Pelaku berjumlah dua orang dengan satu orang mengambil burung dan satu orang lainnya bersiaga di sepeda motor.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Saat menyoroti kandang burung yang digantang di teras rumah, ketua RT setempat bernama Sulistiyo mengetahui aksi pelaku. Selanjutnya, pelaku lantas ditanya ketua RT tersebut.

Mas ngopo mas?  Ameh maling to? [Sedang apa mas? Mau mencuri ya?],” kata Surata menirukan kata-kata Ketua RT saat dihubungi Solopos.com, Rabu.

Sadar aksinya ketahuan, para pelaku berusaha kabur. Satu orang berlari sementara satu orang lainnya berniat kabur mengendarai sepeda motor. Salah satu pelaku yang mengendarai sepeda motor akhirnya berhasil ditangkap.

Baca Juga: Bekuk Pembobol Toko Kelontong, Polres Klaten Ingatkan Ini ke Pelaku Kejahatan

Setelah dicek, ternyata ada enam burung yang ditemukan dari dalam tas serta jok sepeda motor. Burung-burung itu disimpan pelaku dalam kotak kayu kemudian dimasukkan ke tas dan jok. Diduga, burung-burung itu hasil pencurian di lokasi lain.

“Kemudian saya menghubungi Pak Kapolsek dan pelaku langsung dibawa ke Mapolsek oleh petugas,” kata Surata.

Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo, melalui Kapolsek Cawas, AKP Jaka Waloya, membenarkan kejadian tersebut. Pelaku yang berhasil ditangkap bernama Kurniawan, 22, warga Kecamatan Prambanan, Klaten. Sementara, satu pelaku masih dalam proses penyelidikan oleh Polisi.

Baca Juga: Bobol Swalayan di Klaten, Maling Embat Rokok dan Brankas Berisi Rp40 Juta

Dari kejadian itu, petugas mengamankan satu sepeda motor dan enam burung. Keenam burung itu terdiri dari tiga kenari, dua jalak suren, dan satu kacer. Di Nanggulan, pelaku belum sempat mengambil burung yang digantang di teras.

Pelaku sudah beraksi di empat lokasi lainnya dalam semalam. Keempat lokasi lainnya di Kecamatan Cawas itu, yakni satu lokasi di Desa Bendungan, dua lokasi di Desa Balak, serta satu lokasi di Desa Pakisan. Pelaku yang ditangkap diketahui seorang residivis.

“Iya, pelaku pernah terjerat kasus hukum. Imbauan kami, warga tetap meningkatkan kewaspadaan. Bagi yang memiliki burung peliharaan terutama yang mahal, kami imbau tidak ditempatkan di luar. Lebih baik ditempatkan di dalam rumah agar lebih aman sehingga terhindar dari tindak pidana,” jelas dia.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Pantai Sembukan Wonogiri, Tempat Pertemuan Ratu Kidul dan Panembahan Senapati

      Pada malam-malam tertentu, pantai yang terletak di Wonogiri selatan itu acap didatangi orang dari berbagai daerah. Mereka melakukan ritual tertentu untuk meminta keberkahan.

      Jajal Jalur Kirab Kaesang-Erina, 3 Menteri Naik Kereta Kencana di Jalur CFD

      rombongan kirab sampai di depan Hotel Dana Solo. Sejumlah orang membentuk barisan berjalan dari barat ke timur. Di belakangnya ada kereta kencana. Satu kereta ditarik dua kuda. Tampak Menteri BUMN Erick Thohir mengenakan kemeja biru maroon dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengenakan pakaian biru muda.

      Kapolres Sukoharjo Gandeng Komunitas Seni Jaga Kamtibmas dan Kerukunan Warga

      Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengungkapkan komunitas seni merupakan salah satu komunitas yang harus disentuh oleh kepolisian. Mengingat banyak sekali masyarakat yang berpartisipasi dalam bidang seni.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 27 November 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Minggu (27/11/2022), bisa disimak di sini.

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 27 November 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Minggu (27/11/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Masjid di Ngawen Klaten Kokoh Berdiri Sendiri di Tengah Proyek Tol Solo-Jogja

      Nilai UGR yang bakal diterima untuk pembebasan bangunan masjid itu senilai Rp822 juta. Sesuai aturan, UGR yang diterima harus digunakan untuk membangun masjid.

      Pemkab Klaten Buka Lowongan 8 Jabatan Eselon II, Terbuka untuk ASN di Jateng

      Proses seleksi dilakukan oleh panitia seleksi (Pansel). Tim tersebut terdiri atas dua orang internal atau dari Pemkab Klaten dan tiga orang eksternal atau akademisi.

      Stok Kosong, Dinkes Boyolali Putar Otak Cari Vaksin Covid-19

      Puskesmas yang diinformasikan bisa melayani vaksinasi Covid-19 pada Sabtu (26/11/2022) antara lain Puskesmas Sambi, Simo, Sawit, Banyudono I, Gladagsari, Boyolali I, dan Boyolali II.

      Agenda Solo Hari Ini: Ada Padi Reborn di Lokananta hingga Pengajian Akbar NU

      Agenda Solo hari ini, Minggu (27/11/2022), cukup padat dengan Lokananta Reload yang menghadirkan Padi Reborn serta pengajian akbar Hari Santri Nasional di Pura Mangkunegaran.

      Duh. 25 Water Barrier di Jalan-Jalan Karanganyar Hilang Dicuri

      Biasanya akibat pencurian ini diketahui saat akan dilakukan pengecekan sarana atau pada saat akan digunakan untuk pengaturan arus lalu lintas.

      Sidak Konser Dewa 19 di Edutorium UMS, Anggota DPRD Solo Kecewa

      Saat sidak konser Dewa-19, anggota DPRD Solo menemukan belum diterapkannya sistem porporasi elektronik atau digital oleh Bapenda Solo.

      Sukoharjo Berawan Tebal sejak Minggu Pagi, Ini Prakiraan Cuaca Lengkapnya

      Menurut prakiraan cuaca BMKG, Kabupaten Sukoharjo berawan tebal sejak pagi hari, Minggu (27/11/2022).

      Boyolali Hujan sejak Pagi Hari, Cek Prakiraan Cuaca Lengkapnya Menurut BMKG

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini diprediksi hujan sejak pagi hari, Minggu (27/11/2022).

      Hujan Minggu Malam, Simak Prakiraan Cuaca Solo 27 November

      Minggu (27/11/2022) siang hingga malam ini Solo diperkirakan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang menurut prakiraan cuaca BMKG.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 27 November 2022, Cukup Bersahabat

      Info lengkap prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Minggu (27/11/2022), bisa Anda simak di sini.