SOLOPOS.COM - KTNA Klaten menggelar KTNA Agro Expo di halaman kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Klaten, Rabu (2/11/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Klaten menggelar KTNA Agro Expo di halaman kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Klaten selama dua hari, Rabu-Kamis (2-3/11/2022). Ada sekitar 45 stan yang menampilkan berbagai produk pertanian hingga olahan hasil pertanian.

Produk pertanian itu seperti beras, jagung, buah-buahan, satai kelinci, singkong keju, kopi, serta berbagai olahan minuman. Selain itu, ada aneka tanaman hias, pupuk, pestisida, hingga drone untuk pertanian.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Ketua KTNA Klaten, Maryanta, mengatakan kegiatan itu digelar secara swadaya menggunakan hasil dari badan usaha milik KTNA.

“Kegiatan ini untuk membangkitkan teman-teman di kecamatan. Alhamdulillah, teman-teman kecamatan bisa keluar semua dan menontonkan hasil produk mereka,” ungkap dia saat ditemui di sela pembukaan ekspo, Rabu.

Maryanta menjelaskan ada 26 stan yang digunakan menampilkan produk KTNA tingkat kecamatan. Selain itu ada stan dari 12 sponsor dan enam stan mitra KTNA.

Baca Juga: Festival Mbok Sri Mulih, Upaya Rawat Tradisi & Pertegas Asale Rajalele Delanggu

Kepala DKPP Klaten, Widiyanti, mengatakan kegiatan yang diinisiasi KTNA Klaten tersebut ditujukan mengenalkan produk unggulan hasil pertanian di Klaten.

“Dengan pengenalan ini harapannya produk-produk unggulan Klaten dikenal lebih luas dan bisa membangun jejaring pasar lebih besar,” kata Widiyanti.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengapresiasi KTNA Agro Expo tersebut. Apalagi, antusias pengunjung yang terus berdatangan ke ekspo tersebut cukup tinggi.

“Subsektor pangan di Klaten memiliki peran strategis. Klaten terkenal dengan lumbung pangan untuk menopang wilayah Jawa Tengah hingga nasional. Hal inilah yang mendorong Pemkab berkomitmen melanjutkan dan meningkatkan program kedaulatan pangan yang ada,” kata Mulyani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya