SOLOPOS.COM - Ilustrasi back pain. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Sebelum terlambat, kenali gejala saraf kejepit seperti diidap artis Nikita Mirzani. Pemeran Nenek Gayung itu dilarikan ke rumah sakit lantaran penyakitnya kambuh. Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Saraf terjepit, atau juga disebut radikulopati, terjadi ketika jaringan di sekitar saraf, seperti tulang, otot, tendon, dan tulang rawan, memberikan terlalu banyak tekanan pada suatu area saraf. Tekanan tidak wajar ini akan mengganggu fungsi normal saraf. Bila ada saraf yang terjepit, tubuh lantas bereaksi dengan rasa sakit, mati rasa/baal, kesemutan, atau rasa seperti tersengat, dengan tujuan sebagai pertanda bahwa ada sesuatu yang salah di tubuh.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Saraf terjepit bisa terjadi di beberapa area tubuh. Tonjolan bantalan sendi di tulang pinggang misalnya, dapat memberi tekanan pada saraf sehingga menyebabkan rasa sakit yang menjalar ke tungkai bawah. Saraf yang terjepit di pergelangan tangan juga dapat menyebabkan rasa sakit dan mati rasa di telapak tangan dan jari (sindrom terowongan karpal, carpal tunnel syndrome).

Baca Juga: Tiba-Tiba Dilarikan ke RS, Raffi Ahmad Alami Saraf Kejepit

Dengan istirahat dan perawatan di rumah, kebanyakan orang pulih dari saraf terjepit dalam beberapa hari atau minggu. Terkadang prosedur medis diperlukan untuk menghilangkan rasa sakit akibat saraf terjepit. Semakin cepat terdiagnosis dan mendapat perawatan untuk saraf terjepit, maka semakin cepat rasa sakit itu reda.

Berikut ini sejumlah gejala saraf kejepit seperti dikutip dari primayahospital.com pada Minggu (6/11/2022):

1. Nyeri terpusat

Rasa sakit yang tajam di sepanjang area yang terkena adalah salah satu tanda yang paling umum. Rasa sakit ini mungkin hilang-timbul, tapi tak jarang bertahan dalam waktu lama sehingga butuh pertolongan medis segera.

Baca Juga: Saraf Kejepit Kambuh, Nikita Mirzani Dibawa ke Rumah Sakit

2. Mati rasa

Beberapa orang mengalami mati rasa/baal di area tubuh yang terkena.

3. Nyeri radikuler

Rasa sakit juga bisa menjalar ke area lain. Misalnya, rasa sakit seperti tertusuk atau terbakar, dapat berawal dari paha, lalu menyebar ke area betis hingga ujung kaki.

4. Kesemutan

Area yang mengalami saraf terjepit bisa juga mendapat sensasi seperti kesemutan.

Baca Juga: Kenapa Saat Tidur Kaki Kram? Ini Penjelasannya

5. Rasa lemah

Rasa lemah atau berat saat menggunakan otot tertentu juga merupakan gejala penting saraf kejepit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya