SOLOPOS.COM - Kondisi bangunan Panggung Sanggabuwana di Kompleks Keraton Solo yang dinilai paling mendesak diperbaiki. Foto diambil Minggu (8/1/2023). (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SOLO–Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Diana Kusumastuti menindaklanjuti rencana revitalisasi Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Keraton Solo).

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan Dirjen Cipta Karya  telah mendapatkan master plan Keraton Solo 2017 dan 2008. Kementerian sedang membandingkan master plan dan Pemkot Solo menunggu langkah selanjutnya.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

“Kalau bisa ya secepatnya, ini kajian-kajian yang pernah diajukan, kami kaji lagi ya soalnya ada dua kajian dua tahun berbeda,” kata Gibran kepada wartawan di Solo Safari, Jumat (20/1/2023) pagi.

Wali Kota Solo mengatakan tim kecil untuk revitalisasi Keraton Solo adalah Gibran dan Diana. Keduanya melakukan koordinasi dengan Keraton Solo.

“Aku koordinasi terus dengan Gusti Purbaya [KGPAA Hamengkunegoro Sudibya Rajaputra Narendra Mataram] dan gusti-gusti lain,” paparnya.

Dia mengatakan ada kajian atau masterplan sebelumnya, namun tak segera ditindaklanjitu sebelumnya karena pihak-pihak terkait tidak kompak, antara lain, Keraton Solo, Pemkot Solo, dan Kementerian PUPR.

Menurut dia, Keraton Solo telah menyerahkan rencana revitalisasi kepada Pemkot Solo. Mungkin pendanaan bisa dilakukan seperti investasi Taman Safari Indonesia untuk Solo Safari.

“Sudah ada titik terang, semoga, saya maunya cepat-cepet ndang rampung multitears atau berapa tahun,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya