Tutup Iklan
Kemenkes Patok Tarif Rapid Test Rp150.000, Berapa Harga di RS Solo?
Ilustrasi rapid test. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) secara resmi mematok batas maksimal tarif pemeriksaan tes cepat antibodi atau rapid test sebesar Rp150.000. Lantas berapa harga rapid test yang berlaku disejumlah rumah sakit di Solo?

Berdasarkan penelusuran tim Solopos.com, harga rapid test yang dipatok di sejumlah rumah sakit di Solo melebihi aturan Kemenkes. Tetapi, harga tersebut berlaku sebelum aturan Kemenkes diterbitkan.

Sebagai informasi, aturan itu tertuang dalam Surat Edaran Nomor HK.02.02/I/2875/2020. Isinya tentang Batasan Tarif Tertinggi Pemeriksaan Rapid Tes Antibodi yang ditandatangani Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, Bambang Wibowo, Senin (6/7/2020).

Kisah Suroto Magelang, 10 Tahun Kurung Diri di Kamar Sejak Erupsi Merapi Tak Pernah Mandi

Penetapan tarif maksimal dalam pemeriksaan rapid test dapat memberi kepastian kepada masyarakat. Begitu pula kepada pemberi layanan pemeriksaan tes cepat. Dengan demikian masyarakat mendapat jaminan kemudahan dalam layanan kesehatan.

Berikut sederet harga rapid test di sejumlah rumah sakit di Solo sebelum ada ketentuan dari Kemenkes:

Pembuat Makam Mbah Jonambang Wonogiri Terbalik Ngaku Dapat Bisikan dari Leluhur

RS Onkologi Solo

Rumah Sakit Onkologi Solo- Permata Harapan Cancer Center dalam akun Instagram resminya mengiklankan harga rapid test mulai dari Rp380.000-Rp530.000.

Iklan yang diunggah pada Jumat (8/5/2020) itu belum mendapatkan interaksi. Rumah sakit tersebut membubuhkan nomor yang bisa dihubungi melaui Whatsapp dan telepon.

RSI Yarsis

Rumah Sakit Islam Surakarta Yarsis dalam akun Instagram resminya mengiklankan paket harga rapid test mulai dari Rp350.000 hingga Rp2.300.000. Paket tersebut terdiri dari basic, silver, gold, dan platinum. Setiap paket memiliki fasilitas yang berbeda-beda.

Iklan yang dipublikasikan pada Kamis (9/6/2020) itu mendapatkan 16 interaksi di kolom komentar. Terdapat akun Instagram yang menanyakan kelengkapan paket itu.

Akun Instagram @beautynesia.natural menanyakan, “udah termasuk surat keterangan dokter belum?” kemudian @rsis_yarsis menjawab, “iya kak semua sdh.”

9 Orang Ditangkap Terkait Meninggalnya Pesilat Remaja Gatak Sukoharjo, Ada Yang Sempat Kabur!

RS Brayat Minulya

Kabag Humas dan Marketing RS Brayat Minulya Solo, Brigitta Adventa Fajarrini, melalui pesan Whatsapp (WA) kepada Solopos.com, Jumat (12/6/2020) mengatakan, pihaknya mematok tarif rapid test mulai dari Rp380.000-Rp400.000 per orang.

Harga rapid test Rp380.000 di RS Brayat Minulya Solo itu disertai layanan konsultasi ke dokter umum. Sementara untuk tarif Rp400.000 termasuk layanan konsultasi dokter spesialis.

Hasil pemeriksaan tes cepat kini menjadi salah satu syarat bagi warga yang hendak berpergian menggunakan transportasi darat maupun udara.

Peraturan ini diturunkan melalui Surat Edaran (SE) Menkes Nomor HK.02.01/MenKes/382/2020. Isinya tentang Protokol Pengawasan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri di Bandar Udara dan Pelabuhan dalm Rangka Penerapan Kehidupan Masyarakat Produktif dan Aman Terhadap Covid-19. (Yunita Dewi Nur Rohmah/JIBI/Solopos.com)


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom

Pasang Baliho