Kemenhub Percepat Izin Extra Flight Jelang G20 Indonesia

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mempercepat izin penerbangan tambahan oleh maskapai internasional seiring dengan tingginya permintaan jelang G20 Indonesia pada November 2022. 

 Petugas memantau dan mengatur pergerakan pesawat udara di menara Air Traffic Controller (ATC) Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Rabu (13/10/2021). AirNav Indonesia menyiapkan berbagai fasilitas, sarana prasarana, prosedur serta menyiagakan sekitar 80 orang petugas ATC untuk pelayanan navigasi pesawat udara di Bandara Ngurah Rai guna menyambut pembukaan kembali penerbangan internasional di bandara tersebut. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/rwa.

SOLOPOS.COM - Petugas memantau dan mengatur pergerakan pesawat udara di menara Air Traffic Controller (ATC) Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Rabu (13/10/2021). AirNav Indonesia menyiapkan berbagai fasilitas, sarana prasarana, prosedur serta menyiagakan sekitar 80 orang petugas ATC untuk pelayanan navigasi pesawat udara di Bandara Ngurah Rai guna menyambut pembukaan kembali penerbangan internasional di bandara tersebut. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/rwa.

Solopos.com, JAKARTAKementerian Perhubungan (Kemenhub) mempercepat izin penerbangan tambahan oleh maskapai internasional seiring dengan tingginya permintaan jelang G20 Indonesia pada November 2022. Plt. Dirjen Perhubungan Udara Nur Isnin mengatakan tak hanya membuka dan mempercepat penerbangan tambahan oleh maskapai internasional, Kemenhub juga mendorong maskapai nasional untuk memanfaatkan momentum G20 ini untuk menggenjot penumpang.

Apalagi proses persetujuan penerbangan tambahan juga bisa dilakukan dengan cepat. “Izin justru selama ini apapun penambahan rute dan frekuensi ke Bali kami berikan dan tetap tentu kolaborasi dengan otoritas bandara, operator bandara, AirNav, dan stakeholder lainnya sesuai slot yang ada,” kata Nur Isnin, Rabu (28/9/2022).

PromosiTokopedia Card Jadi Kartu Kredit Terbaik Versi The Asian Banker Awards 2022

Dari aspek penerbangan, Isnin menyatakan Kemenhub juga memberikan dukungan proses penyambutan dan protokoler di bandara tanpa mengabaikan proses kontrol sesuai ketentuan. “Beberapa bandara sekitar Bali juga disiapkan untuk pesawat tamu yang perlu inap. Rute internasional kami tawarkan sesuai agreement yang ada dan kami dukung realisasinya,” ujarnya.

Baca Juga AirAsia Ride Segera Mengaspal di Indonesia

Selain itu, dia mengungkapkan Kemenhub juga akan mendukung kelancaran dan keberhasilan beberapa acara sampingan atau side event menuju G20. Dengan demikian, hal tersebut bisa membantu kematangan persiapan di penerbangan. Khususnya di bandara yang akan mendukung penuh acara puncak pada November ini.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan Luhut meminta secara khusus kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi agar menambah tiket pesawat dan penerbangan yang terkoneksi dengan Bali menyusul tingginya tingkat permintaan jelang G20. Luhut menyebut jumlah wisatawan ke Bali mengalami peningkatan signifikan dalam beberapa bulan terakhir pascapandemi.

Dia pun menerima laporan bahwa jumlah penumpang ke Bali telah meningkat lebih dari 123% terutama jelang penyelenggaraan G20. Alhasil, banyak yang hendak melakukan pemesanan tiket pesawat jelang G20, tapi kesulitan mendapatkan tiket.

Baca Juga Lukas Enembe Beralasan Sakit

“Saya sudah ingatkan Menhub agar booking pesawat connecting dari Singapura dan dari manapun masuk ke Bali persiapan G20 ini bisa ditambah,” ujarnya, Selasa (27/9/2022).

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Jelang G20 Indonesia: Kemenhub Percepat Izin Extra Flight

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Mendagri Resmikan Papua Barat Daya Menjadi Provinsi ke-38

      Provinsi Papua Barat Daya resmi menjadi provinsi ke-38 di Indonesia.

      Keluarga Korban Gagal Ginjal Akut pada Anak Gugat Kemenkes & BPOM ke Pengadilan

      Para wakil korban gagal ginjal akut pada anak menggugat Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dan sejumlah industri farmasi.

      2 Hakim Agung Ditangkap, Ketua Mahkamah Agung: Kami Hormati Tindakan Hukum KPK

      MA menghormati proses penegakan hukum yang dilakukan KPK terhadap dua hakim agung, yaitu Sudrajad Dimyati (SD) dan Gazalba Saleh (GS).

      Kejagung Hentikan Penyidikan Kasus Dugaan Korupsi di BPJS Ketenagakerjaan

      Kejagung menghentikan proses penyidikan perkara dugaan tindak pidana korupsi di BPJS Ketenagakerjaan.

      Mantan Wakil Ketua KPK Erry Riyana Terima Penghargaan Antikorupsi dari Qatar

      Mantan Wakil Ketua KPK, Erry Riyana Hardjapamekas, menerima penghargaan tertinggi di bidang pemberantasan korupsi dari Pemerintah Qatar.

      Kasus Korupsi Jiwasraya: Kejagung Sita Aset Benny Tjokro Seluas 33,9 Hektare

      Kejagung kembali menyita aset milik Benny Tjokrosaputro dalam perkara tindak pidana korupsi PT Asuransi Jiwasraya (persero) dan PT ASABRI (persero).

      Poltracking: Kepuasan Terhadap Pemerintahan Jokowi Melesat Jadi 73,2 Persen

      Tingkat kepuasan terhadap kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo–Ma’ruf Amin sempat mengalami fluktuasi, tetapi sepanjang 2022 relatif terus mengalami peningkatan

      Korsleting, Dugaan Penyebab Kebakaran Gedung Kemenkumham

      Penyebab kebakaran gedung Kemenkumham diduga karena korsleting.

      Sempat Vakum, Pameran Fotografi Ujian Akhir Semester di UNS Solo Digelar Lagi

      Mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2021 UNS Solo menggelar pameran fotografi bertajuk Documentary Komunikaxxi pada Senin-Rabu (5-7/12/2022).

      Polemik UU KUHP, Asita: Tak Ada Pembatalan Massal Wisatawan ke Bali

      Lebih dari satu juta orang Australia mengunjungi Indonesia setiap tahun dengan banyak yang terbang ke Bali, untuk berbagai kegiatan.

      Polemik UU KUHP, Australia Ingatkan Warganya Hati-hati di Indonesia

      Lebih dari satu juta orang Australia mengunjungi Indonesia setiap tahun dengan banyak yang terbang ke Bali, untuk berbagai kegiatan.

      Aiptu Warsito Terpilih jadi Kusir Kereta Kaesang-Erina, Ini Rekam Jejaknya

      Pemilihan Aiptu Warsito sebagai kusir kereta kuda Kaesang ternyata karena rekam jejaknya.

      Ada 52 Juta Penerima Bansos Fiktif, Kerugian Negara Capai Rp31 Triliun!

      Data fiktif 52 juta penerima bansos itu berpotensi merugikan negara hingga lebih dari Rp31 triliun.

      97 Pabrik Direlokasi ke Jateng, Lowongan Kerja Menanti

      Puluhan pabrik baru tersebut bakal menempati wilayah di berbagai tempat di Jawa Tengah.

      Ditinjau Presiden, Ini Penampakan Rumah Tahan Gempa Milik Yonif Raider 300

      Kepala BNPB Suharyanto menjelaskan rumah tahan gempa itu merupakan salah satu skema untuk perbaikan rumah warga terdampak gempa Cianjur.