SOLOPOS.COM - AirAsia.com

Solopos.com, JAKARTA–Layanan ride hailing, AirAsia Ride, superapp yang dikembangkan Capital A (awalnya AirAsia Group) segera mengaspal di Indonesia.

Untuk diketahui, AirAsia Super App menawarkan kepegawaian tetap kepada pengemudi yang ingin bergabung.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Umum Asosiasi Pengemudi Ojek Daring Garda Indonesia Igun Wicaksono menyambut positif jika hal tersebut terealisasi.

Menurut Igun, sistem kepegawaian tetap yang ditawarkan AirAsia Super App dapat menjadi daya tarik di tengah permintaan pengemudi ojek daring untuk diangkat sebagai pekerja, bukan sekadar mitra.

“Dengan masuknya AirAsia SuperApp dalam ekosistem bisnis digital transportasi di Indonesia dengan konsep berbeda dari aplikator yang sudah eksisting saat ini yang menerapkan sistem kemitraan lalu AirAsia SuperApp akan menerapkan konsep sistem kepegawaian tetap atau menjadi karyawan bagi para pengemudi ojek daringnya merupakan hal yang patut disambut secara positif,” kata Igun, Minggu (25/9/2022).

Dia mengatakan pengemudi ojek daring sulit mendapatkan kesejahteraan apabila hanya berstatus mitra.

Apabila ditetapkan sebagai pegawai, terang Igun, maka para pengemudi bisa mendapatkan hak-hak sebagai pekerja seperti tunjangan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Asosiasi yakin sebagian pengemudi ojek daring dari perusahaan-perusahaan aplikator yang ada saat ini akan sangat antusias untuk bisa bergabung di perusahaan aplikasi AirAsia SuperApp. Yang akan menjadi fokus ketertarikan para pengemudi ojek daring pastinya pada penerapan adanya gaji pokok dan tunjangan sebagai pekerja,” ujarnya.

Dalam waktu dekat, Igun berharap pihak AirAsia Super App bisa segera mensosialisasikan sistem bisnis mereka dan dapat berkomunikasi dengan asosiasi.

Adapun layanan AirAsia Ride tersebut saat ini baru beroperasi di Malaysia, belum meluncur di Indonesia. Mereka menawarkan iming-iming keuntungan bagi calon driver.

Berdasarkan laman resmi AirAsia driver, sejumlah manfaat yang didapatkan antara lain, biaya jasa aplikasi yang lebih rendah, yakni biaya komisi cuma 15%.

Selain itu, ada manfaat Allstar untuk menikmati fasilitas penerbangan, makanan, dan kursus. Terakhir, skema insentif yang lebih banyak usai driver mencapai tujuan mingguan.

AirAsia juga akan menawarkan gaji tetap bulanan untuk para driver ojol di Malaysia.

Menurut laporan, besaran gaji yang ditawarkan mulai dari RM 3.000 per bulan atau setara Rp10 juta.

Dilansir dari Channel News Asia (CNA), AirAsia mengungkap rencana ekspansinya ke bisnis ride-hailing yang bisa diakses melalui aplikasi ponsel.

Salah satu destinasinya yakni Bali, yang merupakan destinasi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Pihak AirAsia Super App mengatakan tengah bersiap untuk merekrut pengemudi di Bali yang berorientasi terhadap pelayanan dan interaksi yang baik dengan wisatawan.

“DNA kami ada di bisnis perjalanan. Kami mengetahui bisni tersebut dengan baik, kami mengetahui perilaku wisatawan, kami tahu aspek-aspek ekosistem yang diharapkan oleh orang-orang saat melakukan perjalanan wisata,” kata Country Head AirAsia Super App Delly Nugraha kepada CNA pekan lalu, Senin (12/9/2022).

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul AirAsia Ride Segera Mengaspal di Indonesia, Driver Ojol Minat Gabung?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya