AirAsia Ride Segera Mengaspal di RI, Karyawan Tetap Jadi Andalan

Asosiasi Pengemudi Ojek Daring Garda Indonesia menyambut positif sistem kepegawaian tetap yang ditawarkan AirAsia Super App.

 AirAsia.com

SOLOPOS.COM - AirAsia.com

Solopos.com, JAKARTA–Layanan ride hailing, AirAsia Ride, superapp yang dikembangkan Capital A (awalnya AirAsia Group) segera mengaspal di Indonesia.

Untuk diketahui, AirAsia Super App menawarkan kepegawaian tetap kepada pengemudi yang ingin bergabung.

PromosiTokopedia Card Jadi Kartu Kredit Terbaik Versi The Asian Banker Awards 2022

Ketua Umum Asosiasi Pengemudi Ojek Daring Garda Indonesia Igun Wicaksono menyambut positif jika hal tersebut terealisasi.

Menurut Igun, sistem kepegawaian tetap yang ditawarkan AirAsia Super App dapat menjadi daya tarik di tengah permintaan pengemudi ojek daring untuk diangkat sebagai pekerja, bukan sekadar mitra.

“Dengan masuknya AirAsia SuperApp dalam ekosistem bisnis digital transportasi di Indonesia dengan konsep berbeda dari aplikator yang sudah eksisting saat ini yang menerapkan sistem kemitraan lalu AirAsia SuperApp akan menerapkan konsep sistem kepegawaian tetap atau menjadi karyawan bagi para pengemudi ojek daringnya merupakan hal yang patut disambut secara positif,” kata Igun, Minggu (25/9/2022).

Dia mengatakan pengemudi ojek daring sulit mendapatkan kesejahteraan apabila hanya berstatus mitra.

Apabila ditetapkan sebagai pegawai, terang Igun, maka para pengemudi bisa mendapatkan hak-hak sebagai pekerja seperti tunjangan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Asosiasi yakin sebagian pengemudi ojek daring dari perusahaan-perusahaan aplikator yang ada saat ini akan sangat antusias untuk bisa bergabung di perusahaan aplikasi AirAsia SuperApp. Yang akan menjadi fokus ketertarikan para pengemudi ojek daring pastinya pada penerapan adanya gaji pokok dan tunjangan sebagai pekerja,” ujarnya.

Dalam waktu dekat, Igun berharap pihak AirAsia Super App bisa segera mensosialisasikan sistem bisnis mereka dan dapat berkomunikasi dengan asosiasi.

Adapun layanan AirAsia Ride tersebut saat ini baru beroperasi di Malaysia, belum meluncur di Indonesia. Mereka menawarkan iming-iming keuntungan bagi calon driver.

Berdasarkan laman resmi AirAsia driver, sejumlah manfaat yang didapatkan antara lain, biaya jasa aplikasi yang lebih rendah, yakni biaya komisi cuma 15%.

Selain itu, ada manfaat Allstar untuk menikmati fasilitas penerbangan, makanan, dan kursus. Terakhir, skema insentif yang lebih banyak usai driver mencapai tujuan mingguan.

AirAsia juga akan menawarkan gaji tetap bulanan untuk para driver ojol di Malaysia.

Menurut laporan, besaran gaji yang ditawarkan mulai dari RM 3.000 per bulan atau setara Rp10 juta.

Dilansir dari Channel News Asia (CNA), AirAsia mengungkap rencana ekspansinya ke bisnis ride-hailing yang bisa diakses melalui aplikasi ponsel.

Salah satu destinasinya yakni Bali, yang merupakan destinasi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Pihak AirAsia Super App mengatakan tengah bersiap untuk merekrut pengemudi di Bali yang berorientasi terhadap pelayanan dan interaksi yang baik dengan wisatawan.

“DNA kami ada di bisnis perjalanan. Kami mengetahui bisni tersebut dengan baik, kami mengetahui perilaku wisatawan, kami tahu aspek-aspek ekosistem yang diharapkan oleh orang-orang saat melakukan perjalanan wisata,” kata Country Head AirAsia Super App Delly Nugraha kepada CNA pekan lalu, Senin (12/9/2022).

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul AirAsia Ride Segera Mengaspal di Indonesia, Driver Ojol Minat Gabung?

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Unik! Ada Pohon Natal Terbuat dari Produk UMKM di Harris Pop! Hotel Solo

      Harris Pop! Hotel Solo mendirikan tiga pohon natal dengan konsep unik untuk menyambut perayaan natal tahun 2022.

      Apartemen Meikarta Kembali Bermasalah, Pengembang Buka Suara

      PT Lippo Cikarang Tbk. (LPCK) selaku pengembang Apartemen Meikarta yang dianggap bermasalah oleh konsumen akhirnya buka suara.

      OJK Terbitkan Ketentuan Batas Maksimum Pemberian Kredit BPR dan BPRS

      OJK menerbitkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 23/2022 tentang Batas Maksimum Pemberian Kredit BPR dan Batas Maksimum Penyaluran Dana BPRS.

      Jelang Akhir Tahun Harga Pangan Cenderung Naik, Minyak dan Gula Pasir Melejit

      Harga sejumlah komoditas pangan terpantau naik pada Jumat (9/12/2022) hari ini, terutama untuk minyak goreng dan gula pasir.

      Proyek Meikarta Diduga Bermasalah, Ratusan Konsumen Tuntut Pengembalian Dana

      Proyek apartemen Meikarta yang dibangun oleh PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) diduga bermasalah.

      Melejit Jelang Akhir Pekan! Cek Harga Emas Pegadaian, Jumat 9 Desember 2022

      Harga emas yang dijual di Pegadaian Rabu (6/12/2022) hari ini, terpantau turun untuk Antam dan cetakan UBS.

      Daftar Orang Terkaya di Indonesia Versi Forbes, Duo Hartono Kokoh di Puncak

      Pemilik Grup Djarum Hartono bersaudara masih kokoh menempati posisi puncak dengan akumulasi kekayaan yang meningkat dibandingkan dengan tahun lalu.

      IHSG Diprediksi Bisa Rebound, Cek Saham-Saham Ini

      Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan akan rebound ke level 6.860-6.880 pada perdagangan Jumat (9/12/2022) ini.

      Sambut Akhir Pekan, Berikut Jadwal Perjalanan KRL Solo-Jogja Hari Ini

      Simak jadwal perjalanan KRL Solo-Jogja atau Commuterline pada hari ini, Jumat (9/12/2022).

      Begini Roadmap dan Peran MIND ID dalam Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik

      Holding BUMN bidang pertambangan, MIND ID, terlibat dalam pengembangan mobil listrik sebagai bagian dari upaya mengurangi emisi.

      RUU PPSK Atur Soal Bank Emas, Pengawasan di Bawah OJK

      Pemerintah dan DPR telah menyepakati dan menandatangani Rancangan Undang-undang terkait Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (RUU PPSK) atau omnibus law keuangan pada hari ini, Kamis (8/12/2022).

      Dorong Pemeratan Pembangunan, Jateng Butuh Tiga Poros Kawasan Ekonomi

      Butuh beberapa upaya untuk akselerasi pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah (Jateng). Salah satunya upaya itu adalah dengan membentuk tiga poros kawasan ekonomi untuk pemerataan pembangunan.

      RUU PPSK Diteken, Dewan Komisioner OJK Bertambah Jadi 11 Anggota

      RUU PPSK yang sudah diteken pemerintah dan DPR mengatur tentang penambahan dua pekerjaan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) menjadi 11 anggota.

      Kabupaten Blora Simpan Banyak Potensi Investasi, Migas hingga Mal

      Blora mejadi salah satu kabupaten di Jawa Tengah (Jateng) yang kini juga tengah menggenjot pertumbuhan ekonominya melalui sektor investasi.

      Tok! RUU PPSK Resmi Diteken Pemerintah dan DPR

      Pemerintah dan panitia kerja Komisi XI DPR RI telah menyepakati dan menandatangani Rancangan Undang-undang Pengembangan dan Penguatan Sektor (RUU PPSK) untuk selanjutnya dibawa ke tingkat II dalam Rapat Paripurna.