Kemendag Ungkap Ada 2.300 Peluang Bisnis Waralaba, Siapa Berminat?

Pada 2020 bisnis waralaba di Indonesia masih tetap berkontribusi dalam penyerapan 628.000 tenaga kerja dan mencatat omzet tidak kurang dari Rp54,4 miliar.

 Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. (Antara)

SOLOPOS.COM - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. (Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Bisnis waralaba lokal kini menguasai pasar dalam negeri, bahkan mulai merambah ke pasar regional, sehingga Indonesia tidak lagi menjadi pasar bagi waralaba asing. Hal itu diungkapkan Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi secara virtual, Selasa (7/12/2021), saat meresmikan acara Indonesia Franchise Forum dan BizFest 2021 yang digelar secara hybrid.

“Saya sangat bangga bahwa saat ini Indonesia tidak lagi menjadi pasar bagi waralaba asing. Karena waralaba lokal sudah menjadi tuan rumah dan menguasai pasar dalam negeri bahkan mulai merambah ke pasar regional,” ujar dia. Mendag optimistis dengan kolaborasi antara pemerintah, dunia usaha, dan asosiasi, maka waralaba Indonesia dapat menguasai dan menembus pasar global, serta mampu berdaya saing.

PromosiKisah Kesaktian Sunan Bayat, Mengutuk Penyamun Jadi Manusia Domba

Lutfi menambahkan dampak pandemi Covid-19 terhadap dunia usaha masih dirasakan hingga saat ini, termasuk pada sektor waralaba. Oleh sebab itu, dia meminta agar para pelaku usaha waralaba harus mampu beradaptasi dengan kondisi normal baru, di mana lebih banyak masyarakat beraktivitas di rumah.

Baca juga: E-Commerce Asal Malaysia, PG Mall Siap Ramaikan Pasar Indonesia

“Meskipun demikian, kita harus tetap optimistis. Pada 2020 bisnis waralaba di Indonesia masih tetap berkontribusi dalam penyerapan 628.000 tenaga kerja dan mencatat omzet tidak kurang dari Rp54,4 miliar,” ujar Mendag.

Lebih lanjut, Mendag menerangkan pemerintah terus mendorong pengembangan bisnis waralaba dalam negeri, karena potensi pasar besar dan menjanjikan. Melalui Indonesia Frenchise Forum dan BizFest yang digelar 7-13 Desember 2021, Mendag berharap para pelaku usaha waralaba dapat memperoleh masukan yang positif dalam pengembangan bisnis waralaba Indonesia, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Potensial Dikembangkan

Sementara itu, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan mendorong masyarakat untuk memanfaatkan sebanyak 2.300 peluang bisnis waralaba di dalam negeri yang potensial untuk dikembangkan.

“Peluang bisnis waralaba yang saya terima ada 2.300. Itu bisa dijadikan peluang bisnis. Pemerintah hadir untuk memastikan peluang bisnis ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” kata dia dalam forum tersebut, Selasa.

Baca juga: BRI dan OVO Kolaborasi Bikin Kartu Kredit, Ini Benefit bagi Pengguna

Oke menerangkan usaha yang boleh diwaralabakan adalah usaha yang sudah pasti menguntungkan minimal selama lima tahun. Menurut Oke, omzet di sektor waralaba mencapai Rp54,5 miliar dan menciptakan 600.000 lebih lapangan pekerjaan, sehingga turut berkontribusi menggeliatkan perekonomian nasional.

Menurut dia, terdapat 124 bisnis waralaba dari luar negeri yang masuk ke pasar dalam negeri yang terdaftar. Sementara di dalam negeri terdapat 107 bisnis waralaba yang juga terdaftar.

Pada kesempatan tersebut, Oke juga mengapresiasi tiga asosiasi yang berkolaborasi untuk memajukan usaha waralaba dan lisensi, yakni Asosiasi Franchise Indonesia, Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia, dan Asosiasi Lisensi Indonesia. “Ketiga asosiasi ini memberikan peran dalam membuka lapangan pekerjaan. Walaupun di era pandemi Covid-19, pertumbuhannya stabil di 5 persen,” pungkas dia.

Baca juga: 70 Persen Anak Muda Berminat Kembangkan Usaha Berbasis Kreativitas

Sumber: Antara

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Dorong UMKM Naik Kelas, BRI Salurkan 32,34% KUR Hingga April 2022

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk atau BRI terus menyiapkan banyak strategi untuk mendorong pelaku UMKM naik kelas.

Ada 3 Metode Pembayaran Jalan Tol Via MLFF, Ini Perbedaannya

Ada tiga metode pembayaran jalan tol setelah sistem pembayaran tol nontunai nirsentuh atau MLFF berlaku pada akhir 2022.

Pasar Gelap Masih Membayangi, GIMNI Usul Minyak Goreng Curah Disetop

Direktur Eksekutif GIMNI Sahat Sinaga mengeluhkan keberadaan black market atau pasar gelap yang membuat harga di pasaran terdistorsi.

Jelang Akhir Pekan Rebound! Cek Harga Emas Pegadaian, Jumat 20 Mei 2022

Menjelang akhir pekan, harga emas 24 karat yang dijual di Pegadaian pada hari ini, Jumat (20/5/2022) terpantau naik untuk cetakan Antam maupun UBS.

Tegas! Ini Pesan Jokowi untuk Aparat Hukum Soal Mafia Minyak Goreng

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan aparat hukum untuk terus menyelidiki mafia minyak goreng yang merugikan banyak pihak.

Tawarkan Bunga Tinggi, Allo Bank Target Jaring 1 Juta Nasabah Sepekan

PT Allo Bank Tbk. (BBHI) menawarkan bunga tinggi bagi masyarakat yang bersedia menyimpang uang di rekening Allo Bank.

IHSG Diprediksi dalam Tekanan Global, Saham-Saham Bisa Menguat?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi menguat terbatas pada perdagangan Jumat (20/5/2022) ini.

Transaksi Tokopedia Naik, Ini Tren Belanja 2021 di Jawa Tengah dan Solo

Tren belanja Tokopedia mencatat pertumbuhan positif.

BEI Resmikan 10 Galeri Investasi Lagi di Soloraya, Ini Daftarnya

Guna mendukung program literasi, Bursa Efek Indonesia (BEI) terus membuka galeri investasi di Soloraya melalui kolaborasi dengan berbagai instansi.

Larangan Ekspor Dicabut, Gapki Siap-Siap Ekspor CPO Lagi?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya membuka aliran ekspor minyak goreng dan crude palm oil (CPO). 

Implementasi MLFF akan Dilakukan Bertahap

Penerapan sistem transaksi nontunai nirsentuh atau MLFF akan dilaksanakan akhir 2022 dan bertahap di beberapa ruas jalan tol.

Akan Gantikan E-Toll di Indonesia, Ini Cara Kerja MLFF

Cara kerja MLFF pengganti kartu tol ini memungkinkan kendaraan tidak berhenti untuk membayar karena menggunakan sistem satelit mengukur dan menentukan kalkulasi tarif yang dipotong melalui aplikasi di smartphone.

Keran Ekspor CPO Dibuka, Gapki: Terima Kasih Pak Jokowi

Gapki akan berkoordinasi dengan eksportir dan pengusaha kapal yang biasa mengekspor setelah dibukanya kembali keran ekspor minyak goreng dan CPO oleh Presiden Jokowi dan berlaku Senin (23/5/2022).

Larangan Ekspor CPO, Pendapatan Negara Melayang Rp6 Triliun per Bulan

Negara kehilangan potensi pendapatan sekitar Rp6 triliun setiap bulannya akibat larangan ekspor crude palm oil atau CPO dan turunannya.

Erick Thohir: BUMN Tak Boleh Berhenti Dukung Ekonomi Rakyat

Ada sejumlah program yang dibuat sebagai bentuk BUMN dukung ekonomi rakyat.