Ilustrasi jemaah haji asal Banyumas. (Antara-Istimewa)

Solopos.com, PURWOKERTO — Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menjadwalkan perekaman biometrik untuk pembuatan paspor bagi calon haji yang akan diberangkatkan pada musim haji tahun 2020.

"Jadwal perekaman biometrik sudah dijadwalkan namun masih menunggu konfirmasi dari Kantor Imigrasi Cilacap, kami menargetkan bulan Februari ini telah tuntas," kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Banyumas Purwanto Hendro Puspito di Purwokerto, Jawa Tengah, Kamis (23/1/2020).

Setelah ada konfirmasi dari Kantor Imigrasi Cilacap, pihaknya segera menginformasikannya kepada seluruh calon haji. Dia menambahkan saat ini sudah 100% calon haji asal wilayah setempat mengumpulkan persyaratan paspor haji.

"Seluruh calon haji asal Banyumas sudah mengumpulkan berkas pembuatan paspor dan telah dipastikan lengkap," katanya.

Dengan demikian, kata dia, calon haji tinggal melaksanakan perekaman biometrik, foto sidik jari, dan wawancara untuk mendukung pembuatan paspor haji. Dia juga kembali mengingatkan kepada seluruh calon haji untuk menyiapkan dokumen asli yang diperlukan saat proses pembuatan paspor.

"Harapan kami saat pembuatan paspor di Kantor Imigrasi, seluruh calon haji sudah membawa seluruh dokumen asli yang diperlukan," katanya.

Dokumen asli yang perlu dipersiapkan calon jemaah haji, antara lain KTP, KK, surat nikah, akta lahir hingga ijazah guna keperluan pengurusan paspor. Kuota haji Kabupaten Banyumas pada 2020 tercatat 1.120 orang.

Kendati demikian, imbuh dia, penetapan kuota tersebut masih bersifat sementara sehingga masih ada kemungkinan mengalami perubahan. "Masih bersifat sementara bisa jadi ada perubahan atau bisa saja masih dapat bertambah jumlahnya," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber: Antara


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten