SOLOPOS.COM - Ilustasi pembagian paspor calon haji oleh Satgas PPIH. (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, PURWOKERTO — Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas mengimbau calon haji tahun keberangkatan 2020 segera melengkapi dokumen yang menjadi persyaratan untuk pembuatan paspor.

"Hingga saat ini kami masih mempersiapkan proses pembuatan paspor haji tahun keberangkatan 2020, namun masih ada calon haji yang belum melengkapi berkas persyaratan," kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Banyumas Purwanto Hendro Puspito di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (31/10/2019).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kemenag Banyumas menargetkan pada November 2019 seluruh dokumen yang diperlukan sudah lengkap. "Karena itu kami mengingatkan lagi calon haji yang belum mengumpulkan untuk segera melengkapi dokumen yang diperlukan," katanya.

Pihaknya, tegas dia, segera mengajukan formulir permohonan pembuatan paspor haji ke Kantor Imigrasi Cilacap. "Kalau dokumen belum lengkap maka proses verifikasi dan validasi belum bisa dilakukan sehingga belum bisa mengajukan jadwal pembuatan paspor haji ke kantor Imigrasi Cilacap," katanya.

Dia berharap, proses pengumpulan dokumen akan berlangsung lancar sesuai target sehingga tidak menghambat agenda berikutnya. "Setelah proses pembuatan paspor tuntas, kami akan mengagendakan perekaman biometrik dan sidik jari," katanya.

Untuk itu, pihaknya telah mengirimkan surat pemberitahuan kepada seluruh calon haji. Sebelumnya, dia juga menginformasikan bahwa kuota haji untuk Kabupaten Banyumas pada 2020 sebanyak 1.120 orang.

"Jumlah kuota untuk tahun depan sebanyak 1.120 orang atau lebih sedikit dibanding kuota tahun 2019 yang sebanyak 1.147 orang," katanya.

Kendati demikian, kata dia, penetapan kuota tersebut masih bersifat sementara sehingga masih ada kemungkinan mengalami perubahan. "Masih bersifat sementara bisa jadi ada perubahan bisa saja bertambah atau lebih banyak dibanding tahun 2019 ini," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya