Kelar Direhab, 4 Stadion Pendamping Manahan Solo Dikelola Pihak Ketiga?

Empat lapangan dan stadion mini pendamping Stadion Manahan Solo yang sudah selesai direhab bakal diserahterimakan kepada Pemkot Solo.

 Sejumlah legislator Komisi III DPRD Solo saat mengecek Lapangan atau Stadion Mini Cengklik, Nusukan, Banjarsari, Solo, Kamis (6/1/2022) siang. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Sejumlah legislator Komisi III DPRD Solo saat mengecek Lapangan atau Stadion Mini Cengklik, Nusukan, Banjarsari, Solo, Kamis (6/1/2022) siang. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Empat lapangan atau stadion mini pendamping Stadion Manahan sebagai venue Piala Dunia U-20 pada 2023 mendatang bakal diserahkan ke Pemerintah Kota (Pemkot) Solo pada pekan ini.

Empat lapangan tersebut direnovasi berbarengan dengan penataan Stadion Manahan yang dimulai November 2020 lalu. Anggaran renovasi kelima lapangan itu mencapai Rp78,8 miliar.

PromosiJalur Pendakian Kuno Gunung Lawu dan Legenda Prabu Brawijaya V

Baca Juga: Ganjar-Gibran Meriahkan Peluncuran PeSONas 2022 di Stadion Manahan Solo

Selain empat lapangan tersebut, Stadion Mini Cengklik juga bakal diserahterimakan. Hal itu disampaikan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, Sabtu (15/1/2022).

Empat lapangan pendukung itu adalah Stadion Sriwedari, Lapangan Kottabarat, Lapangan Sriwaru, dan Lapangan Banyuanyar. Penataan menyasar seluruh rumput yang dibikin berkualitas sama dengan stadion utama serta dibangun fasilitas ruang ganti dan toilet untuk dua kesebelasan sepak bola.

Baca Juga:  Waduh! Rumput Stadion Manahan Solo Berlubang di Sejumlah Bagian

Kemudian lapangan pendamping Stadion Manahan Solo itu juga dilengkapi lighting atau pencahayaan sehingga bisa digunakan untuk latihan pagi maupun malam.

“Iya, sedang disiapkan berkasnya untuk tanda tangan serah terima, barengan dengan peresmian Pasar Legi,” katanya. Gibran mengakui beban berat Pemkot saat lapangan-lapangan itu diserahterimakan.

Baca Juga: Kerja Keras Merawat Rumput Stadion Manahan Solo

Perawatan dan pengelolaan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pemkot. Pemeliharaan lapangan-lapangan itu butuh anggaran yang tak sedikit, namun ia meyakini Pemkot mampu.

Gibran menambahkan beberapa lapangan sudah ada yang mau mengelola, yakni pihak ketiga, utamanya tim-tim profesional.

Baca Juga: Viral Foto Ruang Ganti Stadion Manahan Solo Rusak, Gibran: Rasah Ribut

“Ya, kami harus mampu untuk mengelola, karena sudah dipasrahi lapangan sebagus itu masak mau enggak mampu, ya sebisa mungkin kami rawat. Kalau enggak kami serahkan ke pihak ketiga. Bisa jadi bentuknya badan layanan umum daerah [BLUD],” tutupnya.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Tragedi Tabung Gas Bocor di Mojosongo Solo, 2 Nyawa Melayang

Dua orang meninggal dunia akibat luka bakar tersambar api dari gas bocor di lokasi industri tahu dan tempe Mojosongo, Jebres, Solo.

Ini Politikus PDIP yang Berpotensi Gantikan Sukamto di DPRD Sragen

Naniek Budhi Darmawati berpotensi jadi anggota DPRD Sragen menggantikan Sukamto yang meninggal dunia pada Rabu (18/5/2022).

BPS Wonogiri Adakan Sensus Penduduk Lanjutan, untuk Apa?

Badan Pusat Statistik (BPS) Wonogiri mengadakan sensus penduduk lanjutan pada Mei-Juni 2022. Sensus tersebut merupakan tahapan kedua sensus penduduk 2020.

Sumeni, Mata-Mata Sragen Legendaris Penakluk Tentara Belanda

Indonesia memiliki salah satu mata-mata legendaris semasa perjuangan mempertahankan kemerdekaan RI. Sumeni salah satunya. Ia dikenal dengan kehebatannya "menaklukkan" tentara Belanda di Sragen.

1 Jam, Bupati Jekek Bicara Rentenir hingga Kemiskinan di Wonogiri

Selama lebih kurang satu jam, Bupati Wonogiri, Joko Sutopo atau akrab disapa Jekek berbicara banyak soal upaya pengentasan rentenir, kaum boro, hingga pengentasan kemiskinan.

Breaking News! Jalan Solo-Semarang di Boyolali Macet, Ada Kecelakaan

Akibat kecelakaan tersebut arus lalu lintas di jalur Solo-Semarang maupun sebaliknya tersendat.

2 Jembatan di Weru Sukoharjo Diresmikan, Warga Gak Perlu Lagi Memutar

Kedua jembatan tersebut merupakan akses penghubung antarpedukuhan di Desa Krajan, Kecamatan Weru.

Terbanyak di Jawa Tengah, Segini Jumlah Masjid di Klaten

Kabupaten Klaten tercatat memiliki jumlah masjid paling banyak di Jawa Tengah, berapa sih?

Fantastis! Kambing Milik Peternak di Kartasura Ini Seharga 2 Ekor Sapi

Kambing boer disebut juga kambing pedaging sesungguhnya, pada umur lima hingga enam bulan, kambing ini dapat mencapai berat 35 kg– 45 kg.

Kisah Mete dan Asa Turunkan Tingkat Kemiskinan di Wonogiri

Cahaya matahari masuk melalui sela-sela dinding gedhek rumah Tari di Desa Tanggulangin, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, Sabtu (14/5/2022).

Jl Menteri Supeno Manahan Solo Harus Bersih, Nasib PKL Gerobak Gimana?

Para PKL yang berjualan menggunakan gerobak di depan pintu utara Stadion Manahan, Jl Menteri Supeno, Solo, mempertanyakan nasib mereka setelah penataan selter selesai.

Ini Lokasi Syuting Film Srimulat di Solo, Ada 3 Titik!

Lokasi syuting film Srimulat: Hil dan Mustahal ternyata dilakukan di Solo dan Sukoharjo. Kira-kira di mana saja ya pengambilan gambarnya?

KKN di Rumah Kosong Klaten Tak Kalah Seram dengan KKN di Desa Penari

Selain KKN Desa Penari, cerita tentang KKN di Rumah Kosong Klaten yang viral di tahun 2022 dinilai tidak kalah seram.

Profil Lulu Group, Peritel Raksasa Asia Yang Segera Ekspansi Ke Solo

Peritel raksasa Asia dan Timur Tengah, Lulu Group International, yang segera membuka gerai di Kota Solo, telah memiliki 200 lebih cabang di 22 negara.