SOLOPOS.COM - Api mendekati rumah warga di Cemoro Sewu, lereng Gunung Lawu, perbatasan Karanganyar-Magetan, Minggu (25/10/2015) sore. (Istimewa/Humas Polres Karanganyar)

Kebakaran Lawu yang menjalar di Cemoro Sewu dan Cemoro Kandang memaksa warga sekitar mengungsi.

Solopos.com, MAGETAN — Kebakaran Gunung Lawu masih mengancam permukiman di kawasan Cemoro Sewu dan Cemoro Kandang. Meski pada Minggu (25/10/2015) sore api di Cemoro Sewu sudah dihalau dari kawasan permukiman, api masih belum padam dan memaksa tim rescue mengungsikan warga dari rumah-rumah mereka.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Api masih menyala di Cemoro Sewu, lereng Gunung Lawu, perbatasan Karanganyar-Magetan, Minggu (25/10/2015) malam. (Istimewa/KSR PMI Magetan)

Api masih menyala di Cemoro Sewu, lereng Gunung Lawu, perbatasan Karanganyar-Magetan, Minggu (25/10/2015) malam. (Istimewa/KSR PMI Magetan)

Keterangan yang dihimpun Solopos.com dari Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Magetan menyebutkan saat ini rumah-rumah di jalur menuju Cemoro Sewu sudah dikosongkan. Para penghuni rumah sudah diungsikan ke tempat-tempat yang lebih aman. Sementara itu, tim rescue dari PMI Magetan, SAR Lawu, dan pemadam kebakaran terus berjaga di sekitar pintu masuk jalur pendakian Gunung Lawu itu. Baca: Api Berhasil “Diusir” dari Permukiman.

Api sebenarnya berasal dari kebakaran di Pos IV dan pos III yang sempat menewaskan beberapa pendaki pekan lalu. Pada Sabtu (25/10/2015), kebakaran di sekitar Cemoro Sewu sebenarnya sudah mereda, namun diduga karena tiupan angin dan cuaca panas, api kembali membesar hari ini.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, api yang menjalar di jalur pendakian Cemoro Sewu, Magetan, Jawa Timur, nyaris mendekati permukiman warga di sekitar Cemoro Sewu dan jalan raya di wilayah Karanganyar. Namun petang ini, api berhasil diusir.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, api hanya berjarak 200-300 meter dari rumah warga di sekitar pintu masuk Cemoro Sewu. Jarak api semakin dekat dibandingkan kondisi pada Jumat (23/10/2015) lalu dan hanya 500 meter dari permukiman.

“Iya sudah sampai di atas rumah. Tetapi, belum mengenai rumah warga. Ada sekitar 43 rumah di dekat pintu masuk Cemoro Sewu. Jam 14.00 WIB tadi, kalau sekarang [17.00 WIB] masih proses,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magetan, Agung Lewis, saat dihubungi Solopos.com, Minggu (25/10/2015).

 

KLIK DI SINI untuk Berita Lain Kebakaran Lawu:
Api Dekati Rumah Warga di Cemoro Sewu
Api Berhasil “Diusir” dari Permukiman
Warga Karanganyar Terancam Terpapar Asap Kebakaran
Inilah Foto-Foto Terbaru Api Lawu,,,

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya