Kaya Manfaat, Wonogiri Galakkan Penanaman Kacang Sacha Inchi

Penanaman kacang sacha inchi mulai digalakkan di Kabupaten Wonogiri.

 Pengelola Koperasi Santri Indonesia (Kosasi) yang bertindak sebagai perusahaan mitra petani kacang sacha inchi di Wonogiri, Joni Arisanto (kedua dari kiri), sedang menjelaskan khasiat kacang sacha inchi kepada Wakil Bupati Wonogiri, Setyo Sukarno (kiri), Selasa (13/9/2022). (Solopos.com/Luthfi Shobri M.)

SOLOPOS.COM - Pengelola Koperasi Santri Indonesia (Kosasi) yang bertindak sebagai perusahaan mitra petani kacang sacha inchi di Wonogiri, Joni Arisanto (kedua dari kiri), sedang menjelaskan khasiat kacang sacha inchi kepada Wakil Bupati Wonogiri, Setyo Sukarno (kiri), Selasa (13/9/2022). (Solopos.com/Luthfi Shobri M.)

Solopos.com, WONOGIRI — Penanaman kacang sacha inchi mulai digalakkan di Kabupaten Wonogiri. Kacang tersebut mulanya hidup di hutan tropis amazon namun diklaim dapat tumbuh dan berkembang di Kabupaten Wonogiri.

Winarno, salah seorang warga Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri disebut-sebut sebagai pionir penanam kacang sacha inchi di Kabupaten Sukses. Ia mulai menanam kacang yang berasal dari daratan Amerika Latin itu sejak awal 2021. Lahannya berlokasi di Desa Kedungrejo, Kecamatan Nguntoronadi.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

“Awalnya ada teman yang menawari kacang sacha inchi, saya disuruh menanam. Dikasih biji sebanyak satu kilogram, saya bagi-bagi dengan warga sekitar untuk ditanam,” kisahnya kepada Solopos.com, Selasa (13/9/2022).

Pada proses penanaman, tak semua warga melanjutkan hingga masa panen. Selain karena belum mengetahui manfaat kacang sacha inchi, sebagian warga tak mau melanjutkan penanaman lantaran belum mengetahui pasarnya.

Kendati demikian, Winarno tak menyerah. Ia tetap merawat dan menunggu masa panen kacang sacha inchi tiba. Jangka waktu yang ia butuhkan sekitar enam bulan.

Baca Juga: Kisah Nyoto, Nelayan Pertama di WGM Wonogiri yang Belajar secara Autodidak

“Sesudah panen, saya cicipi, enggak enak. Saya juga ragu mau melanjutkan. Tapi setelah saya cari-cari info di internet ternyata kandungannya luar biasa. Kacang sacha inchi mengandung omega 3, omega 6, dan omega 9. Bisa digunakan untuk penanggulangan stunting,” ujarnya.

Kini, Winarno tak hanya sebagai petani tapi juga penyuplai bibit sacha inchi. Salah satu yang tertarik dengan kacang sacha inchi, yakni Joni Arisanto dari Koperasi Santri Indonesia atau Kosasi. Selain Wonogiri, Joni juga telah mengembangkan kemitraan penanaman kacang sacha inchi di daerah lain, di antaranya Sragen, Karanganyar, Trenggalek, dan lain-lain.

“Saya setor bibit kacang sacha inchi ke Pak Joni. Bibit itu lalu didistribusikan ke petani di daerah lain, agar ikut dikembangkan. Jadi sistemnya kemitraan. Pak Joni memberi bibit untuk ditanam warga, sementara saat panen, warga menyetor hasilnya ke Pak Joni,” terangnya.

Kepada Solopos.com, Joni mengaku proyek kemitraan kacang sacha inchi sudah dimulai sekitar sembilan bulan lalu. Ia yakin dapat menarik banyak orang ikut menanam kacang sacha inchi karena pendaftaran mitra yang sederhana, perawatan mudah, tanpa modal, dan produk yang kaya manfaat.

Baca Juga: Petani Tembakau Wonogiri Ini Tetap Santuy meski Cukai bakal Naik, Ini Alasannya

“Bagi yang mau mendaftar sebagai mitra kami cukup menunjukkan KTP [kartu tanda penduduk] dan memiliki lahan. Kami harapkan lahannya seluas 1.000-2.000 m2. Setelah ditanami dan panen, hasilnya dijual kepada kami. Kalau dilihat ternyata petani ini punya potensi untuk melanjutkan penanaman kacang. Kami programkan mereka agar bisa berangkat umrah. Itu sesuai dengan tagline kami, yaitu Gerakan Menanam Gratis Umrah,” papar Joni.

Joni memastikan, para petani mitranya tak mengeluarkan uang sepeser pun. Di samping itu, ia yakin telah menjawab permasalahan petani, yaitu siap membeli hasil panenan.

“Kami patok harga dasar Rp5.000/kg. Itu sudah paling bawah dan seharusnya tidak turun lagi. Tapi justru naik. Konsep mitra kami itu kan petani punya lahan, punya tenaga. Sementara perusahaan enggak punya lahan dan tenaga. Jadi kami menyiapkan bibit dan pupuk. Yang pasti kami berikan kepastian harga kepada petani,” imbuh dia.

Selama menjajaki bisnis tanam kacang sacha inchi di Wonogiri hampir setahun, Kosasi mengaku telah memiliki mitra petani sebanyak 35-40 orang. Mereka tersebar di sejumlah daerah.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Gas Air Mata Penyebab Asfiksia, Mati Lemas Kurang Oksigen di Tragedi Kanjuruhan

      Gas Air Mata Penyebab Asfiksia, Mati Lemas Kurang Oksigen di Tragedi Kanjuruhan

      Gas air mata hingga mengakibatkan penghirupnya mengalami asfiksia diduga menjadi penyebab utama jatuhnya ratusan korban jiwa pada tragedi di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) malam.

      Berita Terkini

      Agenda Solo Hari Ini: Fashion Show By Sosialita di SBF, Krenova di STP

      Agenda Kota Solo hari ini, Selasa (4/10/2022), akan ada Denny Caknan yang tampil di panggung hiburan Sekaten, Solo Batik Fashion, dan wayang orang Sriwedari.

      Stok Vaksin Covid-19 di Solo Habis, Ini Langkah Wali Kota Gibran

      Stok vaksin Covid-19 di Solo habis sejak awal Oktober dan sudah mengajukan stok ke Dinkes Jateng

      Tekan Inflasi, Klaten Galakkan Tanam Sejuta Pohon Cabai

      Pemkab Klaten menggalakkan menanam sejuta pohon cabai sebagai upaya menekan inflasi.

      Berlokasi di Perbatasan Sukoharjo-Karanganyar, Pasar Sedayu Milik Sukoharjo

      Pasar Sedayu terdapat 34 pedagang kios dan 132 pedagang los yang mayoritas menjajakan busana, bahan makanan berupa sayuran, makanan ringan, dan kebutuhan pokok, serta hewan ternak.

      Kepiting Jadi Program Andalan Puskesmas Juwangi Boyolali Tekan Angka Stunting

      Program Kepiting bertujuan memantau dan mengendalikan angka stunting di Kecamatan Juwangi.

      Kabel PT Telkom Senilai Puluhan Juta Rupiah Dicuri, Begini Cara Pelaku Beraksi

      Sindikat pencuri kabel Telkom membawa beragam peralatan seperti linggis, kapak, pasak hingga balok kayu untuk mempermudah mengangkat gulungan kabel.

      HUT Ke-77 TNI, Kodim 0726/Sukoharjo Undang Tukang Becak Makan Bersama

      Dalam rangka memperingati HUT ke-77 TNI, Kodim 0726/Sukoharjo mengundang tukang becak, pemulung, penyapu jalanan, dan petugas kebersihan makan bersama.

      Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini: Berawan lalu Gerimis saat Sore

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Rabu (5/10/2022), diprediksi berawan saat pagi hingga siang kemudian hujan dengan intensitas ringan saat sore.

      Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini: Aman! Berawan Pagi hingga Malam

      Prakiraan cuaca Sukoharjo hari ini, Rabu (5/10/2022) diprediksi berawan sepanjang hari menurut BMKG.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 5 Oktober 2022, Lebih Bersahabat

      Informasi mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini, Rabu (5/10/2022), bisa Anda baca pada artikel ini.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 5 Oktober 2022, Dominan Berawan

      Info lengkap prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Rabu (5/10/2022), bisa Anda simak di sini.

      Prakiraan Cuaca Solo Rabu 5 Oktober: Berawan Sepanjang Hari dan Tidak Hujan

      Prakiraan cuaca Kota Solo pada Rabu (5/10/2022) ini menurut prakiraan cuaca dari BMKG akan berawan sepanjang dan tidak ada potensi hujan.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Rabu Ini: Berawan Sepanjang Hari

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Rabu 5 Oktober 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Rabu Ini: Berawan Pagi-Malam

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Rabu 5 Oktober 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Los Dol hingga Medot Janji, Denny Caknan Hibur 3.000 Penonton di Sekaten Solo

      Penyanyi asal Ngawi, Denny Caknan, sukses menghibur ribuan penonton lewat lagu-lagu andalannya di panggung hiburan Sekaten di Alkid Keraton Solo, Selasa (4/10/2022) malam.

      4 Oknum TNI-Polri Tertangkap Curi Kabel Telkom di Solo, Warganet: Ngisin-isini!

      Warganet dibuat geram dengan ulah empat anggota TNI-Polri yang terlibat komplotan tukang curi kabel Telkom di Solo.