Kasus Naik Lagi, Jekek: Covid-19 Enggak Bisa Ditangkal dengan Akik

Joko Sutopo menegaskan Covid-19 tidak dapat ditangkal hanya dengan akar bahar, akik, atau benda lain yang dianggap memiliki kekuatan tertentu.

 Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Wonogiri yang juga Bupati Wonogiri, Joko Sutopo (kiri), memberi keterangan ihwal pencegahan penularan Covid-19 di Setda Wonogiri, Kamis (27/1/2022). (Solopos.com/Rudi Hartono)

SOLOPOS.COM - Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Wonogiri yang juga Bupati Wonogiri, Joko Sutopo (kiri), memberi keterangan ihwal pencegahan penularan Covid-19 di Setda Wonogiri, Kamis (27/1/2022). (Solopos.com/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI—Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Wonogiri mulai naik sejak beberapa hari terakhir. Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, mengatakan peningkatan kasus itu karena penerapan protokol kesehatan (prokes) mulai kendur.

Joko Sutopo menegaskan Covid-19 tidak dapat ditangkal hanya dengan akar bahar, akik, atau benda lain yang dianggap memiliki kekuatan tertentu. Senjata melawan Covid-19 adalah disiplin menjalankan prokes dan vaksinasi Covid-19.

PromosiJejak Pabrik Serat Nanas Pemasok Eropa di Mojogedang Karanganyar

Dia menyampaikan hal itu karena masih ada sebagian kecil warga yang apatis dengan upaya penanggulangan Covid-19 yang digencarkan, tetapi lebih percaya pada hal lain.

Baca Juga: Duh, Kasus Aktif Covid-19 di Wonogiri Naik Lagi

“Kami sudah menyiapkan strategi, seperti menggelar vaksinasi booster secara serentak di 25 kecamatan. Pelaksanaannya di kantor kecamatan atau puskesmas akan ditentukan secepatnya. Sasaran prioritas tetap orang lansia [lanjut usia]. Tapi sasaran lain juga kami petakan. Selain itu tes cepat antigen secara acak di tempat-tempat publik di berbagai wilayah. Itu untuk memetakan laju infeksi di lapangan untuk kepentingan penanganan lebih lanjut,” ulas Jekek, sapaan akrab Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, seusai menggelar rapat koordinasi (rakor) secara virtual bersama Satgas Covid-19 tingkat kecamatan dan tingkat desa/kelurahan di Setda, Kamis (27/1/2022).

Berdasar data yang Solopos.com peroleh, kasus aktif terkonfirmasi positif Covid-19 meningkat mulai Sabtu (22/1/2022) lalu. Sebelumnya hanya ada satu kasus aktif.

Lalu pada Rabu-Jumat (19-21/1) tidak ada penambahan kasus. Kemudian pada Sabtu kasus bertambah empat kasus, Minggu (23/1/2022) bertambah empat kasus lagi, Senin (24/1/2022) bertambah satu kasus, Selasa (25/1/2022) bertambah enam kasus, dan Rabu (26/1/2022) bertambah satu kasus.

Baca Juga: Polwan Wonogiri Pastikan Jemaah Salat Jumat Taat Prokes Covid-19

Dalam lima hari itu kasus bertambah 16 kasus. Total kasus hingga Rabu itu ada 17 kasus. Hingga Rabu tercatat ada tiga warga terkonfirmasi positif Covid-19 yang dirawat di rumah sakit.

Hingga Sabtu pekan lalu Pemkab mengirim 12 sampel untuk diperiksa dengan metode deteksi varian atau whole genome sequencing (WGS). Sebanyak delapan sampel dinyatakan varian Delta dan hasil pengujian empat sampel lainnya belum keluar.

Kapolres Wonogiri, AKBP Dydit Dwi Susanto, mengaku sudah menginstruksikan personel Polsek agar bersama personel Koramil, petugas puskesmas, dan unsur terkait lainnya menggelar operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan. Selain itu perlu mengawasi aktivitas di tempat wisata.

Baca Juga: Round Up: Guru SMP di Wonogiri Meninggal Dunia Terpapar Covid-19

“Tes cepat antigen secara acak di tempat wisata juga tak kalah penting,” ujar Kapolres.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Pemkab Klaim Belum Ada Hewan Ternak Terinfeksi PMK di Wonogiri

Pemkab Wonogiri mengklaim belum menemukan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di wilayah setempat, Kamis (19/5/2022).

Arus Lalu Lintas di TKP Kecelakaan Penggung Boyolali Kembali Lancar

Pada Kamis sore, arus lalu lintas di Jalan Solo-Semarang kawasan Penggung Boyolali kembali lancar. 

2 Orang Meninggal, Begini Kronologi Tragedi Gas Bocor Mojosongo Solo

Tragedi tabung gas bocor di salah satu rumah warga yang juga untuk tempat usaha pembuatan tahu di Krajan, Mojosongo, Solo, mengakibatkan dua orang meninggal dunia.

Keren Lur! WGM Wonogiri akan Dilengkapi Jembatan Kaca Rp4,20 Miliar

Revitalisasi Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur (OW WGM) Wonogiri bakal menelan anggaran senilai Rp28,9 miliar.

Bawakan Lagu "Rahasia" di Unsa, Geisha dan Astrid Bikin Penonton Riuh

Acara Music Showcase Unsa yang digelar Universitas Surakarta (Unsa) berlangsung meriah. Terlebih saat Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Surakarta yang mengelola Unsa, Astrid Widayani, berduet dengan vokalis Geisha.

Adaptif dengan Perubahan, Universitas Surakarta Hadirkan Geisha

Universitas Surakarta (Unsa) menghadirkan grup band Geisha dalam acara Music Showcase Unsa pada Kamis (19/5/2022).

2 Sapi di Plupuh & Tanon yang Terindikasi PMK Dibeli dari 2 Wilayah Ini

Sapi warga Tanon dan Plupuh yang terindikasi terjangkit PMK sebelumnya dibeli dari Purwodadi, Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Ngawi.

Revitalisasi WGM Wonogiri Telan Rp28,9 Miliar, Kapan Mulai Digarap?

Revitalisasi Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur (OW WGM) Wonogiri bakal menelan anggaran senilai Rp28,9 miliar.

Awas, Teknofobia Bisa Hambat Kemajuan Bisnis Pelaku UMKM, Pahami Yuk! 

Teknofobia di kalangan pelaku UMKM harus dihilangkan karena bisa menghambat kemajuan bisnis dan usaha mereka terutama di era digital.

Bawa Produk Garmen, Bus Rosalia Express Masuk Parit di Karanganyar

Menghindari tabrakan, bus Rosalia Express yang mengangkut produk garmen masuk parit di jalan raya Dagen-Tasikmadu, Karanganyar.

Sepatu Aerostreet Klaten: Kualitas Internasional, Harganya Lokal

Kisah unik kali ini datang dari brand sepatu lokal asal Klaten, Aerostreet, yang menjual barang kualitas ekspor dengan harga murah.

Pilkades Baturan Colomadu Digelar 25 Mei, Ini Nama 3 Calon Kadesnya

Salah satu dari tiga calon kades Baturan, Colomadu, Karanganyar adalah pensiunan PNS.

6 Ekor Sapi di Sragen Terindikasi Terkena PMK, Ini Langkah Disnakkan

Enam sapi di dua kecamatan di Sragen terindikasi terjangkit penyakit mulu dan kuku (PMK). Disnakkan bersama BBVet Wates telah mengambil sampel liur sapi tersebut untuk dicek lab.

Seru! Atraksi Paralayang dan Speedboat di Peringatan HUT Wonogiri 2022

Upacara Peringatan HUT ke-281 Kabupaten Wonogiri digelar di Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri, Kamis (19/5/2022) pagi.

Lokasi Laka Maut 2 Truk di Teras Boyolali Ternyata Rawan Kecelakaan

Untuk mengatasi kerawanan laka, Budi mengatakan Satlantas Polres Boyolali selalu melakukan evaluasi jika di suatu tempat sering terjadi laka lantas.