Kasus Covid-19 Wonogiri Naik, Jekek Minta PTM 100 Persen Dievaluasi

Jekek menilai perlu ada strategi baru untuk mencegah penularan Covid-19 varian Omicron di lingkungan satuan pendidikan.

 Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Wonogiri yang juga Bupati Wonogiri, Joko Sutopo (kiri), memberi keterangan ihwal pencegahan penularan Covid-19 di Setda Wonogiri, Kamis (27/1/2022). (Solopos.com/Rudi Hartono)

SOLOPOS.COM - Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Wonogiri yang juga Bupati Wonogiri, Joko Sutopo (kiri), memberi keterangan ihwal pencegahan penularan Covid-19 di Setda Wonogiri, Kamis (27/1/2022). (Solopos.com/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI—Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, meminta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) melaporkan evaluasi pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen berbasis hari yang sudah dilaksanakan. Laporan itu menjadi bahan kajian untuk menentukan langkah berikutnya.

Lelaki yang akrab disapa Jekek tersebut menilai perlu ada strategi baru untuk mencegah penularan Covid-19 varian Omicron di lingkungan satuan pendidikan.

PromosiGagasan dr. Wahidin Sudirohusodo Sebagai Pelopor Kebangkitan Nasional

Hal itu disampaikan Joko Sutopo dalam forum rapat koordinasi (rakor) Satgas Penanganan Covid-19 tingkat kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan, secara virtual, di Setda Wonogiri, Kamis (27/1/2022).

Baca Juga: Duh, Kasus Aktif Covid-19 di Wonogiri Naik Lagi

“Apakah nanti dari PTM 100 persen [berbasis hari] dibuat PTM terbatas, 50 persen siswa PTM dan 50 persen siswa PJJ [pembelajaran jarak jauh], nanti akan ditentukan,” kata Jekek.

Sebagai informasi, sekolah-sekolah di Kabupaten Wonogiri menerapkan PTM 100 persen berbasis hari. Pelaksanaannya, setiap siswa masuk sekolah setiap hari, tetapi jumlah siswa di setiap kelas tidak boleh melebihi 50 persen/pertemuan dari total jumlah siswa setiap kelas.

Berdasar panduan dari Disdikbud Wonogiri, jumlah siswa setiap kelas jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD) maksimal lima anak, SD 14 anak, SMP 16 anak, dan SMA/SMK 18 anak. Ada sekolah yang menerapkan lima hari sekolah. Ada pula yang menerapkan enam hari sekolah.

Baca Juga: Kasus Naik Lagi, Jekek: Covid-19 Enggak Bisa Ditangkal dengan Akik

Jumlah jam pelajaran yang diberikan maksimal enam jam pelajaran/kelas/hari. Satu jam pelajaran jenjang SD berdurasi 35 menit, sedangkan jenjang SMP 45 menit. Sekolah yang jumlah memiliki siswa sedikit dapat menerapkan PTM 100 persen berbasis hari tanpa sif.

PTM 100 persen berbasis hari berbeda dengan PTM terbatas (PTMT). Pada pelaksanaan PTMT, setiap siswa masuk sekolah tiga hari setiap pekan. Tiga hari lainnya siswa menjalani PJJ.

Pemkab Wonogiri belum membuat kebijakan PTM 100 persen berbasis kelas. Jika dilaksanakan PTM tersebut, seluruh siswa di setiap kelas bisa menjalani pembelajaran setiap hari dengan jumlah jam pelajaran maksimal enam jam pelajaran/hari.

Baca Juga: Dana Desa untuk Penanganan Covid-19, Begini Curhat Kades di Wonogiri

Bupati Joko Sutopo saat ditemui Solopos.com seusai rakor, menyampaikan kasus aktif terkonfirmasi positif Covid-19 mulai naik. Hingga Selasa (25/1/2022) tercatat ada 16 kasus aktif terkonfirmasi positif.

Warga terkonfirmasi positif Covid-19 tidak bergejala sehingga menjalani karantina mandiri. Beberapa hari terakhir penambahan kasus harian lebih banyak dibanding sebelumnya. Bahkan, sebelumnya sering tidak ada penambahan. Jika tambah pun hanya tambah satu kasus.

 

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Adaptif dengan Perubahan, Universitas Surakarta Hadirkan Geisha

Universitas Surakarta (Unsa) menghadirkan grup band Geisha dalam acara Music Showcase Unsa pada Kamis (19/5/2022).

2 Sapi di Plupuh & Tanon yang Terindikasi PMK Dibeli dari 2 Wilayah Ini

Sapi warga Tanon dan Plupuh yang terindikasi terjangkit PMK sebelumnya dibeli dari Purwodadi, Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Ngawi.

Revitalisasi WGM Wonogiri Telan Rp28,9 Miliar, Kapan Mulai Digarap?

Revitalisasi Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur (OW WGM) Wonogiri bakal menelan anggaran senilai Rp28,9 miliar.

Awas, Teknofobia Bisa Hambat Kemajuan Bisnis Pelaku UMKM, Pahami Yuk! 

Teknofobia di kalangan pelaku UMKM harus dihilangkan karena bisa menghambat kemajuan bisnis dan usaha mereka terutama di era digital.

Bawa Produk Garmen, Bus Rosalia Express Masuk Parit di Karanganyar

Menghindari tabrakan, bus Rosalia Express yang mengangkut produk garmen masuk parit di jalan raya Dagen-Tasikmadu, Karanganyar.

Sepatu Aerostreet Klaten: Kualitas Internasional, Harganya Lokal

Kisah unik kali ini datang dari brand sepatu lokal asal Klaten, Aerostreet, yang menjual barang kualitas ekspor dengan harga murah.

Pilkades Baturan Colomadu Digelar 25 Mei, Ini Nama 3 Calon Kadesnya

Salah satu dari tiga calon kades Baturan, Colomadu, Karanganyar adalah pensiunan PNS.

6 Ekor Sapi di Sragen Terindikasi Terkena PMK, Ini Langkah Disnakkan

Enam sapi di dua kecamatan di Sragen terindikasi terjangkit penyakit mulu dan kuku (PMK). Disnakkan bersama BBVet Wates telah mengambil sampel liur sapi tersebut untuk dicek lab.

Seru! Atraksi Paralayang dan Speedboat di Peringatan HUT Wonogiri 2022

Upacara Peringatan HUT ke-281 Kabupaten Wonogiri digelar di Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri, Kamis (19/5/2022) pagi.

Lokasi Laka Maut 2 Truk di Teras Boyolali Ternyata Rawan Kecelakaan

Untuk mengatasi kerawanan laka, Budi mengatakan Satlantas Polres Boyolali selalu melakukan evaluasi jika di suatu tempat sering terjadi laka lantas.

Kabar Duka, Kades Jambeyan Sragen Meninggal Dunia Mendadak

Kades Jambeyan, Slamet Prabowo, meninggal mendadak pada Rabu (18/5/2022) petang. Ia tidak sakit sebelumnya dan masih datang ke kantor pagi harinya.

7 Rekomendasi Wisata Dekat Stasiun Solo Balapan, Ada yang Buka 24 Jam

Solopos.com merekomendasikan tujuh tempat wisata dekat Stasiun Solo Balapan, ada yang buka 24 jam dan ada yang harus memesan dahulu sebelum berkunjung.

Kecelakaan Boyolali: Mobil Tabrak Hik Gegara Hindari Truk Tetiba Belok

Pria yang dalam perjalanan dari Jogja menuju Tengaran itu membanting setir ke arah kiri namun malah menabrak warung hik di pinggir jalan.

Tragedi Gas Bocor Mojosongo Solo: Korban Mau Nolong Tapi Malah Kena Api

Salah satu korban meninggal dalam tragedi tabung gas bocor di Mojosongo, Solo, EP, bermaksud menolong korban lainnya tapi malah terkena sambaran api.

Insiden Mobil Nyasar ke Alas Grojogan Sewu, Warga: Bisa Karena Faktor X

Warga sekitar Grojogan Sewu, Tawangmangu, Karanganyar ada yang mengaitkan insiden mobil nyasar korban google map dengan kejadian mistis.