SOLOPOS.COM - Petugas Damkar Satpol PP Sragen berusaha memadamkan api yang melalap kandang ayam di Dukuh Semporejo RT 028, Jambangan, Mondokan, Sragen, Jumat (13/12/2019) malam. (Istimewa)

Solopos.com, SRAGEN — Kandang ayam berukuran 40 meter x 10 meter milik Tarman, 50, warga Dukuh/Desa Jambangan RT 023, Kecamatan Mondokan, Sragen, yang terletak di Dukuh Semporejo RT 028, ludes dilalap api pada Jumat (13/12/2019) malam pukul 21.00 WIB. Sebanyak 4.000 ekor ayam mati terpanggang.

Tak hanya itu, peralatan kandang juga hangus sehingga kerugian material diperkirakan mencapai Rp150 juta. Peristiwa tersebut sempat dilaporkan ke Unit Pemadam Kebakaran (Damkar) Sragen. Api berhasil dipadamkan pada pukul 24.00 WIB.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sragen, Sugeng Priyono, mengatakan kandang itu memang milik Yatman. Namun kandang ayam itu disewa Efendi Pujo Buntoro, 55, warga Dukuh/Desa Jambangan RT 029.

Nyalon Lewat PDIP Jateng, Gibran Rakabuming Siap Dijewer Rudy

“Peristiwa itu bermula pada pukul 19.00 WIB, Efendi menerima bibit ayam sebanyak 4.000 ekor. Anakan ayam itu dimasukan dalam kandang yang dipasangi alat penghangat. Setelah itu Efendi pulang untuk mandi. Sekitar pukul 21.00 WIB, Efendi kembali ke kandang. Ia kaget karena kondisi kandang sudah terbakar. Ia minta tolong warga dan warga ada yang melapor ke tim Damkar,” ujar Sugeng saat dihubungi Solopos.com, Sabtu (14/12/2019).

Sugeng mengatakan kebakaran itu diduga karena selang gas menuju alat penghangat bocor sehingga terbakar. Dia mengatakan kerugian korban karena kebakaran itu meliputi anakan ayam sebanyak 4.000 ekor, tabung elpiji 3 kg sebanyak 25 tabung, enam oven penghangat kandang, perlatan elektronik kandang, dan bangunan kandang seluas 400 meter persegi.

Viral! Cewek yang Mandi Keramas di Atas Motor Akhirnya Minta Maaf

Pemadaman dilakukan dengan melibatkan 39 personel gabungan Tim Damkar, BPBD, dan para sukarelawan SAR, TNI, Polri, puskesmas, PMI, PLN, dan warga lainnya.

Terpisah petugas lapangan Damkar Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sragen Lilik Slamet mewakili Kepala Satpol PP Sragen Heru Martono menambahkan akses jalan ke lokasi kandang cukup sempit sehingga menyulitkan mobil pemadam masuk. Penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti.

Kemendikbud: Kelulusan Siswa Tak Cuma Ditentukan Nilai Pelajaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya