Kalahkan Jerman 2-1, Ternyata Ini Kunci Kemenangan Jepang

Jepang membuat kejutan di Piala Dunia 2022 dengan mengalahkan juara dunia empat kali Jerman 2-1 di Khalifa Stadium, Rabu (23/11/2022) malam.

 Pemain Jepang Daichi Kamada (kiri) dan Ritsu Doan merayakan gol ke gawang Jerman pada laga perdana Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Ar-Rayyan, Rabu (23/11/2022) malam WIB. (Twitter @FIFAWorldCup)

SOLOPOS.COM - Pemain Jepang Daichi Kamada (kiri) dan Ritsu Doan merayakan gol ke gawang Jerman pada laga perdana Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Ar-Rayyan, Rabu (23/11/2022) malam WIB. (Twitter @FIFAWorldCup)

Solopos.com, JAKARTA—Jepang membuat kejutan di Piala Dunia 2022 dengan mengalahkan juara dunia empat kali Jerman 2-1 di Khalifa Stadium, Rabu (23/11/2022) malam. Ini merupakan kemenangan Jepang pertama atas Jerman.

Pelatih Jepang Hajime Moriyasu menggambarkan kemenangan comeback Jepang 2-1 melawan Jerman sebagai momen bersejarah. “Saya percaya ini adalah momen bersejarah, kemenangan bersejarah. Jika saya memikirkan perkembangan sepak bola Jepang, kami telah membangunnya. Ini kejutan besar dan kami sekarang mencapai standar global,” ungkapnya dikutip dari The Guardian pada Kamis (24/11).

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Kemenangan itu juga sebenarnya tidak lepas dari strategi jitu Moriyasu. Mantan pemain Sanfrecce Hiroshima ini menerapkan formasi 4-4-1-1 di babak pertama. Jepang mengandalkan agresivitas para pemainnya seperti Junya Ito dan Takefusa Kubo untuk menggedor pertahanan Jerman.

Baca Juga: Data dan Fakta Menarik Jelang Laga Piala Dunia 2022 Belgia vs Kanada

Sementara, di lini depan, Moriyasu mengandalkan kreativitas dari Daichi Kamada yang moncer bersama klub Bundesliga Eintracht Frankfurt serta striker Glasgow Celtic, Daizen Maeda. Hasilnya, pada menit-menit awal Jepang sempat mencetak gol hasil dari sontekan Daizen Maeda yang kemudian dianulir wasit karena offside.

Namun, agresivitas Jepang dibalas oleh Jerman yang juga kerap kali merepotkan pertahanan tim Samurai Biru itu.

Di lini pertahanan, Jepang memasang dua full back senior yakni Hiroki Sakai yang pernah berseragam Marseille dan Yuto Nagatomo yang pernah membela Inter Milan. Hasilnya, Jerman berhasil menguasai pertandingan.

Baca Juga: Babak Pertama Rampung, Tim Panser Jerman Gilas Jepang 1-0

Lalu, melalui penalti Ilkay Gündogan pada menit ke-33, Jerman berhasil memimpin babak pertama dengan skor 1-0. Ketertinggalan dari Jerman membuat Moriyasu memutar otak dan mengganti formasi pada babak kedua.

Samurai Biru beralih dari formasi 4-4-1-1 menjadi 3-4-3. Takefusa Kubo yang bermain di sisi kiri Jepang digantikan oleh bek tangguh asal Arsenal, Takehiro Tomiyasu pada menit ke-46. Masuknya Tomiyasu membuat Jepang mempunyai tiga bek yang mengawal lini pertahanan babak kedua, yakni Tomiyasu, Maya Yoshida, dan Ko Itakura.

Formasi ini membantu memberikan stabilitas tambahan di lini belakang serta opsi passing keluar dari pertahanan. Kemudian, dalam membantu serangan, Moriyasu memasukan Kaoru Mitoma dan Takuma Asano menggantikan Nagatomo serta Daizen Maeda.

Baca Juga: Hasil Piala Dunia 2022, Maroko Paksa Kroasia Imbang Tanpa Gol

Pada menit ke-71, Ritsu Doan pun masuk menggantikan Ao Tanaka. Lalu, Takumi Minamino masuk menggantikan Hiroki Sakai. Hasilnya, serangan tajam dari sisi kiri membuka jalan bagi Ritsu Doan untuk mencetak gol melalui rebound.

Serangan terus digencarkan oleh Jepang dan pada menit 83, penetrasi Takuma Asano berhasil membuahkan gol serta menjadi penentu kemenangan Jepang. “Ini adalah tiga poin besar bagi kami dan itu bukan pertandingan yang mudah. Kami mengadopsi pertahanan man-to-man di babak kedua dan berhasil. Itu sebabnya kami bisa menang,” kata Tomiyasu dikutip dari ESPN.

Kemenangan Jepang atas Jerman ini menjadi modal untuk melaju ke fase 16 besar. Jepang kini berada di klasemen kedua di bawah Spanyol yang menang 7-0 melawan Kosta Rika. Selanjutnya Jepang akan menghadapi Kosta Rika pada Minggu (27/11).

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Ternyata ini Kunci Kemenangan Jepang Atas Tim Panser

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Hasil Piala Dunia 2022: Kalahkan Denmark, Prancis Tim Pertama Lolos ke 16 Besar

      Dua gol Kylian Mbappe membawa Prancis mengemas poin sempurna dari dua laga mereka di fase grup Piala Dunia 2022.

      Persis Solo Kalah Telak dari Persebaya di Manahan, Ini Komentar Coach Rasiman

      Persis Solo dikalahkan Persebaya Surabaya dengan skor telak di Stadion Manahan Solo.

      Live Streaming Piala Dunia 2022: Argentina Vs Meksiko, Magis Messi!

      Lionel Messi diharapkan mampu menghadirkan “magis” untuk membantu Argentina meraih kemenangan krusial pada laga melawan Meksiko di penyisihan Grup C Piala Dunia 2022 nanti.

      Taman Tertua di Qatar Jadi Arena FIFA Fan Festival, Didatangi 98.000 Pengunjung

      Al Bidda Park yang terletak di jantung kota Doha dan kerap disebut denyut nadi utama Qatar mampu menampung hingga 40.000 orang.

      Hasil Polandia Vs Arab Saudi (2-0): Ini Klasemen Grup C Piala Dunia 2022

      Robert Lewandowski mencetak gol untuk membantu kemenangan timnya atas Arab Saudi dengan skor 2-0 pada penyisihan Grup C Piala Dunia 2022.

      Prediksi Skor Argentina Vs Meksiko di Piala Dunia 2022: Siap-Siap Deg-Degan!

      Lionel Messi dkk. harus bisa membawa Timnas Argentina mengalahkan Timnas Meksiko untuk menjaga asa mereka dalam persaingan di Piala Dunia 2022 Qatar kali ini.

      Hasil Pertandingan Piala Dunia 2022: Australia Menyodok ke Peringkat Kedua

      Australia kini mengemas poin 3 dan berada di bawah Prancis yang nyaman di peringkat pertama klasemen sementara Grup D Piala Dunia 2022.

      Prediksi Skor Piala Dunia 2022: Prancis Vs Denmark, Ayam Jantan Diunggulkan

      Prancis diunggulkan untuk bisa mengalahkan Denmark pada penyisihan Grup D Piala Dunia 2022 malam ini.

      Hasil Piala Dunia 2022 Duke Bawa Australia Unggul atas Tunisia di Babak Pertama

      Gol Australia ke gawang Tunisia di babak pertama tercipta pada menit ke-23.

      Prediksi Skor Piala Dunia 2022 Malam Ini: Polandia Vs Arab Saudi, Percaya Diri!

      Skor pertandingan Polandia Vs Arab Saudi diprediksi ketat. Polandia wajib menang, Arab Saudi pun dalam kepercayaan diri tinggi setelah mengalahkan Argentina di laga pembuka mereka di Piala Dunia 2022.

      Profil Timothy Weah: Putra Presiden Liberia, Cetak Gol untuk Amerika Serikat

      Timothy Weah lahir dan besar di New York, Amerika Serikat, serta mengembangkan bakat sepak bolanya di negara tersebut.

      Prediksi Skor Piala Dunia 2022: Tunisia Vs Australia, Ketat!

      Sejumlah laman di Eropa memprediksi skor pertandingan Piala Dunia 2022 antara Tunisia Vs Australia akan sangat ketat dengan jumlah gol kecil.

      Live Streaming Piala Dunia 2022 Hari Ini: Tunisia Vs Australia, Penuh Tekanan!

      Tunisia dan Australia sama-sama dalam tekanan untuk memenangi pertandingan sore ini di penyisihan Grup D Piala Dunia 2022.

      Hasil dan Klasemen Piala Dunia 2022: Three Lions Tetap Kuasai Grup B

      Inggris tetap memuncaki klasemen Grup B Piala Dunia 2022 meskipun hanya bermain imbang 0-0 melawan Amerika Serikat (AS) pada  pertandingan kedua Grup B di Stadion Al Bayt.

      Hasil Piala Dunia 2022: Inggris dan AS Bermain Kacamata

      Inggris gagal mengatasi Amerika Serikat (AS) dan hanya bermain imbang 0-0 pada lanjutan Grup B Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt.

      Hasil dan Klasemen Piala Dunia 2022: Belanda dan Ekuador Pimpin Grup A

      Belanda dan Ekuador menempati posisi teratas klasemen sementara Grup A Piala Dunia 2022 seusai bermain imbang 1-1 pada lanjutan Grup A Piala Dunia 2022 di International Khalifa Stadium Ar-Rayyan.