SOLOPOS.COM - Kapten Kroasia Luka Modric gagal mengalahkan Maroko pada laga perdana Grup F Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt yang berakhir 0-0, Rabu (23/11/2022). (Twitter @FIFAWorldCup)

Solopos.com, SOLOKroasia harus melalui laga perdana Grup F Piala Dunia 2022 dengan hasil imbang tanpa gol melawan Maroko di Stadion Al Bayt, Al Khor, Qatar, Rabu (23/11/2022).

Ini merupakan laga imbang tanpa gol ketiga di Piala Dunia 2022 setelah Meksiko vs Polandia di Grup C dan Denmark vs Tunisia di Grup D. Secara keseluruhan hasil ini menjadi pertandingan yang berakhir imbang keempat di Qatar setelah Amerika Serikat berbagi angka 1-1 dengan Wales di Grup B.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Berdasarkan catatan Transfermarkt, Kroasia mendominasi penguasaan bola 65 persen berbanding 35 persen. Namun Maroko lebih banyak melakukan percobaan tembakan ke gawang yaitu 8 berbanding 5. Namun tidak ada tembakan Maroko yang on target. Sedangkan 2 tendangan Kroasia yang on target.

Baca Juga: Babak Pertama Usai, Maroko Imbangi Kroasia 0-0

Dipimpin Luka Modric, Kroasia menerapkan formasi 4-3-3  dengan mengandalkan Ivan Perisic, Andrej Kramaric, Nikola Vlasic di lini serang.

Adapun Maroko menempatkan Youssef En-Nesyri sebagai ujung tombak di depan trio Hakim Ziyech, Selim Amallah, dan Soufiane Boufal dalam formasi 4-2-3-1.

Pada awal laga, Maroko mengancam melalui tembakan keras kaki kiri Hakim Ziyech. Namun kiper Kroasia Dominik Livakovic berhasil menggagalkan tembakan dari kotak penalti itu.

Baca Juga: Data dan Fakta Menarik Jelang Laga Piala Dunia 2022 Jerman vs Jepang

Pada menit ke-19, giliran tembakan Sofiane Boufal dari sisi kotak penalti setelah menerima assist Azzedine Ounahi yang dimentahkan Livakovic.

Sementara Kroasia mengancam gawang Maroko pada menit-menit akhir pertandingan. Nikola Vlasic sudah sangat dekat dengan gawang Maroko saat melepaskan tembakan seusai menerima assist menyilang Borna Sosa. Namun penampilan gemilang penjaga gawang Yassine Bounou memantahkan peluang tersebut.

Pada injury time giliran Luka Modric yang nyaris mencetak gol. Namun sayang tembakan kaki krinya dari luar kotak penalti masih terlalu tinggi dari mistar gawang Maroko. Pertandingan babak pertama antara Maroko dan Kroasia pun berakhir imbang tanpa gol.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia Hari Ini: Ada Jerman vs Jepang, Spanyol vs Kosta Rika

Memasuki babak kedua, jual beli serangan masih terjadi. Pada menit ke-51 upaya tembakan dilakukan oleh Sodiane Boufall yang masih dimentahkan penjaga gawang Livakovic. Tak lama berselang sundulan  Noussair Mazraoui  masih bisa diselamatkan Livakovic.

Kroasia membalas melalui Dejan Lovren tak lama berselang. Hanya upayanya masih diblok kiper  Yassine Bounou.

Pergantian pemain dilakukan Maroko pada menit ke-60, Noussair Mazraoui digantikan Yahya Attiat-Allah dan Soufiane Boufal digantikan Abde Ezzalzouli lima menit kemudian.

Kroasia juga melakukan hal yang sama. Andrej Kramaric keluar digantikan Marko Livaja dan Lovro Majer masuk menggantikan Mateo Kovacic.

 Baca Juga: Data dan Fakta Menarik Jelang Laga Piala Dunia 2022 Jerman vs Jepang

Maroko masih melakukan pergantian pemain untuk menahan gempuran Kroasia. Azzedine Ounahi digantikan Abdelhamid Sabiri dan Youssef En-Nesyri digantikan Abderrazak Hamdallah pada menit ke-81 dan 82.

Kroasia melakukan pergantian pemain terakhir dengan memasukkan Mislav Orsic menggantikan Ivan Perisic pada menit ke-90. Namun pergantian itu tidak mampu mengubah permainan seperti yang diharapkan.

Menjelang laga berakhir Luka Modric mendapatkan peluang melalui tendangan bebas. Akan tetapi upayanya tidak membuahkan hasil. Skor 0-0 bertahan hingga akhir pertandingan.

 

Susunan pemain Maroko vs Kroasia:

Maroko (4-2-3-1)

Yassine Bounou; Achraf Hakimi, Romain Saiss, Nayef Aguerd, Noussair Mazraoui/ Yahya Attiat-Allah 60’; Azzedine Ounahi/ Abdelhamid Sabiri 82’, Sofyan Amrabat; Hakim Ziyech, Selim Amallah, Soufiane Boufal/Abde Ezzalzouli 65’; Youssef En-Nesyri/Abderrazak Hamdallah 81’.



 

Kroasia (4-3-3)

Dominik Livakovic; Borna Sosa, Josko Gvardiol, Dejan Lovren, Josip Juranovic; Mateo Kovacic/Lovro Majer 79’, Marcelo Brozovic, Luka Modric; Ivan Perisic/ Mislav Orsic 90’, Andrej Kramaric/ Marko Livaja 75’, Nikola Vlasic/Mario Pasalic 46’.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya