Kadin Berbagi Solusi Pulihkan Ekonomi Soloraya, Apa Itu?
Ilustrasi Pasar Klewer Solo. Perdagangan besar dan eceran menjadi salah satu tumpuan utama perekonomian Soloraya. (Solopos-Sunaryo Haryo Baru)

Solopos.com, SOLO -- Para pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri atau Kadin sepakat kolaborasi menjadi kunci pemulihan ekonomi Soloraya. Dengan kolaborasi pelaku usaha bisa bertahan sekaligus berkembang di tengah pandemi Covid-19 ini.

Jika kolaborasi tidak dilakukan, maka usaha yang ada bakal kolaps. Hal ini diungkapkan Ketua Kadin Jawa Tengah, Kukrit Suryo Wicaksono, dalam Rapimkota Kadin Solo di Solo Paragon Hotel and Residence, Senin (21/9/2020).

Menurut dia, tak dapat dimungkiri semua pelaku usaha pusing di masa serba tak pasti dan tak bisa diprediksi ini. Akan tetapi, ini bukan berarti Kadin menjadi bagian dari situasi tersebut.

Pertama di Soloraya! 1 Dokter RS Ortopedi Solo Meninggal Akibat Covid-19

“Kadin harus menjadi solusi, menjadi jalan keluar, dan membuat inovasi terbaru. Dari tema Rapimkota yang diusung, yakni Kolaborasi Antar-Stakeholder dalam rangka Percepatan Recovery Ekonomi di Kota Solo Selama Pandemi Covid-19, kuncinya adalah kolaborasi. Di masa sekarang ini, kalau tidak kolaborasi bakal kolaps,” ujar dia, Senin.

Kukrit menjelaskan tantangan pengusaha yang tergabung di Kadin, bukan hanya pandemi, tapi juga perbaikan ekonomi.

Ketua Kadin Solo, Gareng S Haryanto, mengungkapkan tidak mudah berjalan sendiri di masa pandemi sekarang ini.

Miris, Tersangka Fajri Sempat Main Game Online Usai Memutilasi Rinaldi

Bergandengan Tangan

Maka dari itu, dia menekankan pentingnya kolaborasi dan bergandengan tangan, baik dengan pemerintah, stakeholders, akademisi, asosiasi, UMKM, hingga media. Ketua Kadin Solo itu memandang hal ini bisa menjadi solusi pemulihan ekonomi.

“Banyak sektor usaha terdampak, ada pariwisata, transportasi, properti, industri, dan bidang umkm, semua terkena dampaknya. Sebagai pelaku usaha kita harus optimis semangat terus meningkatkan kebersamaan, kerja sama gotong-royong satu dengan yang lainnya,” jelas dia.

Fix, Lahan Tol Solo-Jogja di Klaten Ditetapkan, Pemilik Diminta Tak Lakukan Ini

Gareng menggarisbawahi ada sejumlah program Kadin Solo yang menjadi prioritas sebagai upaya mempercepat recovery ekonomi khususnya pada 2021 mendatang.

Antara lain, ada lima program utama, yakni Solo Great Sale yang mencakup perdagangan, pariwisata, dan kebudayaan dan Solo Creative Expo untuk mempromosikan pengembangan industri kreatif.

Selain itu, pendampingan dan pemberdayaan komunitas UMKM yang berkelanjutan; Solo Heritage MICE sekaligus sebagai branding pariwisata MICE; dan mengoptimalkan Solo Sale menjadi market place sebagai bentuk transformasi ekonomi digital.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom