SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksin Covid-19. (Freepik)

Solopos.com, KARANGANYAR – Puskesmas Jatiyoso melacak kontak erat dari pasien terkonfirmasi positif Covid-19, Kades Tlobo, Heri Waluyo, 44. Heri meninggal pada Selasa (3/11/2020) pukul 23.00 WIB saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Dr Moewardi (RSDM) Solo.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Heri menjalani perawatan di RSDM Solo karena sakit diabetes, paru-paru, dan pembengkakan jantung. Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Karanganyar, Juliyatmono, menyampaikan Heri terkonfirmasi positif Covid-19. Dia menjalani tes swab saat berada di RSDM Solo.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

"Kades Tlobo terkonfirmasi Positif Covid-19 Sabtu. Jadi setelah dirawat di RSDM itu dilakukan tes swab," ujar dia saat dihubungi Solopos.com, Rabu.

Terpapar Covid-19, Kondisi Wali Kota Semarang Panas & Batuk

Sayangnya, dia belum dapat memastikan apakah keluarga, kerabat, perangkat desa, maupun pihak lain yang menjadi kontak erat sudah menjalani tes swab atau belum. Juliyatmono menjelaskan pelacakan kontak erat dilakukan oleh puskesmas setempat.

"Keluarga yang dirumah, perangkat desa. Nanti kami cek dulu. Sudah dapat laporan dari puskesmas tetapi belum diperinci siapa saja yang sudah menjalani tes swab. Pelaporan tes swab kontak erat di wilayah itu menjadi kewenangan puskesmas setempat," tutur dia.

Sementara itu, Pejabat Humas Puskesmas Jatiyoso, Triono, menyampaikan pelacakan terhadap kontak erat dimulai Senin (2/11/2020). Petugas Puskesmas Jatiyoso sudah melakukan pelacakan terhadap keluarga dan kerabat Heri.

"Pelacakan kontak erat tahap satu itu Senin. Ada sekitar delapan sampai sepuluh orang. Itu keluarga semua," kata dia saat berbincang dengan wartawan, Rabu (4/11/2020).

Kisah Makeup Artist Wonogiri Jadi Penyintas Covid-19: Penyakit Ini Nyata

Selain pihak keluarga, petugas Puskesmas Jatiyoso juga melacak kontak erat ke tempat kerja, yaitu Balaidesa Tlobo. Petugas mendapatkan 15 orang perangkat desa.

"Besok [Kamis] mereka akan menjalani tes swab di Kabupaten Karanganyar [UPT Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar]," ujar dia.

Petugas dari Puskesmas Jatiyoso akan mendampingi warga yang dinyatakan sebagai kontak erat saat menjalani tes swab. Triono berharap kondisi seluruh kontak erat sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya