Kabar Duka, Calon Haji asal Jepara Meninggal di Tanah Suci

Kabar duka datang dari Tanah Suci, di mana calon haji asal Kabupaten Jepara, Jawa Tengah (Jateng) meninggal dunia.

 Ilustrasi Ibadah haji (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ibadah haji (Freepik)

Solopos.com, BOYOLALI — Calon haji asal Jawa Tengah (Jateng) yang meninggal dunia di Tanah Suci saat menjalankan ibadah haji bertambah. Kali ini, calon haji asal Jateng yang meninggal dunia di Tanah Suci adalah Muhammad Rodli Taman, 50, warga Kecamatan Pakis Aji, Kabupaten Jepara.

Koordinator Humas Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Sarip Sahrul Samsudin, mengatakan dengan meninggalnya calon haji asal Jepara itu praktis hingga kini sudah ada empat calon haji asal Jateng yang meninggal dunia.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Menurut Sarip, calon haji asal Jepara yang tergabung dalam kloter 3 itu meninggal dunia karena sakit cardiovascular desease. Ia meninggal dunia saat menjalani perawatan di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Merah Putih Arab Saudi, Jumat (1/7/2022), pukul 06.40 waktu setempat atau sekitar pukul 11.40 WIB. Jenazah calon haji asal Jepara tersebut dimakamkan di tempat pemakaman umum, di Sharae Mekah Arab Saudi.

Sebelumnya, calon haji asal Jateng yang meninggal ada tiga orang. Ketiganya yakni Puurnomo Sokariyo Sastro, 60, warga Masaran, Sragen; Subagi Darsono Daud, 59, warga Pucakwangi Pati, dan Yuli Nurani Hidayah, 56, warga Plarangan Kebumen.

Sementara itu calon haji Embarkasi Solo yang masih dirawat dan dirujuk di rumah sakit di Tanah Air, hingga Jumat ini, sebanyak tiga orang dengan perincian satu orang asal Kebumen kloter 27 di Poliklinik Asrama Haji Donohudan, satu orang asal Kabupaten Semarang Kloter 37 di RSUD Dr, Moewardi Solo dan satu lainnya asal Boyolali dari Kloter 35 di RS Deli Serdang.

Baca juga: Innalillahi! Satu Calon Haji asal Pati Meninggal di Tanah Suci

Sedangkan calon haji Embarkasi Solo yang masih dirawat di KKHI Mekkah Arab Saudi sebanyak delapan orang yakni Kloter 9, 10, 11, 12, 13, 27, dan 37, masing-masing satu orang asal Jateng, sedangkan satu lainnya Kloter 35 dirawat di RS King Abdullah Jedah.

PPHI Embarkasi Solo hingga penyelenggaraan ibadah haji memasuki hari ke-28 ini telah memberangkatkan total sebanyak 14.375 orang dari kuota seluruhnya tahun ini, 15.477 orang yang terbagi dalam 43 kloter.

PPIH telah memberangkatkan calon haji asal Kabupaten Temanggung dan Blora tergabung dengan Kloter 40 sebanyak 360 orang ke Tanah Suci, Jumat, pada pukul 10.55 WIB. Kemudian, akan disusul calon haji Kloter 41 asal Blora, Wonogiri, dan Kota Solo, sebanyak 360 orang, pada pukul 18.56 WIB.

Baca juga: Kuota Haji Jateng Berkurang 42% di Tahun 2022, Segini Jatahnya

“Jemaah Embarkasi Solo yang sudah tiba di Tanah Suci, hingga Jumat ini mencapai 14.013 orang,” katanya.

PPIH mengimbau kepada jemaah haji Embarkasi Solo untuk selalu memakai alas kaki, jangan menunggu haus untuk minum, perhatikan kesehatan diri, makan tepat waktu, istirahat yang cukup, dan tetap memakai masker saat beraktivitas di luar ruangan.

Sumber: Antara

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Wow! Pemuda Semarang Ternak Emprit, Harganya Capai Rp10 Juta Per Pasang

      Pemuda asal Kota Semarang membudidayakan burung emprit yang harganya mencapai Rp10 juta per pasang.

      Siswa SMK Semarang yang Terseret Ombak di Parangtritis Belum Ketemu

      Seorang siswa SMK Kartini Semarang yang terseret ombak di Pantai Parangtritis belum ditemukan sampai sekarang.

      Komunitas Sepeda dan Satlantas Grobogan Gelar Detik-Detik Proklamasi

      Komunitas sepeda tua, Satlantas Polres Grobogan dan warga menggelar upacara bendera Detik-Detik Proklamasi di sejumlah ruas jalan.

      Mobil di Grobogan Terbakar, Pemilik Mengalami Luka Bakar

      Satu unit mobil terbakar di Dusun Demangan, Desa Ngabenrejo, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan, Rabu (17/8/2022). Satu orang menderita luka bakar.

      HUT Ke-77 RI, 184 Narapidana Lapas Purwodadi Terima Remisi Umum

      Kemenkum HAM memberikan remisi umum dalam rangka HUT-77 RI kepada 184 narapidana Lapas Kelas II B Purwodadi.

      Siswi SMA N 2 Kudus Jadi Pembawa Bendera Upacara HUT ke-77 RI di Istana

      Siswi SMA N 2 Kudus, Jawa Tengah, I Dewa Ayu Firsty menjadi pembawa bendera merah putih dalam upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (17/8/2022). 

      Prakiraan Cuaca Semarang Hari Ini, Cerah Berawah di Hari Kemerdekaan

      Berikut prakiraan cuaca di Semarang pada hari ini, Rabu (17/8/2022) atau bertepatan dengan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

      Unik! Malam Tirakatan di Purworejo, Warga Malah Diajak Bayar PBB

      Warga Parikesit, Kelurahan Pangenjuru Tengah, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, memiliki cara unik melaksanakan malam tirakatan memperingati HUT ke-77 RI, Selasa (16/8/2022).

      Kronologi Pengeroyokan yang Sebabkan Pemuda di Kendal Meninggal

      Berikut kronologi pengeroyokan yang menyebabkan seorang pemuda di Desa Plantaran, Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal, meninggal dunia.

      PHMI Ingin Ekspansi ke Jateng, Ini Misi yang Diusung

      Perkumpulan Hotel dan Media Indonesia atau PHMI berencana melakukan ekspansi atau melebarkan sayapnya di wilayah Jawa Tengah (Jateng).

      Pelajar SMK Semarang Terseret Ombak Parangtritis, Begini Kata Orang Tua

      Pelajar SMK di Semarang terseret ombak saat berwisata di Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

      Galau Kena Tilang, Pemuda di Semarang Letakkan Sabu-Sabu di Pos Polisi

      Aparat Polrestabes Semarang menangkap seorang pemuda yang berniat meletakkan narkoba jenis sabu-sabu di dekat Pos Polisi Bangkok, Jalan M.T. Haryono.

      Unik, Petugas Satpas SIM Polres Grobogan Pakai Baju Adat dan Pejuang

      Merayakan HUT ke-77 RI, petugas layanan SIM Satlantas Polres Grobogan kenakan baju adat dan pejuang, Selasa (16/8/2022).

      Wow! HUT ke-77 RI, Warga Kudus Bentangkan Bendera Merah Putih 1,44 Km

      Bendera Merah Putih sepanjang 1,44 km terbentang di jalan Desa Honggosoco, Kudus, untuk menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

      Terinspirasi Jokowi, Ganjar Akan Kenakan Baju Adat saat Upacara HUT RI

      Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengaku terkesima dengan baju adat yang dikenakan Presiden Jokowi saat mengikuti Sidang Tahunan MPR.