K.H. Abdullah Syukri Zarkasyi Wafat, Dimakamkan di Gontor Hari Ini
K.H. Abdullah Syukri Zarkasyi. (Gontor.ac.id)

Bisnis.com, JAKARTA –  Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) K.H. Abdullah Syukri Zarkasyi meninggal dunia, Rabu (21/10/2020) pukul 15.50 WIB. Almarhum berpulang dalam usia 78 tahun di kediamannya di Gontor, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Jenazah Abdullah Syukri Zarkasyi rencananya dimakamkam di permakan keluarga Pondok Modern Darussalam Gontor, Kamis (22/10/2020) ini.

Sekretaris Pimpinan PMDG menjelaskan dalam laman resmi pondok tersebut bahwa rangkaian proses pemakaman almarhum Abdullah Syukri Zarkasyi dijadwalkan dimulai pada Kamis pukul 09.00 WIB.

Serial Anime Shaman King Siap Rilis 2021

Kegiatan proses pemakaman tersebut direncanakan diawali dengan pelaksanaan salat jenazah oleh seluruh keluarga besar PMDG di Masjid Jami' PMDG. Berselang satu jam kemudian, pada pukul 10.00 WIB, direncanakan jenazah dikebumikan di permakaman keluarga PMDG.

“Bagi yang berkenan takziyah, dipersilakan datang besok pagi pukul 09.00 WIB serta diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, dan mencuci tangan di tempat yang telah disediakan,” demikian keterangan tertulis Sekretaris Pimpinan PMDG, “semoga Allah SWT menerima seluruh amal baik almarhum, mengampuni dosa-dosanya, dan menempatkan beliau disisi-Nya.”

Putra Imam Zarkasyi

Abdullah Syukri Zarkasyi merupakan putra pertama dari K.H. Imam Zarkasyi, salah satu trimurti pendiri Pondok Modern Gontor. "Mohon doanya semoga dosanya diampuni, dan amal ibadahnya diterima Allah SWT, dan semoga husnul khatimah," kata pejabat Humas Pondok Modern Gontor, Mujib Abdurahman dikonfoirmasi melalui layanan perpesanan Whatsapp.

Planet Mars Dekati Bumi, Pertanda Apa?

Tidak ada penjelasan lebih lanjut mengenai sakit yang diderita almarhum KH Syukri. Mujib lebih banyak memaparkan rekam jejak tokoh pendidikan Islam modern yang lahir pada 19 September 1942 tersebut. "Beliau lahir di Gontor pada tanggal 19 September 1942. Beliau adalah Putra pertama dari KH. Imam Zarkasyi salah seorang Trimurti Pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor," paparnya.

Lahir di lingkungan pesantren yang memiliki kultur pendidikan kuat, KH Abdullah Syukri Zarkasyi dikenal sebagai sosok yang kutu buku. Ia rajin membaca, terutama ilmu-ilmu tentang dunia Islam. Almarhum menamatkan sekolah dasar di Desa Gontor pada 1954. Setelah menamatkan Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) di Pondok Modern Darussalam Gontor pada 1960, KH Abdullah Syukri Zarkasyi melanjutkan studi di IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta hingga mendapatkan gelar Sarjana Muda tahun 1965.

Adapun gelar Lc. didapat dari Al Azhar University Kairo, Mesir pada 1976. Kemudian melanjutkan studi di lembaga yang sama hingga meraih gelar MA pada tahun 1978. Sedangkan Doctor Honoris Causa diterimanya pada 2005 dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

 

Sumber: Bisnis



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom