SOLOPOS.COM - Ilustrasi/JIBI/SOLOPOS/Arif

Ilustrasi/JIBI/SOLOPOS/Arif

SOLO–Joko Widodo (Jokowi), mantan walikota Solo, Senin (15/10/2012) pagi tadi dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta. Bersama pasangannya, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) Jokowi menang Pilkada DKI Jakarta. Jokowi-Ahok menjabat sebagai gubernur untuk periode 2012-2017.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Bila di Solo, Jokowi kerap mendapat sapaan Pak Jokowi atau Mas Jokowi. Di Jakarta panggilannya bisa jadi berubah menjadi Bang Jokowi ataukah Bang Joko?

Di balik penampilan kalem pria kelahiran Solo, 21 Juni 1961 ini, suami Iriana Joko Widodo ini ngefans berat dengan musik rock.  Sejauh ini kecintaan Jokowi terhadap music rock? Ditemui Solopos.com, September tahun lalu, Jokowi bercerita panjang lebar soal hobinya yang satu itu.

“Jangan lihat penampilan saya. Saya ini pencinta musik rock,” kata Jokowi, ketika ditemui di Rumdin Walikota Solo, Loji Gandrung Solo, Sabtu pagi.

Penampilan pria lulusan Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta ini jauh dari hingar bingar musik cadas. Dandanan Jokowi boleh dibilang sangat rapi untuk rock. Sabtu pagi itu, berkaos putih bertuliskan Solo ngangeni dan paduan celana panjam hitam, Jokowi banyak bercerita musik rock. Musik yang sebagian besar beritme cepat itu merupakan musik favoritnya.

Berita seputar kegemarannya terhadap musik rock  itu semakin meluas, tatkala pria kelahiran 21 Juni 1961 ini nonton konser Rock in Solo Heritage Metal Fes 2011 di Alun-alun Utara, Solo, pertengahan September tahun lalu.

Saat itu berkaos Lamb of God—salah satu grup rock favorit Jokowi—Jokowi mengacungkan salam metal. Foto salam tiga jari Jokowi pun dimuat  Harian Umum SOLOPOS, Minggu (18/9/2011). Hingga berita Jokowi ikutan ngerock pun tersebar luas di dunia maya. Beberapa situs internet hingga pemilik akun di jejaring sosial memberi apresiasi positif terhadap kegemaran suami Iriana Joko Widodo ini.

Kedatangannya di Rock in Solo, katanya, sebenarnya tak ingin diketahui orang banyak. “Saat itu sekitar jam 10-an (pukul 22.00 WIB), saya datang saja. Karena saya ingin banget nonton. Pinginnya sembunyi-sembunyi, lha sampai sana (gelaran Rock in Solo) kok malah pada tahu. Malah difoto segala,” ujar dia.

Sajian demi sajian grup band pengisi Rock in Solo dia nikmati betul. Seperti saat muda dulu, katanya. “Saya sampai jam setengah dua (pukul 01.30 WIB). Saya nonton Death Angel (band dari Australia yang menjadi pemuncak Rock in Solo). Mereka main luar biasa, drumnya mantap,” jelasnya sambil geleng-geleng kepala memberikan pujian.

Musik rock bagi Jokowi, bukan hal asing lagi. Saat muda, waktu itu Jokowi duduk masih bersekolah di SMAN 6 Solo, sudah menunjukkan kecintaannya terhadap musik keras itu. Bukan karena latah dia menyukai rock, maklum saat itu era 70-an band rock makin berkembang pesat. Rock baginya sesuai dengan jiwanya, rock membebaskan ekspresinya dan rock menyuarakan keinginan hatinya.

Alasan itu pula yang membuatnya lebih memilih mendengarkan dentuman musik dari Deep Purple, Led Zepplin dan lainnya, dibanding mendengarkan The Beatles, Bee Gees. (Bersambung)

Baca: Jokowi Gubernur Ngerock (II): Tak Mau Foto Berambut Gondrong Diekspose

Jokowi Gubernur Ngerock (III): Nonton Konser, Jokowi Bisa Headbang Sepuasnya

Jokowi Gubernur Ngerock (IV): Ngefans Lirik Starway To Heaven

Jokowi Gubernur Ngerock (V): Kaset Rusak & Band Favorit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya