SOLOPOS.COM - Jin BTS. (Instagram/@jin)

Solopos.com, SOLO-Kim Seok-jin atau dikenal sebagai Jin dari grup idola K-pop Bangtan Sonyeondan (BTS) yang akan wajib militer diperkirakan akan bertugas di unit militer dekat perbatasan Korea Selatan dengan Korea Utara, pada Desember 2022. Simak ulasannya di kabar artis Korea Selatan kali ini.

Penyanyi berusia 29 tahun itu mengungkapkan informasi tersebut pada Minggu (13/11/2022) ketika seorang penggemar di Weverse, platform komunitas penggemar K-pop, bertanya tentang ulang tahunnya yang akan datang.

Promosi Keturunan atau Lokal, Mereka Pembela Garuda di Dada

“Tidak… Aku sudah disuruh ke garis depan,” kata dia seperti disiarkan Yonhap dan dikutip dari Antara, Senin (14/11/2022).

Segera wajib militer, Jin BTS tampaknya telah menerima pemberitahuan yang mengharuskannya untuk pergi ke kamp pelatihan di area garis depan pada Desember mendatang, sementara ulang tahunnya pada 4 Desember.

Baca Juga: Jin BTS bakal Bintangi Running Man, Catat Tanggalnya!

Namun, agensi Big Hit Music tidak mengungkapkan tanggal atau tempat pasti pendaftaran Jin.  Sebelumnya, Jin mengumumkan rencananya untuk bertugas di militer setelah konser satu hari BTS di Busan bulan lalu.

Sekembalinya dari Buenos Aires, di mana dia memberikan penampilan live pertamanya dari single debut solonya The Astronaut selama konser band rock Inggris Coldplay, Jin mengajukan permintaan kepada militer untuk mencabut penundaan wajib militernya.

Sebelumnya pada Agustus 2022 lalu, Menteri Pertahanan Korea Selatan mengatakan BTS mungkin masih dapat tampil di atas panggung di luar negeri jika mereka bertugas di militer.  Menteri Pertahanan Korsel Lee Jong-sup dalam pertemuan parlemen mengatakan bahwa dengan membiarkan BTS terus tampil, militer dapat melayani kepentingan nasional tanpa mempengaruhi sumber daya personel.

Baca Juga: Jin BTS Tampilkan Perdana The Astronaut di Konser Coldplay

“Bahkan jika mereka bergabung dengan militer, akan ada cara untuk memberi mereka kesempatan berlatih dan tampil bersama jika ada jadwal konser di luar negeri,” kata Lee, dikutip dari Antara.

“Karena banyak orang sangat menghargai (artis yang mengabdi) di militer, itu dapat membantu meningkatkan popularitas mereka lebih banyak lagi,” imbunya.

Terkait dengan hal tersebut, hingga saat ini manajemen BTS, Big Hit, belum menanggapi permintaan komentar dari Reuters.  Korea Selatan tengah memperdebatkan masalah pemendekan durasi wajib militer (wamil) untuk bintang K-pop menjadi tiga minggu dari yang sebelumnya ditetapkan sekitar dua tahun.

Masalah tersebut menjadi semakin memanas mengingat anggota tertua BTS, Jin, akan menginjak usia 30 tahun pada tahun depan. Di bawah revisi undang-undang Korsel pada 2019, bintang K-pop yang diakui secara global diizinkan untuk menunda wamil hingga usia 30 tahun.

Baca Juga: Jin BTS Ingin Membuat Kanal Youtube, Ini 7 Ide dari Army

Kebijakan wamil di Korsel menimbulkan kontroversi di mana semua laki-laki berbadan sehat berusia antara 18 tahun dan 28 tahun harus memenuhi tugas mereka sebagai bagian dari upaya untuk mempertahankan diri dari senjata nuklir Korea Utara.

Selama bertahun-tahun, Korsel telah mengecualikan wamil bagi orang-orang tertentu, baik diizinkan penundaan atau durasi wamil yang lebih pendek. Pengecualian diberikan termasuk kepada pemenang medali Olimpiade dan Asian Games serta musisi dan penari klasik yang memenangkan hadiah utama di kompetisi tertentu.

Parlemen Korsel saat ini tengah memperdebatkan Rancangan Undang-Undang (RUU) yang akan mempersingkat dinas militer untuk bintang K-pop.

Pada April, seorang pejabat Big Hit mengatakan beberapa anggota mengalami “masa sulit” karena ketidakpastian atas debat parlemen dan mendesak keputusan terkait wamil sesegera mungkin.  Grup beranggotakan tujuh orang ini pada Juni mengumumkan jeda dari kegiatan musik grup untuk mengejar proyek solo mereka.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya