Jembatan Mojo Solo Kembali Mulus Akhir November, Begini Tahapannya

Rencana pembongkaran sampai pemasangan kembali Jembatan Mojo Solo akan dimulai 5 September sampai 6 November 2022 sehingga bisa kembali dilalui kendaraan pada akhir November 2022.

 Jembatan Mojo di Pasar Kliwon yang menghubungi Solo dengan Mojolaban, Sukoharjo. (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Jembatan Mojo di Pasar Kliwon yang menghubungi Solo dengan Mojolaban, Sukoharjo. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Rencana pembongkaran sampai pemasangan kembali Jembatan Mojo yang menghubungkan Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo dengan Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo berlangsung 5 September sampai 6 November 2022.

Jembatan Mojo Solo bisa kembali dilalui kendaraan pada akhir November 2022. Demikian hasil Rapat Koordinasi Lanjutan Penggantian Jembatan Jurug B dan Rehabilitasi Jembatan Mojo, pada Senin (27/06/2022). Hasil rapat tersebut disampaikan melalui Instagram @dpupr_surakarta.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Lini masa rehab Jembatan Mojo Solo dimulai dari pemesanan material pelat baja ortotropik pada 27 Juni sampai 24 Juli 2022. Selanjutnya, proses fabrikasi pelat baja ortotropik dilakukan mulai 25 Juli hingga 25 September 2022.

Tahapan selanjutnya mulai 5 September 2022 sampai 6 November 2022 adalah pembongkaran pelat lantai jembatan eksisting (lama). Prosesnya dapat dipercepat dengan memulai pembongkaran pada pertengahan Agustus sampai akhir Oktober.

Berikutnya, penutupan satu lajur jembatan dan memfungsikan satu lajur lain jembatan hanya untuk kendaraan roda dua. Pada saat itu juga dilakukan tahapan pengiriman baja dari fabrikator.

Baca Juga : Waduh! 5 Jembatan Solo Ini Rawan Rusak Jika Jurug-Mojo Digarap Bareng

Kemudian, pemasangan baja stringer dan pelat baja ortotropik Jembatan Mojo Solo. Lalu, pelapisan perkerasan aspal lantai jembatan.

Adapun jenis kendaraan yang bisa melalui Jembatan Mojo Solo pada saat pembangunan adalah sepeda motor untuk sementara. Kebijakan tersebut akan dievaluasi dengan melihat perkembangan.

Titik pengalihan arus selama pembangunan Jembatan Mojo Solo dimulai dari simpang terdekat, yakni di Baturono dan Tugu Bekonang, Sukoharjo. Jembatan Mojo Solo diharapkan selesai dan bisa dilalui kembali seperti semula pada akhir November 2022.

Camat Pasar Kliwon, Solo, Ahmad Khoironi, menjelaskan bakal ada peningkatan Jl. Kiai Mojo, Solo dari jembatan simpang empat Batutorono tahun ini.

“Mengenai teknis jembatan kewenangan DPUPR [Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Solo]. Kami hanya sebatas sosialisasi. Nanti malam kami ada sosialisasi yang Jl. Kiai Mojo,” kata dia ditemui di Balai Kota Solo, Rabu (29/6/2022).

Baca Juga : Pengumuman! Rute BST Koridor 5 Dialihkan Selama Rehab Jembatan Mojo

Catatan Solopos.com, Pemkot Solo tidak hanya merehab Jembatan Mojo Solo namun sekalian akan memperbaiki dan meningkatkan kelas Jl. Kyai Mojo. Anggaran peningkatan jalan tersebut disiapkan Rp5 miliar dari pos dana alokasi khusus (DAK).

Kabid Bina Marga DPUPR Solo, Joko Supriyanto, mengatakan peningkatan kelas jalan akan dikerjakan mulai dari simpang Baturono sampai tanggul lama Bengawan Solo.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Berita Terkini

      Ojo Dibandingke Viral Saat Upacara HUT RI, Penciptanya Menangis Terharu

      Lagu Ojo Dibandingke ciptaan seniman Boyolali, Abah Lala, kembali viral setelah dibawakan penyanyi cilik Farel Prayoga seusai upacara HUT ke-77 RI di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2022).

      Duh! Banyak Cerita Rakyat di Wonogiri Hampir Punah, Ini Alasannya

      Banyak cerita rakyat di Wonogiri yang hanya diceritakan secara lisan sehingga berpotensi terlupakan oleh generasi penerus.

      Ada Indikasi Kepala Desa Urusi Parpol, Ini Langkah Pemkab Wonogiri

      Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Wonogiri menemukan indikasi adanya kepala desa (kades) yang ikut menjadi pengurus partai politik (Parpol).

      Ojo Dibandingke Viral Saat Upacara HUT RI, Penciptanya Asal Boyolali Lo

      Lagu Ojo Dibandingke ciptaan seniman Boyolali, Abah Lala, kembali viral setelah dibawakan penyanyi cilik Farel Prayoga seusai upacara HUT ke-77 RI di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2022).

      5 Orang Digaruk di Rumah Lokalisasi Ilegal Pedan Klaten, Ini Sanksinya

      Sebanyak lima orang digerebek tim gabungan di rumah yang diduga menjadi lokalisasi ilegal di Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten, Selasa (16/8/2022) siang.

      Bendera Raksasa Berkibar di Bendung Tirtonadi Solo

      Bendera Merah Putih raksasa berkibar di Bendung Tirtonadi Solo, Rabu (17/8/2022).

      Terminal Tirtonadi Solo Lepas Balon Berhadiah, Ini Cara Tukar Hadiah

      Dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI, Terminal Tirtonadi Solo melepas 45 ekor merpati dan 77 balon merah putih berhadiah.

      Daftar Kuliner di Tawangmangu Baru: Nasi Kucing - Kambing Guling

      Inilah daftar menu makanan di kawasan kuliner Tawangmangu Baru Karanganyar.

      Cek! Jadwal KRL Solo-Jogja Sampai ke Palur mulai 17 Agustus 2022

      Inilah jadwal terbaru KRL Solo-Jogja sampai ke Stasiun Palur yang mulai dicoba hari ini, Rabu (17/8/2022).

      Upacara Kemerdekaan di Sriwedari, Gibran Targetkan Percepatan Vaksinasi

      Rangkaian upacara ini dipimpin langsung oleh Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara. Komandan Upacara dijabat oleh Kapten Kal. Prasetio sedangkan Perwira Upacara diemban Kapten Lak. Widayat.

      Begini Cara Warga Jambeyan Sragen Sambut HUT RI

      ada enam pencinta alam mengajak tiga anak untuk bertadabur alam dalam mensyukuri nikmat kemerdekaan pada malam menjelang HUT RI di Bukit Tuk Kungkung

      Bawaslu Wonogiri Ingatkan Kades Tak Ikut Urusi Parpol

      Bawaslu Wonogiri mengindikasikan ada kepala desa (Kades) yang masuk dalam kepengurusan partai politik (Parpol).

      Catat, Besok Jl Lawu Papahan Karanganyar Ditutup Sementara, Ada Apa?

      Penutupan akan dimulai sekitar 12.30 WIB, menyesuaikan dengan persiapan dimulainya pawai karnaval, hingga selesai.

      Tumpeng hingga Miniatur Pesawat Diarak Warga Jatikuwung Karanganyar

      Warga antusias mengikuti upacara tersebut setelah dua tahun tak digelar karena pandemi Covid-19

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 17 Agustus 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Rabu (17/8/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Begini Cara Komunitas Difabel Ampel Boyolali Tingkatkan Pede Anggota

      Tujuannya dibentuk KDA adalah merangkul difabel agar selalu berkarya dan bermanfaat untuk orang lain.