Jelang Piala Dunia U-20 2021, Penerangan Stadion Manahan Solo Ditambah
Presiden Jokowi meresmikan Stadion Manahan, Solo, Sabtu 15/2/2020) malam. (Solopos-Sunaryo Haryo Bayu)

Solopos.com, SOLO – Stadion Manahan Solo terus berbenah menyambut ajang Piala Dunia U-20 tahun depan. Pemkot Solo dalam waktu dekat segera menambah daya pencahayaan di stadion yang baru saja selesai direnovasi tersebut.

Hal itu menyusul bantuan lampu sorot LED yang baru saja diterima Pemkot untuk Stadion Manahan. Informasi yang dihimpun Solopos.com, Pemkot mendapat bantuan 40 lampu dari PT Teknik Prima Perkasa yang merupakan distributor resmi lampu Philips.

Puluhan lampu tersebut diserahkan secara simbolis pada Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo, di Pendapi Gede Balai Kota, Jumat (5/6/2020). Hadir pula Sekretaris Daerah Solo, Ahyani dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Solo, Joni Hari Sumantri.

“Betul, ada bantuan 40 buah lampu dari Philips. Nanti akan kami pasang di Stadion Manahan,” ujar Kabid Sarana Prasarana Olahraga Dispora, Neni Handayani, saat dikonfirmasi, Sabtu (6/6/2020).

PLN Tegaskan Tarif Listrik Tidak Naik Selama Pandemi Covid-19

Pihaknya belum mengetahui persis titik-titik pemasangan lampu baru di Stadion Manahan Solo tersebut. Namun lampu tersebut dipastikan menambah kapasitas penerangan Stadion Manahan.

Sebagai informasi, Stadion Manahan Solo saat ini memiliki lampu di arena pertandingan (field of play) berkekuatan 1.500 lux. Lampu tersebut dipasang di sepanjang atap sisi barat dan timur stadion.

“Tentunya kekuatan pencahayaan stadion akan bertambah,” ujar Neni.

Tembus 30.514! Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Tambah 993 Per 6 Juni 2020

Melebihi Standar AFC

Kapasitas tersebut sudah melebihi standar Asian Football Confederation (AFC) yang mengatur sistem pencahayaan minimal 1.400 lux. Pencahayaan Stadion Manahan Solo dikabarkan akan ditambah menjadi lebih dari 2.000 lux.

Hal itu dilakukan demi menunjang ajang internasional Piala Dunia U-20 2021. FIFA menetapkan standar minimal sistem pencahayaan sebesar 2.000 lux.

“Mungkin di sana bakal 2.200 hingga 2.400 lux,” ujar Direktur Bina Penataan Bangunan Ditjen Cipta Karya Kementerian PU PR, Iwan Suprijanto, dilansir Detik beberapa waktu lalu.

Ditemukan Mengapung di Tepi Bengawan Solo, Jenazah Satpam Cantik Sragen Masih Berseragam Lengkap

Stadion yang dibangun di era Presiden Soeharto di awal 1990-an ini sebelumnya dilengkapi dengan empat tower lampu yang berkekuatan sekitar 800 lux. Setelah direnovasi pada 2008, tidak ada lagi tower lampu stadion. Penerangan lapangan jauh lebih modern dengan menggunakan lampu LED hingga saat ini.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho