Jelang Pemilu 2024, Ormas Karanganyar Diajak Lawan Berita Berita Hoaks

Aparat penegak hukum di Karanganyar meminta organisasi masyarakat atau ormas di Bumi Intapari itu mengambil peran dalam memerangi berita hoaks menjelang Pemilu 2024.

 Perwakilan Ormas di Karanganyar mengikuti kegiatan Pemberdayaan Ormas Menjelang Pemilu 2024 di Rumah Makan Jimbaran Karangpandan, Karanganyar pada Kamis (30/6/2022). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

SOLOPOS.COM - Perwakilan Ormas di Karanganyar mengikuti kegiatan Pemberdayaan Ormas Menjelang Pemilu 2024 di Rumah Makan Jimbaran Karangpandan, Karanganyar pada Kamis (30/6/2022). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Maraknya berita hoaks atau bohong serta politik identitas yang berujung pada polarisasi dan intoleransi di masyarakay menjadi potensi kerawanan pada Pemilu 2024 mendatang. Organisasi masyarakat (ormas) punya perah penting untuk mengantisipasi potensi negatif tersebut.

Kapolres Karanganyar, AKBP Danang Kuswoyo, meminta masyarakat dan semua pihak tidak mudah terpancing dengan berita-berita hoaks. Apabila menerima informasi wajib diverifikasi untuk memastikan kebenarannya. Apabila tidak diverifikasi, bisa menjadi sumber terjadinya instabilitas keamanan.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

“Media sosial menjadi sarana rawan penyebaran hoaks. Jadi masyarakat dan semua pihak wajib melakukan verifikasi. Jangan mudah terpancing hoaks dan menimbulkan kerusuhan. Harus saling meredam dan pastikan kebenaran informasi yang diterima,” kata Kapolres dalam acara Pemberdayaan Ormas bertajuk Peran Ormas Dalam Menjaga Demokrasi Menjelang Pemilu 2024 di Rumah Makan Jimbaran Karangpandan, Karanganyar, Kamis (30/6/2022).

Polres Karanganyar akan mengawasi media sosial dengan menempatkan personel khusus. Berbagai informasi yang muncul akan dipantau untuk meminimalkan munculnya masalah menjelang Pemilu 2024.

Baca Juga: Hoaks! Malam Ini Solo Uji Coba Beli Pertalite-Solar Pakai MyPertamina

Apabila masyarakat menemukan hoaks di media sosial, dipersilakan melaporkan ke Polres dan langsung akan ditindaklanjuti.

Dandim 0727/Karanganyar, Letkol (Inf) Andri Army Yudha Ardhitama, yang turut hadir dalam acara itu, mengatakan diperlukan peran serta ormas untuk mengantisipasi penyebaran berita hoaks.

Biasanya berita bohong disampaikan melalui media sosial memiliki tujuan politis. Hoaks dengan mudah dan cepat menyebar sehingga rawan menjadi pemicu perpecahan kerukunan masyarakat.

“Ormas berperan besar untuk mengantisipasi gesekan di masyarakat karena berita hoaks,” tutur Andri.

Baca Juga: Pesan Berantai Penutupan Jembatan Mojo Bikin Heboh, Ternyata Hoaks

Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik Karanganyar, Bambang Sutarmanto, mengatakan pemberdayaan ormas digelar sebagai upaya mencegah potensi kerawanan menjelang Pemilu 2024. Ormas memiliki peran penting ikut menjaga kondusivitas wilayah selama Pemilu.

“Ada puluhan ormas yang mengikuti kegiatan hari ini. Mereka diharapkan membantu menjaga kondusivitas menjelang Pemilu,” katanya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Terminal Tirtonadi Solo Lepas 77 Balon, Ada Voucer Uang Tunainya Lho

      Terminal Tirtonadi Solo merayakan HUT ke-77 Kemerdekaan RI dengan melepas 77 balon merah putih dan 10 di antaranya ditempeli voucer uang tunai.

      HUT RI, Ada Upacara di Bawah Permukaan Air di Umbul Ponggok Klaten

      Belasan orang menggelar upacara bendera di bawah permukaan air Umbul Ponggok, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Rabu (17/8/2022).

      81 Napi Rutan Boyolali Dapat Remisi, Pengurangan Terbanyak 5 Bulan

      Sebanyak 81 narapidana (napi) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Boyolali mendapatkan remisi bertepatan dengan hari ulang tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia, Rabu (17/8/2022) siang.

      Kecelakaan 2 Motor Berbenturan di Ngarum Sragen, 1 Orang Meninggal

      Satu orang meninggal akibat kecelakaan dua sepeda motor berbenturan di Ngarum, Ngrampal, Sragen, Rabu (17/8/2022)

      Bermula Bakar Sampah, Lahan di Kebun Kosong Wonosari Klaten Terbakar

      Peristiwa kebakaran lahan kembali terjadi di Klaten.

      Wow! Seniman Boyolali Pamer Wayang dan Kain Merah Putih Raksasa

      Para seniman di Dusun Bulu, Desa Tegalgiri, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali menggelar pawai budaya untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Indonesia, Rabu (17/8/2022).

      Harga Perumahan di Wonogiri Masih Ada yang Murah Meriah Lo

      Wonogiri terus menjadi kawasan berkembang.

      Bursa Lukisan Perpusda Boyolali Jual Karya Mulai Rp500.000, Yuk Dibeli

      Komunitas seni Sapu Gerang Boyolali menggelar bursa lukisan di area parkir Perpustakaan Umum Daerah (Perpusda) Boyolali selama sepekan, Sabtu-Sabtu (13-20/8/2022).

      Komandan Upacara HUT RI Ponpes Ngruki Sukoharjo: Momen Perbaikan Citra

      Komandan upacara yang juga alumnus Ponpes Al-Mukmin, Ngruki, Cemani, Sukoharjo, Ilham Muhajirin, 19, mengatakan upacara HUT Ke-77 RI menjadi perayaan ulang tahun ke-50 sekaligus momen perbaikan citra ponpes.

      Khidmat, Malam Tirakatan HUT ke-77 RI di RT 002 Klodran Indah Colomadu

      Pelaksanaan Malam Tirakatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di RT 002/RW 009 Perumahan Klodran Indah Colomadu Karanganyar berlangsung khidmat yang digelar secara offline.

      87 Penumpang Naik KRL Solo Balapan-Palur pada Hari Pertama Uji Coba

      KRL lintas Solo Balapan-Palur akhirnya mulai beroperasi tepat pada peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Rabu (17/8/2022).

      7 Napi di LP Kelas II B Wonogiri Bebas saat HUT ke-77 RI

      Sebanyak 217 warga binaan pemasyarakatan (WBP) LP Kelas II B Wonogiri mendapat remisi kemerdekaan saat perayaan HUT ke-77 RI, Rabu (17/8/2022).

      Kali Pertama, Siapa Pencetus Upacara HUT RI di Ponpes Ngruki Sukoharjo?

      Upacara HUT ke-77 Republik Indonesia pertama di halaman Pondok Pesantren (ponpes) Al-Mukmin, Ngruki, Cemani, Grogol, Sukoharjo, Rabu (17/8/2022).

      Mangkunegaran di Tengah Sejarah Perkeretaapian Indonesia

      Pengangkatan Sri Paduka Mangkunagoro X sebagai Komisaris PT Kereta Api Indonesia (KAI) pada Agustus 2022 menjadi momentum untuk mengingat lagi sejarah perkeretapian di Indonesia yang dimulai pada 10 Agustus 1867. Mangkunegaran berperan penting dalam sejarah perkeretaapian Indonesia.

      HUT RI, Kegagalan Paskibra Solo Terbayar Lunas saat Penurunan Bendera

      Para anggota Paskibra Solo membayar lunas kegagalan mereka dengan keberhasilan pada upacara penurunan bendera peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Stadion Sriwedari.