Jelang Muktamar Muhammadiyah di Solo, Pimpinan-Dosen UMS Dilarang Keluar Kota

Rektor UMS Sofyan Anif melarang civitas akademika UMS khususnya pimpinan dan dosen untuk keluar kota menjelang pelaksanaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah.

 Sekretaris Rektor Biro Rektorat UMS sekaligus Koordinator Media dan Humas Muktamar, Anam Sutopo. (Solopos/Wahyu Prakoso)

SOLOPOS.COM - Sekretaris Rektor Biro Rektorat UMS sekaligus Koordinator Media dan Humas Muktamar, Anam Sutopo. (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta atau UMS meminta seluruh civitas akademika, khususnya pimpinan dan dosen, untuk mendukung dan menyukseskan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah, 18-20 November mendatang.

Mereka tidak boleh keluar kota kecuali untuk keperluan darurat. Hal itu disampaikan Sekretaris Rektor Biro Rektorat Universitas Muhammadiyah Surakarta Anam Sutopo, kepada wartawan setelah rapat koordinasi persiapan  Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Balai Kota Solo, Selasa (4/9/2022).

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

“Pak Rektor menegaskan khususnya pimpinan dan dosen untuk tidak pulang dan meminta dukungan untuk kesuksesan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah. Pimpinan kami blok untuk tidak keluar kecuali emergency,” katanya Koordinator Media dan Humas Muktamar tersebut.

Dia menjelaskan kebijakan melarang pimpinan dan dosen UMS keluar kota demi Muktamar Muhammadiyah itu berlaku selama Oktober sampai November 2022. Semua aktivitas di luar kota dihentikan dulu. Semua konsentrasi terfokus untuk mensukseskan dan persiapan muktamar.

“Menjadi narasumber yang jauh tidak bisa dielakkan namun istilahnya ada undangan ke luar kota kami setop dulu. Semua diarahkan untuk daring. Pak Rektor mempelopori untuk daring,” paparnya.

Baca Juga: Siap-Siap! Kota Solo akan Dibanjiri 10.000 Bus saat Muktamar Muhammadiyah

Dia menjelaskan pelaksanaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah semakin dekat. Tidak ada pilihan untuk saling koordinasi dan para pemimpin UMS sampai mahasiswa mengerti kebijakan tersebut.

“Termasuk ujian tengah semester sudah kami kondisikan, kapan kampus harus kosong, kapan mahasiswa dilibatkan menjadi sukarelawan,” paparnya.

Apel Kesiapan Muktamar

Sebelumnya, Panitia Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah telah melakukan Apel Kesiapan Muktamar ke-48, Sabtu (1/10/22) di Stadion Manahan Solo. Ada 1.000 partisipan yang terlibat.

Baca Juga: Bazar Expo UMKM Muktamar ke-48 Muhammadiyah Solo, Ratusan Stan Sudah Terisi

“Melalui apel ini kami ingin menunjukkan betul-betul siap menyelenggarakan Muktamar dan kami juga ingin menunjukkan persiapan yang dilakukan untuk Muktamar Muhammadiyah,” ujar Rektor UMS, Sofyan Anif melalui laman Muktamar 48.

Menurut Sofyan, pelaksanaan apel kesiapan muktamar itu menunjukkan semangat, kekompakan, dan kebersamaan antara pihak internal dengan eksternal untuk menyelenggarakan muktamar.

Parade armada mengawali pelaksanaan Apel Kesiapan Muktamar 48 dari Gedung Edutorium UMS. Sebanyak 108 kendaraan mengikuti parade armada yang dilepas Dirlantas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Agus Suryonugroho.

Baca Juga: Muktamar Muhammadiyah: 3 Juta Orang ke Solo, Mes TNI-Polri Jadi Tempat Transit

Apel diikuti juga oleh rombongan dari Nasyiatul Aisyiyah Blimbing, Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah, Tapak Suci, mahasiswa, dan satuan keamanan UMS.

Sementara dari eksternal parade armada diikuti dari TNI/Polri, Dinas Perhubungan Kota Solo, dan Satpol PP Kota Solo. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka hadir dan menjadi pembina apel.

Selain itu, ada Plt Kapolresta Solo Kombes Pol Alfian Nurizal, perwakilan Dandim 0735 Solo dan Korem 074/Warastratama Solo. Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah, Panitia Pusat Muktamar, dan Panitia Penerima Muktamar.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Solopos Hari Ini: Belum Sepakat Nilai UMK

      Sejumlah wilayah di Soloraya hingga Kamis (1/12/2022) belum berhasil mencapai kata sepakat dalam penetapan upah minimum kabupaten/kota (UMK/UMP).

      Tasnim Desak Densus 88 Beri Keterangan Terkait Terduga Teroris di Parangjoro

      Tim Advokasi Nahi Munkar (Tasnim) mendesak kepada Densus 88 untuk segera menyerahkan surat penangkapan dan penyitaan barang kepada keluarga

      Penghentian Siaran TV Analog Belum di Boyolali, Warga Bisa Nonton tanpa STB

      Siaran analog masih bisa ditonton terbukti dengan warga Desa Candigatak, Cepogo, Boyolali, Siti Khotijah, yang masih bisa mengaksesnya tanpa mengaktifkan set top box (STB) yang ia punya.

      Hari Ini, Siaran TV Analog Berhenti di Solo, ANTV Bagikan Tips bagi Pemirsa

      Stasiun TV ANTV memberikan tips menonton tayangan digital setelah pemerintah menghentikan siaran televisi analog di wilayah Solo dan sekitarnya pada Jumat (2/12/2022).

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 2 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Jumat (2/12/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 2 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Jumat (2/12/2022), bisa disimak di sini.

      Proyek Kantor Pemkab Sragen Terpadu Senilai Rp98 Miliar Mulai Dilelang

      Selama November-Desember 2022 sudah ada kegiatan di 2023 yang dilelang, terutama untuk kegiatan konsultan pengawas proyek yang nilainya ratusan juta rupiah.

      Pastikan Kondusivitas Kamtibmas, Polsek Kartasura Sukoharjo Sambangi Cakades

      Sebanyak tiga calon kepala desa menjadi sasaran dialog kamtibmas tersebut antara lain tiga cakades Ngemplak, dua cakades Gumpang, dan lima cakades Pabelan.

      Kirab Loji Gandrung-Mangkunegaran, Ini Kuda Langganan Presiden Jokowi

      Pernikahan Kaesang-Erina dimulai dengan kirab 12 kereta kuda yang ditarik 28 ekor kuda dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran, Minggu (11/12/2022).

      Desa Masuk Area Konsesi PT Alexis, Ini Tanggapan 2 Cakades Keloran Wonogiri

      Dua Cakades Kaloran Wonogiri menyambut positif PT Alexis yang akan menambang di wilayah Kaloran.

      Kronologi Warga Desa Pilangsari Sragen Tertabrak Kereta, Sempat Diteriaki Warga

      Sempat diteriaki ada kereta, korban yang juga penyandang disabilitas rungu tidak menderngar saat KA Argo Wilis melintas.

      5.000 Sukarelawan Jokowi Menginap di AHD Boyolali Sebelum ke Pernikahan Kaesang

      Pengelola AHD Boyolali memastikan bisa menampung 5.000 sukarelawan Jokowi yang akan menghadiri pernikahan Kaesang-Erina.

      Melihat Kamboja Berguguran: Apa yang Kematian Berikan untuk Kehidupan

      Suwarsono menatap denah TPU lama sementara si tunggon itu berdiri mematung. Siklus kematian dan kehidupan itu pun berputar. Saat kematian tiba, seorang tunggon menanti datangnya uang untuk meneruskan hidupnya.

      Boyolali Hujan Ringan sejak Pagi Hari, Cek Ini Prakiraan Cuaca Lengkapnya

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini diprediksi hujan ringan sejak pagi, Jumat (2/12/2022).

      Sukoharjo Berawan Sepanjang Hari, Cek Ini Prakiraan Cuaca Lengkapnya

      Menurut prakiraan cuaca BMKG, Kabupaten Sukoharjo berawan sejak pagi, Jumat (2/12/2022).