Jeep Wrangler Rubicon (jeep.co.id)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Pengadaan Jeep Wrangler Rubicon senilai Rp1,9 miliar sebagai mobil dinas Bupati Karanganyar memantik pertanyaan. Perlukah mobil SUV semahal itu jika alasannya adalah untuk melibas medan Karanganyar yang bergunung-gunung?

Salah satu alasan pemilihan Jeep Wrangler Rubicon sebagai mobil dinas Bupati Karanganyar adalah kondisi geografis Karanganyar. Plt Badan Keuangan Daerah (BKD) Karanganyar, Narimo, mengatakan kontur geografis Karanganyar yang banyak diwarnai lereng gunung menjadi alasan utama.

Menurutnya, mobil berjenis Jeep sangat cocok untuk menunjang kinerja bupati ketika akan menuju lokasi desa-desa di pegunungan. “Kalau mobilnya kan Jeep. Itu cocok untuk geografis di Karanganyar. Saya rasa itu alasannya. Di sini kan banyak pegunungan dan terjal,” kata Narimo kepada wartawan, Selasa (3/12/2019).

Pengamat politik dan tata negara Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Agus Riewanto, mengingatkan Bupati Karanganyar Juliyatmono soal kinerjanya. Dia memandang apabila tidak menunjang kinerja bupati, maka pengadaan mobil berharga fantastis tersebut merupakan sebuah pemborosan.

Menurutnya, mobil dinas baru untuk Bupati Karanganyar merupakan yang termahal di Soloraya. Selain itu, menurutnya mobil dinas Bupati sebelumnya, yakni Toyota Fortuner, sudah cukup untuk melibas kondisi geografis di Karanganyar.

Fantastis! Mobil Dinas Baru Bupati Karanganyar Jeep Rubicon Rp1,9 M

“Kalau menurut pandangan saya tentu ini adalah sebuah pemborosan jika tidak sesuai dengan kinerja dan fungsi sesungguhnya. Apakah daya guna atau justru hanya mewah-mewahan? Karena kalau untuk kondisi geografis di Karanganyar, maka mobil semewah itu terlalu mahal. Lagipula mobil Fortuner itu sudah cukup sebenarnya untuk menunjang kinerja,” kata dia.

Tuduhan Shalfa Tak Perawan, Utusan KONI Jatim Diusir Wali Kota Kediri

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, Narimo menjelaskan uang yang dianggarkan Pemkab Karanganyar untuk membeli Jeep Wrangler Rubicon tersebut senilai Rp1,989 miliar. Meski mahal, menurutnya, spesifikasi mobil dinas untuk Bupati Karanganyar tidak melanggar aturan.

Utusannya Diusir Wali Kota Kediri Soal Shalfa, Ketua KONI Jatim: Saya Tak Ikut

“Mobilnya kan tidak menyalahi aturan karena maksimal untuk mobil dinas bupati itu 2.500 cc. Ini yang dibeli juga cc yang kecil. Jadi masih dibawah ketentuan aturan. Rencananya mobil itu paling lambat datang 27 Desember ini,” jelas dia.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten