Kepala Disporapar Jateng, Sinoeng N. Rachmadi. (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Solopos.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) menargetkan kunjungan wisatawan domestik mencapai 49,5 juta orang pada tahun 2020 mendatang.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Sinoeng N. Rachmadi, optimistis target itu bisa tercapai mengingat banyaknya destinasi wisata maupun event yang digelar di Jateng guna menarik kunjungan wisatawan.

“Tahun depan, kita meningkat [target kunjungan wisatawan domestik]. Kurang lebih 49,5 juta wisatawan nusantara,” ujar Sinoeng saat meluncurkan Jawa Tengah Calender of Events 2020 di Hotel MG Setos, Kota Semarang, Rabu (27/11/2019).

Sinoeng menyebutkan pada 2020 nanti ada sekitar 250 event wisata yang digelar di 35 kabupaten/kota di Jateng. Dari event sebanyak itu, enam di antaranya bahkan berskala nasional dan masuk dalam daftar 100 Wonderful Event yang dirilis Kementerian Pariwisata (Kemenpar), 15 Oktober lalu.

Keenam event yang masuk dalam daftar 100 agenda wisata nasional di Jateng itu yakni Festival Cengho di Semarang, Dieng Culture Festival di Banjarnegara, Solo International Performing Arts (SIPA) di Solo, Borobudur Marathon di Kabupaten Magelang, Festival Payung di Candi Prambanan, dan Festival Kota Lama di Semarang.

Disinggung jumlah kunjungan wisatawan di Jateng tahun ini, Sinoeng mengaku belum bisa menyebutkan secara pasti. Ia masih harus melakukan evaluasi secara menyeluruh hingga seluruh kalender events 2019 selesai digelar.

“Kan belum tutup tahun. Masih ada beberapa event hingga akhir tahun nanti, terutama saat libur Natal dan Tahun Baru nanti, seperti festival musik dan tari. Paling cepat, saya bisa melakukan evaluasi medio Januari atau akhir Januari tahun depan,” ujarnya.

Sementara untuk wisatawan mancanegara (wisman), Sinoeng mengaku tidak membidik target terlalu tinggi. Kunjungan wisman di Jateng pada 2020 nanti hanya ditarget sekitar 900.000 orang.

Jumlah itu lebih sedikit dibanding target yang dicanangkan Kemenpar. Pada 2019, Kemenpar menargetkan Jateng mampu menarik sekitar 1,2 juta wisman.

“Kita realistis saja. Target dari Kemenpar itu kalau bisa tercapai ya bagus. Tapi, kalau dari kami, sesuai RPJMD [rencana pembangunan jangka menengah daerah] ya 800.000 wisman. Bisa tercapai 900.000 bagus. Tapi apa pun itu, insyaallah, Jateng tetap memberikan kontribusi bagi pariwisata di Indonesia,” tutur Sinoeng.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten