SOLOPOS.COM - Penumpang pesawat dari luar negeri yang tiba di Bandara Internasional Jenderal Besar Ahmad Yani Semarang melintas alat pemindai suhu tubuh yang dipasang Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Semarang dalam upaya mencegah penyebaran virus corona, Kamis (23/1/2020). (Antara-Wisnu Adhi)

Solopos.com, SEMARANG – Sebanyak 10 rumah sakit di Jawa Tengah (Jateng) telah menyiapkan ruang isolasi untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona. Ke-10 rumah sakot itu tersebar di sejumlah wilayah seperti Kota Semarang, Pekalongan, Magelang, hingga Klaten.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng, Yulianto Prabowo, mengatakan pihaknya mulai meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus Corona dari Wuhan, Tiongkok itu. Terlebih, kabarnya penyebaran virus tersebut telah mewabah di sejumlah negara.

Promosi Targetkan Pertumbuhan Kredit Double Digit, Prospek Saham BBRI Diramal Cerah

“Pola kewaspadaannya hampir mirip seperti saat MERS merebak di seluruh dunia. Kita sekarang sudah menyiapkan tempat khusus bagi pasien yang positif terjangkit virus Corona. Ada 10 rumah sakit yang kita minta jadi tempat rujukan,” ujar Yulianto kepada wartawan di Kantor Dinkes Jateng, Kota Semarang, Jumat (24/1/2020).

Ke-10 rumah sakit itu yakni RSUP Dr. Kariadi Semarang, RSUD Dr. Moewardi Solo, RSUD Tidar Magelang, RSUD Kraton Pekalongan, RSUD Dr. Margono, RSUD Kardinah, dan beberapa rumah sakit di Klaten.

Pihak rumah sakit, lanjut Yulianto, akan langsung bergerak cepat bila ada laporan ditemukannya warga yang terindikasi mengidap virus Corona. Menurutnya, virus Corona rentan menyerang segala usia dari balita hingga usia lanjut.

Ia pun meminta pihak bandara dan pelabuhan untuk memperketat pengawasan para penumpang kapal dan pesawat yang datang dari luar negeri, terutama Tiongkok.

“Ini hubungannya dengan orang-orang yang berpergian dari Tiongkok, terutama Kota Wuhan. Maka, pengawasan pintu masuk, baik di bandara maupun pelabuhan harus diperketak,” katanya.

Yulianto mengaku saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan pengelola Bandara Ahmad Yani, Bandara Adisoemarmo, pelabuhan di Cilacap dan Tanjung Emas Semarang. Pola pengawasannya dilakukan berlapis.

“Pencegahannya berlapis. Kita juga lakukan deteksi dini. Tiap rumah sakit rujukan juga disiapkan ruang isolasi. Kita tingkatkan kewaspadaan,” jelas Yulianto.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya