Para peserta simulasi CAT tengah mendengarkan instruksi petugas di SMKN 7 Semarang, Minggu (15/12/2019). (jatengprov.go.id)

Solopos.com, SEMARANG — Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Tengah (Jateng) menggelar simulasi computer assisted test (CAT) yang diperuntukkan bagi peserta yang akan mengikuti tes penerimaan CPNS 2020. Simulasi CAT yang digelar di SMK Negeri 7 Semarang, Minggu (15/12/2019) itu diikuti ratusan peserta dari berbagai daerah.

Sama seperti tes sungguhan, para peserta diminta mengerjakan 50 soal yang terdiri dari tes wawasan kebangsaan (TWK), tes inteigensi umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP). Tes tersebut digelar sekitar 30 menit.

Salah seorang peserta, Amalina Zulfa, menyambut baik simulasi CAT yang diselenggarakan BKD Jateng ini. Dengan simulasi itu, para peserta bisa lebih siap saat menghadapi tes nanti.

“Apalagi petugasnya ramah, kami dilayani dengan baik. Komputernya juga aksesnya lancar, tidak ada kendala,” ujar Amalina dikutip dari laman Internet resmi Pemprov Jateng, Minggu.

Hal senada juga disampaikan Alfia, warga Semarang. Meski dia juga pernah mengikuti seleksi CPNS, tapi tetap semangat mengikuti simulasi CAT itu. Menurutnya, ada perbedaan soal tahun lalu dengan nanti, seperti soal Bahasa Indonesia.

“Simulasi ini sangat membantu calon peserta seleksi CPNS, agar lebih tahu soal-soalnya seperti apa tipenya,” bebernya.

Penyelenggaraan simulasi CAT tersebut mendapat apresiasi Kepala Kantor Regional I BKN Yogyakarta Anjaswari Dewi. Anjaswari yang hadir melihat pelaksanaan simulasi di SMKN 7 Semarang menilai kegiatan ini memberikan kesempatan luas bagi peserta tes CPNS agar lebih familier dengan sistem seleksi yang akan dihadapi nanti.

“Ini sudah bagus. Tingkatkan lagi, kalau perlu tidak hanya di sini, tapi juga daerah lain,” ujar Anjaswari.

Kepala BKD Jawa Tengah Wisnu Zaroh, menjelaskan simulasi CAT diselenggarakan untuk memberikan kemudahan bagi para peserta seleksi CPNS. Setelah mengerti cara dan tipe soal, para peserta diharapkan lebih familier dan tidak mengalami kesulitan saat tes sebenarnya.

“Harapan kami (seleksi) CPNS 2020 ini hasilnya lebih baik dari 2018 lalu,” beber Wisnu.

Tak hanya di Kota Semarang, lanjut WIsnu, simulasi CAT juga akan digelar di sejumlah tempat yakni Kota Pekalongan, Kota Solo, Kota Magelang, dan Kabupaten Banyumas.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten