SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Syekh Mohammed bin Zayed bin Sultan Al Nahyan alias MBZ saat peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Senin (14/11/2022) pagi. (Istimewa/Dokumentasi Pemkot Solo)

Solopos.com, SOLO — Meski sudah diresmikan pada Senin (14/9/2022) pagi, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo ternyata belum bisa dibuka untuk umum. Masih ada sejumlah pekerjaan tahap akhir.

Wakil Pengurus Harian yang juga salah satu imam Masjid Raya Sheikh Zayed Solo KH Abdul Karim menjelaskan masyarakat perlu tahu masjid belum bisa difungsikan meskipun sudah ada pelantikan pengurus dan peresmian masjid.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Belum bisa dimulai, masih menunggu Waskita [pelaksana proyek] dan kedutaan karena pembiayaan dari UAE [Uni Emirat Arab],” katanya kepada wartawan seusai peresmian masjid.

Ditanya kapan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo bakal dibuka, Karim mengatakan belum bisa memastikan. Pengelola masjid masih menunggu perkembangan berikutnya. “Sebetulnya kalau dimulai hari ini, kami belum bisa, belum ada tenaganya,” paparnya.

Menurutnya, Masjid Raya Sheikh Zayed harus dikelola bersama. Masyarakat merasa memiliki bersama dan memakmurkan masjid bersama. “Merasa kalau di masjid hatiku damai,” jelasnya.

Baca Juga: Momen Jokowi dan Presiden MBZ Resmikan Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan masih ada pekerjaan pada tahap finishing sehingga masjid hadiah dari Presiden Uni Emirat Arab Mohammed bin Zayed Al Nahyan untuk Presiden Jokowi itu belum bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum.

Waktu pembukaan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo belum bisa ditentukan namun pekerjaan dirampungkan segera. “Segera-segera, tadi sudah pada masuk kan, kecele ya?” kata Gibran kepada wartawan di Balai Kota Solo.

Dia mengatakan akan memberikan informasi lebih lanjut mengenai pembukaan masjid apabila sudah ada perkembangan. “Nanti kami kasih update lagi, kami penginnya pas muktamar [Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah] bisa dibuka,” jelasnya.

Baca Juga: Bunga Dekorasi Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Diserbu Warga untuk Dibawa Pulang

Selain Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah, lanjut Gibran, agenda terdekat merupakan Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren (Pospenas) Tingkat Nasional 2022.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Presiden Jokowi dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed bin Sultan Al Nahyan alias MBZ meresmikan Masjid Raya Sheikh Zayed, Senin (14/11/2022). Mereka tiba di lokasi pukul 07.18 WIB.

Acara peresmian berlangsung singkat, hanya ditandai dengan salat, tanda tangan prasasti, dan tanam pohon sala tanda persahabatan kedua presiden. Kedua presiden kemudian meninggalkan masjid sekitar pukul 07.49 WIB untuk makan pagi di kediaman pribadi Presiden di Sumber, Banjarsari, Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya