Jangan Digaruk, Ini 5 Cara Ampuh Obati Gigitan Serangga
Digigit serangga atau nyamuk bisa menyebabkan rasa gatal dan luka, apalagi jika digaruk terus menerus. (ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO – Digigit serangga atau nyamuk bisa menyebabkan rasa gatal dan luka, apalagi jika digaruk terus menerus. Sebenarnya, ada beberapa cara yang cukup ampuh menyembuhkan gigitan serangga daripada menggaruk yang bisa saja mengakibatkan iritasi.

Melansir dari Timesofindia dalam okezone.com, Rabu (23/9/2020), beberapa ahli menyarankan menggunakan cara berikut untuk mengobati gigitan serangga.

Dory Harsa Dipecat Sejak Maret, Putus Komunikasi Dengan Keluarga Didi Kempot

1. Atasi gigitan dengan agen topikal

Meredakan gigitan serangga bisa dengan menggunakan obat tipikal. Caranya adalah dengan mencuci area yang digigit dengan sabun dan air. Kemudian, mengoleskan calamine atau lotion antigatal di atasnya. Obat topikal lain seperti krim hidrokortison juga bisa bekerja dengan baik untuk menyembuhkan luka lebih cepat.

2. Oleskan es pada kulit

Kalian juga bisa langsung menenangkan kulit yang terkena gigitan serangga dengan mengoleskan kompres es pada area yang digigit. Penurunan suhu akan menyebabkan pembuluh darah yang melebar berkontraksi dan membantu mengurangi peradangan. Rasa dingin juga membuat kulit mati rasa serta bisa membuat kalian merasa lega.

3. Manfaatkan minyak esensial

Mencampurkan lavender dan minyak pohon teh di area yang digigit, juga bisa dilakukan. Sebab minyak esensial memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi, zat tersebut akan bekerja sangat baik melawan rasa tidak nyaman dari gigitan serangga.

Nyam-Nyam! Ternyata Begini Rasa Kuliner Enthung Ulat Johar Wonogiri

4. Gunakan bahan anti inflamasi

Oatmeal bisa meredakan gatal, bengkak dan juga kemerahan akibat gigitan serangga. Aloe vera atau lidah buaya juga bisa membantu meredakan dengan cara yang sama, menenangkan infeksi serta menyembuhkan luka ringan.

Tak hanya itu, madu yang dimiliki dalam semua resep perawatan kulit DIY juga bisa menjadi perawatan yang ideal untuk gigitan serangga. Bahan tersebut mampu mencegah gatal dan membuat area yang terkena gigitan terasa terhidrasi.

5. Mencegah gigitan serangga

Dalam kasus gigitan serangga, mencegah lebih baik daripada mengobati. Apalagi gigitan nyamuk yang bisa menjadi pembawa penyakit seperti malaria atupun demam berdarah.

Kalian bisa menggunakan semprotan serangga di sekitar rumah jika terlalu sering menemukan dan mendapatkan gigitan serangga di rumah. Tak hanya itu, kalian juga bisa menggunakan semprotan serangga alami pada kulit, dengan kandungan lemon dan minyak kayu putih untuk membantu kalian mencegah gigitan serangga.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom