SOLOPOS.COM - Layar lebar yang menampilkan tayangan langsung prosesi siraman Erina Gudono yang dilakukan oleh ibundanya, Sofiatun Gudono (kiri). - Harian Jogja/Anisatul Umah

Solopos.com, SLEMAN — Rangkaian prosesi pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, dengan Erina Gudono, telah dimulai Jumat (9/12/2022). Rangkaian acara pernikahan itu diawali dengan acara siraman kedua mempelaai di rumahnya masing-masing.

Acara siraman calon mempelai wanita dilangsungkan di rumah Erina di Purwosari, Sinduadi, Kapanewon Mlati, Sleman, Yogyakarta. Erina melakukan acara siraman pada pukul 09.00 WIB yang lebih dulu diawali dengan pemasangan bleketep dan tuwuhan.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Pemasangan bleketepe dilakukan oleh keluarga inti Erina, antara lain ibunya, Sofiatun Gudono, dan dua saudara kandungnya, Nadya dan Shania.

Erina tampak mengenakan kebaya berwarna hijau muda, diapit kedua kakaknya sampai ke lokasi ngabekten. Lalu dia bersimpuh kepada sang ibu.

Erina menyampaikan sembah bakti dan terima kasihnya kepada sang Ibunda. Prosesi sungkeman berlangsung khidmat dan penuh haru. Erina menyampaikan terima kasih atas kasih sayang yang telah ibunya berikan sejak dalam kandungan hingga Erina dewasa.

Baca juga: Lengkap, Rangkaian Siraman hingga Midodareni Erina Gudono di Sleman Hari Ini

“Cinta dan kasih ibu yang sejak kecil sudah Erina panggil mama merupakan anugerah terbaik Allah yang akan selalu Erina syukuri. Tidak dapat dibalas dengan apapun,” ucapnya sambil bersimpuh.

Erina berdoa agar kasih sayang yang ibunya berikan menjadi amal jariyah yang tidak terputus. Dalam kesempatan yang bersejarah ini Erina memohon restu kepada ibundanya untuk memulai kehidupan baru bersama Kaesang.

“Untuk menjalani kehidupan berumah tangga dengan Mas Kaesang. Mohon maaf atas segala kesalahan dan semua yang tidak berkenan di hati Mama,” kata Erina sambil terisak.

Baca juga: Nikahan Kaesang, 1.000 Orang Relawan Jokowi Ditampung di Hall Tirtonadi Solo

Setelah itu Ibunda Erina, Sofiatun Gudono menyampaikan pitutur dan wewarah. Dia menghaturkan rasa syukurnya bisa mengantarkan sang anak ke rumah tangga yang bahagia.

Dia mengenang waktu berjalan dengan begitu cepat, Erina yang dulu masih kecil lucu dan selalu membuatnya bahagia kini sudah siap untuk menjalani hidup mandiri.

Erina menikah lebih dahulu dari dua kakaknya. Sehingga digelar upacara langkahan. Dia menyampaikan permintaan maaf karena mendahului kakak-kakaknya dalam membina rumah tangga. Sekaligus meminta doa restu agar acara pernikahannya berjalan lancar.

Setelah itu kedua kakanya, Allen dan Nadya menyampaikan ikrar keiklasan untuk didahului adiknya. Mereka juga mendoakan agar pernikahan Erina yang digelar besok, Sabtu (9/12/2022) bisa berjalan lancar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya