SOLOPOS.COM - Dandim 0728/Wonogiri, Letkol (Inf) Rivan Rembudito Rivai (dua dari kanan), meninjau lokasi yang akan dibangun jalan, Rabu (26/1/2022). (Istimewa/Kodim Wonogiri)

Solopos.com, WONOGIRI—Kodim 0728/Wonogiri akan kembali melaksanakan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) pada 2022 ini. Program kali ini dilaksanakan di Desa Sendangmulyo, Kecamatan Tirtomoyo.

Salah satu kegiatan TMMD mendatang yakni membangun jalan baru berstruktur makadam yang menghubungkan Dusun Kraguman dengan Dusun Sendang. Jalan tersebut dapat memangkas jarak jalan hingga 8,5 km.

Promosi Acara Gathering Perkuat Kolaborasi Bank Sampah Binaan Pegadaian di Kota Padang

Komandan Kodim (Dandim) 0728/Wonogiri, Letkol (Inf) Rivan Rembudito Rivai, bersama jajarannya Pemerintah Desa Sendangmulyo dan Pemerintah Kecamatan Tirtoyo meninjau lokasi, Rabu (26/1/2022) lalu. Kegiatan itu sebagai persiapan pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap II 2022.

Baca Juga: TMMD Wonogiri Dimulai, Bikin Jalan dan Jembatan Pangkas Jarak ke Pacitan

Dandim melalui keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, Jumat (28/1/2022), mengatakan selama ini warga Dusun Kraguman harus menempuh perjalan sejauh 10 km untuk bisa ke Dusun Sendang dan sebaliknya. Jalan antardusun tersebut mengitari perbukitan. Agar lebih efien perlu dibuat jalan tembus yang jaraknya lebih pendek.

“Jika jalan makadam ini nanti terbangun jarak tempuh hanya lebih kurang 1,5 km,” kata Dandim.

Dia menilai jalan baru itu untuk memperlancar mobilisasi warga dalam menjalankan aktivitas ekonomi, sosial, maupun pendidikan. Diharapkan ke depan ekonomi warga meningkat.

Baca Juga: Dibangun Lewat Program TMMD, Jembatan Kucur Wonogiri Hampir Jadi Lur…

Jalan tersebut juga mendukung pariwisata desa. Dandim menyebut pemandangan alam dilihat dari bagian tertentu jalan sangat indah. Potensi itu dapat digali menjadi tempat wisata desa.

“Transportasi merupakan unsur vital dalam kehidupan berbangsa, dalam memupuk kesatuan dan persatuan bangsa. Pembangunan di bidang transportasi sebagai pendukung pembangunan sektor lainnya untuk mewujudkan sasaran pembangunan nasional di seluruh wilayah,” imbuh Dandim.

Camat Tirtomoyo, Dwi Martanto, Komandan Koramil (Danramil) 07/Tirtomoyo, Kapten (Cba) Suparna, Kapolsek Tirtomoyo, AKP Karjo, dan perwakilan Pemerintah Desa Sendangmulyo hadir dalam kegiatan peninjauan lokasi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya